Tips Merancang Logo Perusahaan Untuk Diterapkan Pada Kemasan

Tips Merancang Logo Perusahaan Untuk Diterapkan Pada Kemasan
Bukanlah suatu perkara yang mudah dan cepat ketika kita ingin membuka sebuah bisnis baru.

Keberhasilan suatu bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor seperti persaingan pasar yang semakin ketat dan perubahan teknologi.

Persaingan pasar yang semakin ketat inilah yang kemudian memaksa para pelaku bisnis untuk lebih berkreatifitas dan berinovasi dalam melancarkan strategi bisnisnya serta melakukan pemasaran yang handal guna merebut pangsa pasar atau mempertahankan pangsa pasar yang tadinya sudah dikuasai dan memenangkan pertarungan di jagad bisnis.

Beberapa cara dapat dipilih oleh pebisnis dalam usahanya merebut pangsa pasar, salah satunya ialah memanfaatkan logo pada bungkus atau kemasan produk.

Baca juga: Kriteria Pemberian Nama Usaha yang Atraktif dan Lebih Menjual

Seringkali perusahaan melupakan logo pada kemasan produk, bahkan masih ada perusahaan yang tidak mempunyai logo untuk produk mereka, padahal logo merupakan hal yang penting sebagai identitas diri perusahaan tersebut.

Selain sebagai identitas, logo produk juga merupakan sebuah simbol pengingat bagi konsumen kepada suatu produk.

Gengsi konsumen juga lebih terangkat dengan adanya pemakaian logo pada kemasan produk. Misalnya bisa kita lihat dengan jelas pada produk-produk fashion, dimana beberapa merek desainer terkenal yang tertera pada setiap produk mampu menaikkan gengsi si pemakainya.

Kebiasaan orang memang lebih mudah mengingat sebuah simbol atau gambar dalam mengenali sesuatu yang baru.

Tidak jarang pula walaupun mereka lupa nama produk yang biasa mereka beli, namun para pelanggan atau konsumen justru membeli produk berdasarkan simbol, gambar atau bentuk yang mereka ingat dalam kemasan produk tersebut.

Oleh karena betapa pentingnya logo pada sebuah kemasan produk sebagai strategi bisnis yang dapat memudahkan pemasaran, maka para pelaku bisnis bisa menjadikan logo pada kemasan sebagai salah satu media terbaik dalam melakukan promosi.

Di mana brand perusahaan juga akan mampu dikenalkan kepada para konsumen atau calon konsumen dari adanya logo dalam kemasan produk tersebut.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang bagaimana mengefektifkan logo pada kemasan produk dalam pemasaran dan pengenalan brand perusahaan.

1. Buat Logo yang Mudah Diingat

Penting sekali untuk sebuah perusahaan membuat logo yang gampang diingat oleh pasar tertarget anda. Sesuaikan logo anda dengan citra produk yang ingin diangkat.

Hal ini akan membantu para pelanggan dan calon konsumen untuk lebih mudah mengingat produk anda.

Logo yang mudah diingat tidak harus dibuat terlalu sederhana, boleh juga dengan bentuk yang rumit dan simetris namun, mudah dipahami dan diterima oleh orang serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan anda.


2. Logo yang Unik dan Berbeda

Logo produk yang anda buat haruslah unik dan berbeda dari para pesaing anda. Hal ini akan membantu program pemasaran dan branding untuk dapat memenangkan pangsa pasar.

Maka hindari pembuatan logo yang mirip atau hampir sama dengan logo perusahaan lain. Sebab, justru akan merendahkan kredibilitas perusahaan, bahkan menandakan bahwa perusahaan anda merupakan salah satu korban dari program branding perusahaan lain.

Selain itu, malah menambah kepercayaan diri pesaing anda karena menganggap bahwa logo yang paling baik dan elegan adalah logo perusahaan mereka.


3. Logo yang Bersifat Abadi

Sebuah logo dari suatu perusahaan adalah logo yang harus bersifat abadi, atau dalam jangka panjang tidak berubah-ubah.

Dalam memilih logo terapkanlah strategi bisnis yang tidak hanya mengikuti tren semata, yang belum tentu tren tersebut menjadi visi dan misi perusahaan anda.


4. Logo yang Mudah Diaplikasikan Pada Kemasan Produk

Logo yang hendak buat haruslah mudah untuk diaplikasikan pada media yang dipakai pada kemasan produk.

Maka, logo haruslah responsif dan dapat dicetak dalam beragam ukuran maupun jenis kemasan produk.

Sesuaikan pula warna-warna tampilan pada logo sehingga bisa terlihat bagus, menarik, dan elegan pada berbagai media.


Nah, itulah beberapa tips sederhana dalam merancang logo untuk perusahaan anda yang dapat anda terapkan pada kemasan produk.

Dalam memenangkan persaingan pasar, logo pada kemasan produk memiliki peranan penting yang tak dapat dipisahkan dalam strategi marketing anda.

Sumber:
http://bisnisukm.com/pentingnya-logo-pada-sebuah-kemasan-produk.html


Related Posts

Tips Merancang Logo Perusahaan Untuk Diterapkan Pada Kemasan
4/ 5
Oleh