Spesifikasi dan Harga Yamaha R25 Beserta Aksesorisnya

Yamaha R25 merupakan motor sport baru yang dikeluarkan oleh pabrikan Yamaha. Desainnya memang hampir mirip dengan YZR-M1 yang merupakan motor MotoGP kelas paling atas.

Dengan desain seperti ini, tentu saja membuat “si penunggang” motor ini terlihat keren dan gagah saat melaju di jalanan.

Ketika pertama kali dipamerkan pada November 2013 dalam ajang Tokyo Motor Show di Jepang, motor 250 CC ini langsung disambut antusias oleh para pengunjung dalam acara tersebut.

Dari segi desain, motor sport ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Gahar dan sporty merupakan konsep desain yang diadopsi untuk motor sport pabrikan Yamaha ini, menjadikannya motor sport dengan nilai estetika yang tinggi.

Simak juga: Hadirnya Yamaha MT-15 Meramaikan Pasar Motor Sport 150CC

Desain yang membungkus motor Yamaha R25 ini tampak berani dengan bentuk body bagian depan dan belakang yang meruncing.

Bentuk body yang runcing, selain menambah kesan agresif, juga akan mengoptimalkan akselerasi saat melaju di jalan.

Bagian joknya terlihat begitu nyaman ditunggangi, dengan bantalan tangki di bagian depan. Headlamp-nya mirip predator yang sangar dan siap menerkam mangsa.

Selain itu, penggunaan lampu LED juga telah disematkan pada Sporty Airduct di bagian tengah maupun belakang.

Motor ini terlihat sangat tangguh dicerminkan dari desain bodinya yang berbentuk full fairing multilayer pada bagian kanan dan kiri.

Bentuk tangki bensin memang dibuat lebih tinggi dari motor sport lainnya dengan maksud ingin menunjukkan bahwa motor Yamaha R25 merupakan rajanya motor di kelas 250CC.

Motor sport ini memang didesain dengan mengadopsi beberapa desain dari motor sport Yamaha lainnya. Seperti pada bagian headlamp yang agak mirip dengan Yamaha M1, atau fairing samping yang juga agak mirip dengan Yamaha R125.

Sedangkan pada bagian mesin motor ini menggunakan mesin bertipe DOHC berkapasitas 249 CC yang akan membuat pengendaranya mampu melesat dengan kecepatan tinggi layaknya pembalap MotoGP.

Mesinnya dilengkapi pula dengan Liquid Cooled 4 stroke dan 2 silinder yang semakin meningkatkan kemantapan performa mesin Yamaha R25.

Selain itu, disematkan pula pada bagian mesinnya beberapa teknologi canggih yang semakin menambah kejantanan mesin dari motor sport 250 CC ini, seperti Direct Drive Camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha.

Dari semua spesifikasi bagian mesin tersebut, Yamaha R25 ini semakin tangguh dengan keluaran tenaga maksimal yang mencapai 26,5 kW atau 36 PS, dan torsi maskimal mencapai 22,6 Nm pada 10.000 RPM.

Tentunya tak ketinggalan disematkan pula teknologi Fuel Injection yang membuat motor ini mampu menghasilkan performa maksimal namun tetap irit dalam konsumsi bahan bakar.

Spesifikasi Lengkap Yamaha R25

Nah, berikut ini kami sajikan daftar spesifikasi lengkap dari Yamaha R25 agar Anda dapat mengetahui kemampuannya lebih jelas.

Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat isi : 166 kg
Kapasitas tangki bensin : 14,3 L

Rangka
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban Depan : 110/70 – 17 M/C
Ban Belakang : 140/70 – 17 M/C
Rem Depan : Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal

Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder : 2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah : 60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum : 23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System
Tipe kopling : Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6

Kelistrikan
Sistem Pengapian : TCI
Battery : GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi : CR 93 (NGK)


Harga Yamaha R25 Beserta Aksesorisnya

Bila melihat dari desain dan spesifikasi dari Yamaha R25, maka motor sport ini dapat dikatakan sebagai motor sport dengan level tertinggi di kelas 250 CC.

Spesifikasi di atas juga akan menentukan harga jual dari motor ini. Yamaha telah secara resmi mengumumkan bahwa motor Yamaha R25 ini dilepas ke pasaran dengan banderol Rp 53 jutaan.

Memang, harga yang relatif mahal untuk sebuah motor, namun sebanding dengan berbagai keistimewan yang disajikan padanya.

Harga tersebut merupakan harga On The Road untuk daerah DKI Jakarta. Biasanya harga akan lebih mahal di lain daerah luar Jakarta.

Sedangkan untuk harga aksesorisnya sendiri kami sediakan dalam bentuk daftar berikut ini:

- RR Seat Cowl Kit (Merah, Birung, Hitam) : Rp 650 ribu
- Visor Kit : Rp 250 ribu
- Frame Slider Kit : Rp 400 ribu
- Fuel Cap Cover : Rp 100 ribu
- Racing Stand (Hanya Belakang) : Rp 400 ribu

Sumber:
https://www.semisena.com/893/spesifikasi-dan-harga-yamaha-r25.html


Related Posts

Spesifikasi dan Harga Yamaha R25 Beserta Aksesorisnya
4/ 5
Oleh