9 Asupan Penting Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita

9 Asupan Penting Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita
Osteoporosis adalah suatu istilah kondisi dalam bidang kedokteran yang kerap dimaknai sebagai “tulang rapuh”. Kondisi ini diakibatkan karena kepadatan dan kualitas tulang yang minim sehingga tulang menjadi kian tergerus dan keropos.

Fakta mengejutkan mengungkapkan bahwa wanita lebih cenderung memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis.

Sebab, kondisi tulang pada wanita memang lebih tipis dibandingkan pria. Apalagi ketika wanita mulai memasuki masa menopause, hormone estrogen yang berfungsi untuk melindungi tulang pada wanita akan mengalami penurunan secara drastis sehingga osteoporosis pun akan lebih cepat terjadi.

Baca juga: 6 Tanda-Tanda Osteoporosis Pada Wanita

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda khususnya para wanita mengenai macam-macam asupan yang penting untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Produk Susu

Susu dan produk-produk berbahan dasar susu seperti keju dan yogurt mengandung banyak kalsium di dalamnya. Asupan ini sangat tepat untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin mencegah osteoporosis.


2. Telur

Makan telur tidak selalu buruk untuk kesehatan. Justru di dalam telur mengandung banyak sekali nutrisi yang penting untuk mencegah osteoporosis, kandungan tersebut antara lain kalsium, vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat.


3. Aneka Jus Buah dan Sayur

Beragam jus buah seperti jus apel, jeruk, pisang, dan jus-jus sayuran seperti jus wortel, dan bayam merupakan asupan yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi jus buah dan sayur setiap hari akan membantu Anda mencegah terkena osteoporosis.


4. Sereal

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita asup.

Sereal adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan serat. Di samping itu, sereal juga mengandung banyak nutrisi penting lain seperti magnesium dan mineral-mineral yang baik untuk kesehatan tulang.


5. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon, dan mackerel memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kesehatan tulang akan tetap terjaga dengan mengkonsumsi ikan secara teratur.


6. Sayur-Mayur Berdaun Gelap

Mengkonsumsi lima porsi sayura setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Sayuran berwarna hijau gelap merupakan jenis asupan yang banyak mengandung kalsium dan zat besi sehingga akan membantu kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat hingga usia lanjut.


7. Kacang-kacangan

Hampir setiap jenis kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan asupan yang penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Misalnya saja biji kenari, bahan makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, atau kacang tanah dan almond yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Jenis makanan satu ini akan mengganti kalsium dalam tubuh yang keluar bersamaan dengan urin.

Kacang polong dan kacang kedelai juga sangat baik dikonsumsi untuk membantu kepadatan tulang sehingga akan mencegah kita terkena osteoporosis.


8. Buncis

Buncis merupakan jenis sayuran yang memiliki protein dan kalsium yang tinggi dan akan menjaga kesehatan tulang kita.


9. Hati Sapi

Hati sapi kaya akan kandungan vitamin A, fosfor, selenium, zink, tembaga, dan zat besi yang akan membantu kesehatan tulang kita agar tetap terjaga.


Pencegahan terhadap osteoporosis tidak hanya untuk mereka yang telah berusia lanjut, tapi juga penting dilakukan sejak usia muda.

Sebelum terlambat, tidak ada salahnya mencoba 9 asupan di atas untuk diterapkan dalam menu makanan keseharian Anda, terutama para wanita agar osteoporosis bisa dicegah sejak dini dan tidak membuat Anda menyesal di hari tua.

Sumber:
http://www.magwuzz.com/2015/03/10-makanan-untuk-mencegah-osteoporosis.html


Related Posts

9 Asupan Penting Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita
4/ 5
Oleh