Kategori dan Jenis-jenis Kartu Kredit Yang Perlu Kita Ketahui

Kategori dan Jenis-jenis Kartu Kredit Yang Perlu Kita Ketahui
Dahulu, setiap penerbit kartu kredit hanya mengeluarkan satu kartu dengan berbagai fitur pelayanan yang dapat digunakan oleh nasabah.

Di masa sekarang, tersedia berbagai jenis kartu yang dikeluarkan oleh penerbit kartu kredit dengan bermacam tarif, suku bunga, dan keuntungannya masing-masing.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Kredit yang Penting untuk Diketahui

Sehingga satu kartu kredit mungkin dapat digolongkan ke dalam satu jenis atau gabungan dari beberapa kategori yang penting untuk kita ketahui agar dapat memilih kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, kondisi keuangan, dan gaya hidup Anda.


1. Kartu Kredit Standar

Jenis kartu kredit ini adalah yang paling sering dan sebagian besar disediakan oleh bank maupun perusahaan penerbit kartu kredit. Jenis kartu kredit ini lebih sering disebut dengan istilah kartu kredit silver atau classic.

Untuk memiliki kartu kredit jenis ini cukuplah mudah, dan kita tidak perlu menyetorkan uang deposit atau jaminan. Limit kartu kredit biasanya ditentukan oleh pihak penerbit kartu kredit.

Beberapa contoh yang tergolong kartu kredit standar antara lain:

- Kartu Kredit Bunga Rendah

Kartu kredit dengan bunga rendah biasanya menetapkan suku bunga yang rendah secara tetap, namun ada pula yang hanya menawarkan suku bunga rendah selama periode promosi untuk kemudian dinaikkan sesudah periode promosi tersebut berakhir.

Bagi nasabah yang berencana melakukan pembelian dalam jumlah besar dan hendak membayarnya dengan cara mengangsur selama beberapa bulan, kartu kredit jenis sangatlah cocok, sebab bunganya memang sangat rendah bahkan ada yang menawarkan tanpa bunga (0%).

- Kartu Kredit Untuk Transfer Balance

Kartu kredit jenis ini membolehkan pemegangnya mengalihkan saldo tagihan dari kartu kredit lain dengan bunga lebih tinggi.

Syarat dan ketentuan dalam kartu kredit transfer balance bisa bervariasi, tergantung penerbitnya. Jadi, pastikan dulu sebelumnya Anda telah membaca dan mempelajarinya secara seksama.


2. Kartu Kredit Reward

Kartu kredit jenis ini menawarkan beragam insentif untuk setiap pembelian menggunakan kartu kredit tersebut. Insentif bisa berupa uang tunai, poin, ataupun potongan harga.

Beberapa contoh yang termasuk kategori kartu kredit reward antara lain:

- Kartu Kredit Cash Back

Anda dapat memperoleh pengembalian berupa cash back (uang tunai) untuk pembelian tertentu menggunakan kartu kredit ini.

Cash back yang bisa diterima akan semakin besar jumlahnya bila kartu kredit jenis ini sering Anda gunakan dalam berbelanja.

- Kartu Kredit Point Reward

Hampir sama dengan kartu kredit cash back, bedanya kartu kredit ini menawarkan pengembalian dalam bentuk point reward yang bisa Anda kumpulkan di setiap pembelian tertentu.

Poin yang Anda kumpulkan nantinya bisa ditukar dengan berbagai pilihan reward seperti voucher, tiket pesawat, barang-barang elektronik, perhiasan, gift card, dan lain-lain.

- Kartu Kredit Hotel atau Travel Points

Dengan bekerja sama kepada hotel tertentu (co-branded), kartu kredit hotel/travel points seringkali menawarkan poin di setiap kita menginap di hotel-hotel di dalam jaringannya.

Poin yang Anda kumpulkan tersebut dapat ditukarkan kembali dengan voucher menginap gratis atau upgrade kamar di jaringan hotel yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit.

- Kartu Kredit Retail Reward

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit ini akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan bila melakukan pembelian berupa produk dari peritel besar yang menerbitkan kartu kredit co-branded retail reward.

Jika poin sudah banyak maka dapat ditukar dengan produk atau jasa yang dikeluarkan oleh peritel tersebut.

- Kartu Kredit Premium

Kartu kredit premium seringkali dikenal dengan kartu kredit gold (emas) atau platinum. Tipe kartu kredit tersebut menawarkan beragam keuntungan kelas “premium” dan cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan tinggi dan sering menggunakan kartu kredit tersebut untuk berbelanja atau melakukan perjalanan.


3. Kartu Kredit Penerbangan

Kartu kredit penerbangan dikhususkan untuk perjalanan menggunakan pesawat. Hal yang membedakannya dengan kartu kredit point reward ialah Anda dapat mengumpulkan poin yang disebut sebagai kredit perjalanan (airline mile credits) di setiap melakukan pembelian tiket pesawat.

Penerbit kartu kredit ini biasanya bekerja sama dengan maskapai penerbangan tertentu. Beberapa contoh yang termasuk kategori kartu kredit penerbangan, antara lain:

- Kartu Kredit Maskapai Penerbangan

Kartu kredit ini biasanya diterbitkan atau bekerja sama dengan maskapai penerbangan tertentu. Biasanya, Anda akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan dengan melakukan pembelian atau penerbangan menggunakan kartu kredit tersebut.

- Kartu Kredit Penerbangan Generik (Generic Airline Miles)

Jenis kartu kredit ini memberikan poin yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan dengan tiket pesawat dari maskapai atau agen perjalanan manapun.


4. Kartu Kredit Khusus

Jenis kartu kredit khusus biasanya hanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kebutuhan tertentu, seperti pelajar/mahasiswa, atau pengusaha. Beberapa contoh kartu kredit yang termasuk dalam kategori ini, antara lain:

- Kartu Kredit Pelajar/Mahasiswa

Sesuai namanya, kartu kredit ini digunakan oleh pelajar atau mahasiswa perguruan tinggi. Pemegangnya yang berstatus pelajar tentu belum mempunyai penghasilan tetap, jadi fitur atau manfaat yang diberikan tidaklah sebanyak kartu kredit lain.

- Kartu Kredit Bisnis

Jenis kartu kredit ini diperuntukkan bagi pebisnis dan memiliki banyak fitur serta manfaat yang sama seperti kartu kredit lain.

Selain itu, kartu kredit ini juga biasanya menawarkan berbagai keuntungan tambahan khusus untuk dunia usaha, misalnya pagu kredit yang lebih tinggi, business reward khusus, dan kartu tambahan untuk karyawan.


Jenis-jenis Kartu Kredit Berdasarkan Lingkup Wilayahnya

Kategori kartu kartu juga dibedakan atas lingkup wilayah di mana kartu kredit tersebut diterbitkan atau dapat berlaku.


1. Kartu Kredit Internasional

Tipe kartu kredit internasional dapat digunakan di seluruh Negara atau berlaku internasional dan dapat diterima sebagai alat pembayaran di seluruh dunia. Beberarapa contoh dari jenis kartu kredit internasional antara lain:

- VISA

VISA adalah merek produk dari Visa International Service Association (VISA Inc.), perusahaan jasa keuangan yang bermarkas di California, Amerika Serikat.

Kartu kredit ini cukup populer penggunaannya di Asia dengan menggunakan operasional yang didasarkan pada sistem waralaba (franchise) dari VISA Inc.

- MasterCard

Kartu kredit MasterCard adalah merek produk dari MasterCard Worldwide, perusahaan jasa keuangan yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Kartu kredit ini lebih populer penggunaannya di Eropa dan Amerika dengan menggunakan operasional yang didasarkan atas lisensi dari MasterCard Worldwide.

- Diners Club

Kartu kredit Diners Club diterbitkan oleh Citicorp. Dengan operasional yang didasarkan atas sistem waralaba (franchise) bersama perusahaan lain di hampir seluruh Negara di dunia.

- American Express

Kartu kredit ini diterbitkan oleh American Express Travel Related Services Inc. Prinsip operasional kartu kredit ini adalah charge card, yaitu kartu pembayaran di mana seluruh tagihan bulanan harus dilunasi oleh nasabah dan tidak dapat diangsur seperti kartu kredit lain.

Namun, kartu kredit ini tetap memberikan fasilitas credit line kepada pemegang kartu sama halnya dengan kartu kredit pada umumnya.


2. Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit Nasional hanya berlaku di lingkup wilayah atau Negara tertentu yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Biasanya, penerbit kartu kredit ini adalah bank atau perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan ritel dengan sasaran konsumen ritel di wilayah pasarnya sendiri.

Beberapa contoh dari jenis kartu kredit ini di antaranya Astra Card, Garuda Executive Card, dan sebagainya.


Itulah jenis atau tipe kartu kredit yang perlu kita ketahui, ada beragam kartu kredit yang beredar, namun tidak semua kartu kredit cocok untuk semua orang.

Saat memilih kartu kredit, hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan pilihlah kartu kredit yang memberikan manfaat terbanyak yang bisa Anda dapatkan.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/tipe-tipe-kartu-kredit-yang-mesti-anda-ketahui


Related Posts

Kategori dan Jenis-jenis Kartu Kredit Yang Perlu Kita Ketahui
4/ 5
Oleh