6 Tanda Anda Telah Siap Membeli Rumah

6 Tanda Anda Telah Siap Membeli Rumah
Terkadang muncul di pikiran kita pertanyaan mampu atau tidak kita membeli sebuah rumah. Tolak ukurnya hanya menggunakan kemampuan financial semata.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa tanda yang sebenarnya bisa dijadikan acuan tentang kesiapan membeli rumah.

Nah, apa saja tanda-tandanya? Berikut ini kami akan bagikan kepada Anda, simak uraian kami di bawah ini!

Baca juga: 7 Strategi Jitu Punya Rumah Sendiri di Usia Muda


1. Pendapatan Anda Sudah Dapat Diandalkan

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara mengangsur (KPR), maka pastikan Anda memang mampu membayarnya.

Jika Anda masih tinggal sendiri, pastikan Anda telah menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat Anda bekerja. Sedangkan bila Anda telah menikah, maka salah satu dari Anda maupun pasangan sudah harus yakin dengan posisinya dan masa depan perusahaan tempat bekerja.

Sebaiknya Anda memiliki tabungan yang cukup apabila terdapat rencana pengeluaran yang besar dalam waktu dekat, misalnya pernikahan, kelulusan, atau hal-hal lain yang akan menghabiskan banyak biaya.

Pengeluaran bulanan harus bisa ditekan sebisa mungkin agar cicilan Anda lancar dan tidak menunggak di kemudian hari.


2. Hutang-hutang Telah Dikendalikan Dengan Baik

Membeli rumah melalui KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) sama halnya dengan Anda berhutang pada pihak Bank.

Pastikan dalam rencana keuangan Anda terdapat plot untuk melunasi cicilan rumah, dan jangan sampai anggaran tersebut terpakai untuk memenuhi kebutuhan Anda yang lain.

Sebisa mungkin kendalikan hutang Anda sebaik mungkin, dan perkirakan seberapa banyak hutang-hutang Anda pada orang lain.


3. Anda Punya Kemampuan Bayar 10% dari Harga Tunai Sebuah Rumah 

Terdapat beragam cara untuk mendapatkan sebuah rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar uang mukanya saja.

Bahkan, tidak sedikit pengembang yang menawarkan sebuah rumah tanpa harus membayar uang muka. Namun, sebenarnya hal ini bukanlah cara yang disarankan. Sebab, ketika membeli rumah semestinya dilakukan dengan cara yang wajar yaitu dengan membayar uang muka antara 10 hingga 20 persen.

Hal itu juga merupakan acuan utama apakah Anda sudah siap atau sudah mampu untuk membeli rumah atau tidak.

Anggaplah uang muka sebagai pondasi Anda untuk membangun sebuah rumah, bila Anda tidak memiliki pondasi yang kuat, maka akan berisiko menimbulkan hal yang buruk di kemudian hari.


4. Tahu Siapa Yang Akan Tinggal Dengan Anda

Suatu penelitian pernah menyebutkan bahwa ketika pertama kali membeli rumah, sebagian besar orang akan tinggal di rumah tersebut setidaknya selama 12 tahun.

Saat membeli rumah, targetkan agar dapat memenuhi kebutuhan Anda setidaknya untuk 5 sampai 7 tahun ke depan.

Bila saat ini Anda masih sendiri, maka targetkan agar rumah tersebut mempunyai ruang yang cukup untuk pasangan atau keluarga kecil Anda nantinya.

Jika masih bingung, maka sebaiknya Anda menunggu beberapa waktu lagi untuk membeli rumah, hingga benar-benar yakin siapa saja yang nantinya akan tinggal di rumah tersebut dengan Anda.


5. Telah Anda Temukan Tempat Yang Tepat Untuk Tinggal

Anda tentu tidak ingin hanya tinggal sebentar di rumah yang nantinya baru Anda beli. Pastinya Anda juga tidak ingin berada jauh dari rumah tersebut.

Jadi, jika pekerjaan Anda atau pasangan Anda nantinya harus pindah tempat dalam waktu dekat, maka sebaiknya tunda dulu niat untuk membeli rumah dan tetap tinggal di kontrakan.


6. Anda Mampu dan Mau Mengurus Rumah Sendiri

Memelihara dan menjaga sebuah rumah kerap menjadi suatu tantangan bagi para penghuni baru. Biasanya, Anda akan mengeluarkan banyak uang di tahun pertama Anda membeli rumah, karena ada beberapa hal yang memerlukan pembenahan atau perbaikan.

Selanjutnya, Anda baru akan mulai membeli sejumlah perlengkapan atau furniture baru sampai tahun ketiga.

Barulah suatu saat nanti Anda akan mulai berpikir untuk merenovasi rumah, dan tentunya hal-hal demikian memerlukan uang yang tidak sedikit, dan Anda sebagai pemilik rumah harus mampu mengurus semua itu secara mandiri.


Saat Anda belum memenuhi tanda-tanda tersebut, sebaiknya tunda dulu keinginan Anda untuk membeli rumah sebagai tempat tinggal.

Lanjutkan mengisi dan mengumpulkan tabungan Anda, hingga jumlahnya benar-benar memadai untuk berbagai keperluan dalam membeli rumah baru.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/sudah-siapkah-anda-membeli-rumah


Related Posts

6 Tanda Anda Telah Siap Membeli Rumah
4/ 5
Oleh

1 komentar:

21 April 2016 09.27 delete

terima kasih infonya
silakan kunjungi ke web kami
http://nasasuper.com/
http://jualpupukorganik099.blogspot.co.id/

Reply
avatar