9 Tempat Belanja Lebaran Paling Hemat di Jakarta

Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, biasanya banyak diskon yang menggiurkan dan membuat kita tertarik untuk datang dan berbelanja menghabiskan uang.

Banyaknya tempat-tempat perbelanjaan yang memberikan potongan harga seringkali membuat kita lupa diri dan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja.

Nah, salah satu cara untuk mensiasati pengeluaran belanja saat menjelang lebaran ialah dengan berbelanja hemat di beberapa tempat di Jakarta berikut ini!

Baca juga: 5 Pusat Perbelanjaan Terbesar Di Kota Medan


1. Pasar Jatinegara - Jakarta Timur

Berbicara perlengkapan Lebaran, tentu tak lepas dari baju baru, sepatu baru, dan perlengkapan untuk shalat. Tersedia berbagai kebutuhan belanja masyarakat di pasar Jatinegara, mulai dari pakaian, souvenir pernikahan, peralatan dapur, kue-kue kering, dan bumbu-bumbu dapur.

Semuanya bisa Anda dapatkan dengan harga grosir maupun satuan. Meskipun hanya beli satuan, harga rata-rata barang di pasar Jatinegara sangatlah terjangkau dan masih dapat ditawar.

Pasar Jatinegara Mester atau dahulu lebih dikenal dengan sebutan Pasar Mester dan Pasar Kemis, merupakan pusat perbelanjaan berupa pasar tradisional yang telah berdiri sejak zaman colonial Belanda.

Lokasi pasar Jatinegara sangat strategis, berada tidak jauh dari pinggir jalan Matraman Raya, Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Pasar ini dekat dengan Stasiun Kereta Api Jatinegara, Terminal Kampung Melayu, dan Polresta Jakarta Timur.

Tidak hanya pakaian dan perlengkapan untuk orang dewasa, tersedia juga grosir pakaian bayi dan anak dengan harga murah di tempat ini. Beragam jenis pakaian bayi dan anak bisa dibeli dengan cara grosir maupun eceran, pastinya dengan harga yang terjangkau.


2. Pasar Tanah Abang – Jakarta Pusat

Siapa yang tak kenal dengan Pasar Tanah Abang, tempat perbelanjaan ini sudah sangat terkenal sebagai pusat penjualan pakaian dan aksesoris fashion.

Pasar ini selalu ramai dan dipadati pengunjung di setiap harinya. Apalagi menjelang Lebaran, maupun Hari-hari Besar lainnya.

Pasar Tanah Abang terletak di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tersedia aneka pakaian jadi untuk dewasa maupun anak-anak yang bisa Anda dapatkan dengan harga cukup murah. Tidak hanya itu, di pasar ini juga tersedia beragam bahan-bahan untuk membuat pakaian dengan harga grosir.


3. Pasar Asemka – Jakarta Barat

Letak pasar pagi Asemka di sekitar kolong jembatan layang Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat. Aksesnya dekat dengan Stasiun Jakarta Kota, dan di seberang Gedung Museum Bank Mandiri.

Pasar ini memiliki lokasi yang tersebar dari deretan kios di bawah Flyover, ke area gedung baru Pasar Asemka, hingga gedung lama Pasar Asemka.

Terdapat banyak kios yang menjual souvenir luar negeri dan beragam kebutuhan sandang maupun pangan.

Selain itu, berbagai macam pernak-pernik tersedia di ratusan kios yang tersebar di pasar ini, mulai dari jepitan rambut, bros, ikat rambut, bando, stationary, dan lain-lain, semuanya bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat murah.

Tak hanya pernak-pernik saja, pasar Asemka juga menyediakan berbagai kebutuhan sekolah dan alat tulis, boneka, souvenir pernikahan, serta beragam mainan anak-anak dengan harga murah.

Pasar pagi Asemka sudah dikenal sebagai tempat perbelanjaan yang menawarkan harga sangat murah bagi pembeli yang berbelanja dalam jumlah banyak. Bahkan, harganya bisa sampai 50% lebih murah dibandingkan dengan di pasar lainnya.


4. Pusat Grosir Mangga Dua – Jakarta Utara

Pasar pagi Mangga Dua merupakan pusat grosir yang terletak di Jalan Mangga Dua Raya Ancol, Jakarta Utara. Di tempat ini tersedia beragam pakaian dan barang aksesoris fashion seperti tas, sepatu, perhiasan, hingga kebutuhan bayi dan anak.

Hampir semua barang yang dijual di tempat ini merupakan merek terkenal, hanya saja bukan barang original alias barang imitasi.

Meskipun imitasi, barang-barang tersebut sangat mirip dengan aslinya. Selain itu, di tempat ini tersedia juga barang non merek atau lokal.

Barang-barang yang dijual di Pusat Grosir Mangga Dua biasanya tidak dilabeli dengan price tag, sehingga Anda masih dapat menawar lagi dengan harga yang lebih murah dari harga yang ditawarkan.


5. Pasar Mayestik – Jakarta Selatan

Pasar Mayestik terletak di Jalan Tebah III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar ini terkenal dengan tempat belanja kain murah berkualitas.

Banyak pula penjahit yang membuka lapaknya di tempat ini. Jadi, Anda tidak hanya dapat membeli kainnya saja, tapi juga sekalian menjahitnya langsung di tempat ini.

Di samping itu, ada pula pedagang pakaian jadi di Pasar Mayestik, tinggal pilih ukuran dan model yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tersedia pula jajanan kue kering di tempat ini sehingga Anda bisa sekalian membeli kue-kue untuk sajian lebaran atau oleh-oleh mudik.

Di Pasar Mayestik juga terdapat ragam kebutuhan lainnya seperti sayuran, buah-buahan, daging, ayam, bahan pembuat kue, obat-obatan dan kosmetik.


6. Pasar Baru (Passer Baroe) – Jakarta Pusat

Pusat perbelanjaan yang telah berdiri sejak tahun 1820 ini merupakan surganya penggila belanja. Pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat ini memiliki area yang cukup luas.

Terdapat toko-toko di sisi kiri dan kanan Jalan Pasar Baru yang menjual beragam jenis pakaian, tekstil dan tailor, sepatu, dan juga sejumlah department store.


7. ITC Cempaka Mas – Jakarta Pusat

ITC Cempaka Mas merupakan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Terdapat lebih dari 5.500 kios dalam gedung yang terdiri dari 5 lantai.

Anda akan merasa puas belanja di tempat ini karena banyak sekali toko yang bisa dijelajahi dan bisa dibilang apapun barang yang Anda butuhkan tersedia di tempat ini. Tentunya barang-barang tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga murah bila Anda pintar dalam menawar.


8. Pusat Belanja Cipulir – Jakarta Selatan

Pasar Cipulir sudah ada sejak tahun 1989 dan berlokasi di Jalan Ciledug Raya, Cipulir, Jakarta Selatan. Pasar Cipulir terkenal sebagai pusat grosir produk tekstil dan pakaian jadi.

Orang yang datang ke tempat ini tidak hanya dari sekitar Jakarta saja, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Mereka biasanya pedagang eceran yang datang berbelanja secara grosir di tempat ini.

Pasar Cipulir terbagi menjadi dua, yaitu Pasar Inpres Cipulir, dan ITC Cipulir Mas. Bila Anda datang dari arah Kebayoran Lama, maka sebelah kiri jalan adalah Pasar Inpres Cipulir, dan di seberangnya adalah ITC Cipulir Mas.

Pasar Inpres Cipulir buka dari jam 5.00 pagi hingga jam 15.00 sore. Namun, tidak sampai jam 12 pun banyak kios-kios yang sudah mulai tutup karena kehabisan stok barang.

Sebagian besar kios di pasar inpres Cipulir menjual dagangannya secara grosir, sebaiknya Anda datang ke tempat ini di pagi hari bila tidak ingin kehabisan barang yang hendak dibeli.

Hampir semua kios di Pasar Inpres Cipulir hanya menjual berbagai jenis pakaian, dan aksesoris fashion. Bila Anda ingin mencari barang lain selain pakaian, Anda bisa coba mencarinya di ITC Cipulir Mas.

Di ITC Cipulir Mas barang dagangannya lebih beragam, tidak hanya pakaian saja tapi ada juga handphone, elektronik, jajanan maupun kuliner.


9. Pusat Perbelanjaan Kawasan Blok M – Jakarta Selatan

Terdapat dua tempat belanja favorit di Pusat Perbelanjaan kawasan Blok M, yaitu Blok M Plaza dan Blok M Square. Anda bisa memilih salah satu atau mendatangi keduanya.

- Blok M Plaza

Blok M Plaza merupakan salah satu pusat bisnis di daerah Jakarta Selatan dan telah berdiri sejak tahun 1990. Tempat ini terdiri dari 7 lantai area shoping disertai area parkir yang luas. Anda bisa membeli berbagai kebutuhan makanan dan sandang dengan harga murah di Blok M Plaza.

- Blok M Square

Konsep yang ditawarkan di tempat perbelanjaan Blok M Square ialah trademall One Stop Shopping. Jadi, di tempat ini Anda bisa membeli berbagai barang kebutuhan kapanpun waktunya, karena tempat ini beroperasi hampir 24 jam di setiap harinya.

Di area CityWalk, aktivitas dimulai dari pukul 02.00 hingga pukul 08.00 oleh pedagang kue, dilanjutkan pukul 10.00 hingga 19.00 oleh para pelukis jalanan.

Untuk memanjakan lidah para pengunjung, Anda dapat berwisata kuliner malam yang biasanya dimulai dari pukul 20.00 hingga dini hari oleh para pedagang makan lesehan.

Blok M Square merupakan pusat perbelanjaan yang lengkap, tersedia berbagai barang kebutuhan mulai dari perlengkapan kosmetik, pakaian, perlengkapan fashion, reklame dan advertising, buku-buku dan alat tulis, mainan anak, handphone, komputer, perhiasan, serta bursa mobil bekas.

Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap representative, seperti toilet, ruang menyusui, sarana ibadah, kapasitas parkir kendaraan bermotor yang luas, serta kemudahan akses langsung menuju terminal bus Blok M.


Nah, demikian uraian kami mengenai tempat-tempat belanja paling hemat yang bisa Anda kunjungi untuk menyambut Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Tentunya masih banyak tempat-tempat lain yang menarik di Jakarta untuk dijadikan destinasi belanja, tapi ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.belanjaalkes.com/blog/2015/07/10-the-eid-shopping-deals-around-jakarta#sthash.sFSva7jX.dpuf


Related Posts

9 Tempat Belanja Lebaran Paling Hemat di Jakarta
4/ 5
Oleh