5 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Dengan Cepat

Olahraga merupakan bagian yang sangat penting dalam pembakaran lemak dan kalori tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembentukan otot-otot tubuh.

Namun, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai kesibukkan yang membuat waktu berolahraga menjadi terabaikan.

Tapi jangan khawatir, Anda juga tetap bisa lho menurunkan berat badan dengan beberapa cara berikut ini meskipun jarang berolahraga. Ingin tahu seperti apa caranya? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Alat-alat Canggih Untuk Membantu Jaga Kesehatan


1. Redupkan Lampu dan Putar Musik Lembut Saat Makan

Ternyata, ada kaitan erat antara meredupkan lampu dan musik dengan program diet seseorang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell Brain Wansink, Ph.D, dibuktikan bahwa seseorang yang makan di tengah cahaya redup dan diiringi alunan musik lembut akan menjadi lebih tenang saat makan.

Sehingga orang tersebut akan mengkonsumsi makanan 175 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan pada cahaya lampu terang dan musik yang menggelegar.

Jadi, sebenarnya ada dua hal yang terjadi ketika kita meredupkan lampu, yaitu makan lebih lambat dan kita akan merasa malas karena makanan yang tersaji sudah keburu dingin.


2. Gunakan Piring Berdiameter Lebih Kecil

Mengurangi porsi makan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Namun banyak orang kesulitan untuk mengurangi porsi makannya sehari-hari. Nah, solusinya ialah dengan mengganti piring makan Anda dengan piring berdiameter yang lebih kecil. Menurut Dr. Wansink, cara ini akan membuat porsi makan Anda berkurang sebanyak 23 persen.


3. Sering Menimbang Berat Badan

Sering-seringlah menimbang berat badan Anda guna mengevaluasi sukses tidaknya diet yang tengah dijalani. Cara ini juga akan memberi pengaruh mental untuk terus berusaha menurunkan berat badan dan tidak berhenti di tengah jalan dari program yang tengah dilakukan.

Selama 7 hari berturut-turut timbanglah berat badan lalu hitung rata-rata berat badan harian Anda sebagai refleksi untuk langkah menurunkan berat badan selanjutnya.


4. Konsumsi Sarapan Sehat

Sarapan merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan bila Anda ingin tetap semangat menjalani aktivitas seharian. Dengan mengkonsumsi sarapan sehat setiap hari juga akan membantu program menurunkan berat badan yang sedang dijalani menjadi lebih cepat.


5. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marie Pierre St Onge, Ph D, asisten professor di Columbia University College menunjukkan bahwa orang yang lelah akan lebih banyak mengkonsumsi makanan dibandingkan mereka yang tidak lelah dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Hal disebabkan karena kurangnya waktu tidur akan membuat produksi hormon yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan menjadi lebih meningkat.

Kurangnya waktu tidur tak hanya berpengaruh dalam hal fisik saja, secara psikologis juga ditemukan bahwa scan otak seseorang yang kurang tidur akan membuat mereka lebih senang untuk makan.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara jitu dan cepat dalam menurunkan berat badan tanpa olahraga, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

sumber: Google.co.id


Related Posts

5 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Dengan Cepat
4/ 5
Oleh