Panduan Melakukan Check-In dan Boarding Pass Kereta Api Dari Semarang

Implementasi program sistem check-in dan boarding pass mulai dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang di Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang, Semarang.

Implementasi tersebut menyusul sistem yang sudah berhasil diuji coba dan diterapkan pada seluruh stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 1, 2, 3, 5, 6, dan 7.

Baca juga: Tips Mengatasi 5 Fobia yang Sering Dialami Para Pelancong

Adanya penerapan Check-In dan Boarding Pass ini merupakan peningkatan pelayanan yang akan mempermudah para calon penumpang dan mengurangi risiko lolos boarding akibat tiket tidak valid atau salah tanggal.

Menurut Gatut Sutiyatmoko, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, dengan adanya sistem baru ini, para calon penumpang yang sudah membeli tiket di channel eksternal dapat melakukan check in pada mesin check in mandiri di stasiun sejak 12 jam sebelum perjalanan hingga menjelang keberangkatan kereta api.

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah tak perlu bingung dengan sistem Check-In dan Boarding Pass tersebut.

Berikut ini kami akan berbagi mengenai cara melakukan check in dan boarding pass di stasiun kereta api, cara ini juga hampir sama atau berlaku di semua stasiun yang menerapkan sistem tersebut.


1. Cari Mesin Check-in Saat Sampai Stasiun

Bila Anda sudah membeli tiket kereta api, segera cari mesin check-in mandiri dan ketikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket.

Mesin akan mengeluarkan boarding pass yang di dalamnya tercantum nama dan ID penumpang, kode booking, nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.


2. Pemeriksaan Boarding Pass oleh Petugas

Sesudah boarding pass keluar, itulah tanda bukti tiket Anda yang akan diperiksa oleh petugas stasiun. Siapkan kartu identitas sesuai dengan yang tertera di boarding pass.

Petugas akan memverifikasi boarding pass menggunakan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu identitas asli penumpang.


3. Pasca-pemeriksaan Boarding Pass

Setelah boarding pass diperiksa, Anda tinggal menunggu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api di ruang tunggu hingga ada pengumuman resmi dari pihak stasiun melalui pengeras suara.


4. Duduk Sesuai yang Tertera Pada Boarding Pass

Bila Anda telah berada dalam kereta api, pastikan cari tempat duduk sesuai dengan nomor gerbong dan kursi yang tertera di boarding pass.


5. Pemeriksaan Di Dalam Kereta Api

Simpan boarding pass dan jangan sampai hilang karena akan ada pemeriksaan kembali di dalam kereta api, Anda tinggal menunjukkan boarding pass tersebut kepada petugas.


Itulah langkah-langkah dalam melakukan check-in dan boarding pass ketika hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Semarang.

Perlu diingat, bagi penumpang yang membeli tiket go show, sesudah mendapatkan tiket tetap harus melakukan check-in pada mesin check-in mandiri untuk mencetak boarding pass.

Bila boarding pass telah berhasil tercetak, maka penumpang bisa langsung menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas.

Sedangkan untuk stasiun-stasiun yang belum menerapkan sistem check-in, sistem cetak tiket fisik (tiket biru) tetap dilakukan menggunakan mesin Cetak Tiket Mandiri.

Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2016/07/13/124218527/naik.kereta.dari.semarang.kini.pakai.check-in.dan.boarding.pass.ini.panduannya.


Related Posts

Panduan Melakukan Check-In dan Boarding Pass Kereta Api Dari Semarang
4/ 5
Oleh