Urutan Prosedur Pembuatan Baru Surat Izin Mengemudi (SIM)

Dalam membuat SIM Baru, secara umum ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Berikut kami jelaskan urutan prosedurnya:


1. Fotocopy KTP Anda menjadi beberapa lembar sebagai kelengkapan dalam persyaratan dokumen yang akan dilampirkan bersama formulir permohonan.

2. Buat Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter, dan biasanya dapat dibuat di klinik Kepolisian atau di pusat pelayanan kesehatan lainnya.

3. Ambil dan isi formulir permohonan pembuatan SIM baru dengan lengkap dan benar untuk selanjutnya diserahkan ke petugas di loket yang telah disediakan pada kantor Satlantas. Biasanya, sekalian melakukan pembayaran biaya pembuatan SIM Baru. Tunggu sampai nama Anda dipanggil.

Baca juga: Persyaratan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Untuk Golongan Umum

4. Ketika nama Anda dipanggil, kemudian akan diminta untuk mengikuti ujian yang terdiri dari dua tahap, yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Praktik. Pada kedua ujian tersebut jika tidak lulus, maka akan diberi kesempatan untuk mengulang ujian tersebut setelah tenggang 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Apabila Anda mengulang dan kembali tidak lulus / tidak mengulang / tidak datang kembali, atau tidak ada keterangan biasanya uang pembayaran biaya SIM akan dikembalikan.

5. Bila Anda berhasil lulus pada Ujian Tertulis maupun Ujian Praktik, selanjutnya akan diminta menunggu panggilan lagi untuk melengkapi data diri, tandatangan, sidik jari, dan difoto secara elektronik atau digital.

6. Tahap terakhir ialah menunggu hingga nama Anda dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi pada loket pengambilan SIM.


Semua tahap dalam membuat SIM di atas semestinya Anda ikuti dengan tertib. Jangan berkecil hati apabila gagal dalam ujian, terutama ujian praktik karena Anda akan diberi kesempatan untuk mengikuti kembali ujian tersebut setelah jangka waktu tertentu.

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki oleh para pengemudi, karena sudah diatur dalam undang-undang. Selain itu juga menjadi bukti bahwa Anda memiliki kemampuan dan kemahiran dalam mengemudikan kendaraan bermotor di jalan demi keselamatan Anda, penumpang, dan juga pengguna jalan lainnya.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/cara-membuat-sim-dan-biaya-pengurusannya


Related Posts

Urutan Prosedur Pembuatan Baru Surat Izin Mengemudi (SIM)
4/ 5
Oleh