Ingin Kaya Di Usia Muda? Ikuti Tips Berikut Ini!

Kebanyakan orang di dunia ini pasti ingin kaya, meskipun uang bukanlah segalanya, namun segala urusan akan lebih lancar dengan adanya uang.

Kekayaan juga dapat membuat kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk bisa berbagi dan membantu orang lain.

Siapapun berhak untuk menjadi kaya, semua tergantung dari usaha dan kerja keras yang dilakukan. Begitu juga bagi orang-orang muda, usia bukanlah penghalang untuk Anda menjadi kaya. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips untuk Anda yang ingin jadi kaya sejak usia muda.


1. Miliki Impian Karir dan Pekerjaan Di Masa Depan

Tentukan mulai dari sekarang, seperti apa karir dan pekerjaan yang menjadi impian Anda. Miliki impian yang jelas mengenai cara Anda untuk menjadi kaya di masa depan, sehingga Anda akan lebih bersemangat dalam berusaha mencapai impian tersebut. Bila perlu, catat impian tersebut dan tempelkan di dinding kamar sehingga Anda bisa sering melihatnya.


2. Pilih Bidang Pendidikan Yang Sesuai Dengan Minat dan Bakat

Kebanyakan orang sukses akan mendalami suatu hal yang paling disukai dalam hidupnya. Jadi, untuk mengasah kemampuan Anda menjadi lebih expert, pilihlah bidang pendidikan yang paling sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki.


3. Menyisihkan Seperempat Dari Pendapatan

Sisihkan seperempat dari total gaji Anda sebagai dana untuk berinvestasi, atau dana cadangan bilamana ada sesuatu hal yang tidak terduga.

Bagi Anda yang masih bersekolah, maka Anda bisa coba cara ini dengan menyisihkan seperempat dari uang saku yang Anda terima setiap hari atau setiap bulannya dari orangtua.


4. Jangan Ragu Untuk Memulai Berinvestasi di Pasar Modal

25% dari pendapatan yang telah Anda kumpulkan selama setahun tadi gunakan untuk mulai berinvestasi di pasar modal.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti mencoba peruntungan dengan bermain valas, investasi emas, ikut program deposit, atau bisa juga melalui reksadana dan saham.

Investasi reksadana merupakan bentuk investasi yang paling disarankan bagi orang-orang muda yang notabene-nya baru belajar berinvestasi.

Bahkan, skema investasi model ini cukup terbilang ringan untuk kantung anak muda, seperti misalnya Anda bisa membeli reksadana saham mulai dari Rp 100 ribu.

Di samping itu, investasi ini juga bisa dikatakan cukup aman bila dibandingkan dengan bentuk-bentuk investasi yang lainnya.

Sebab, dalam investasi reksadana, Anda akan didampingi oleh seorang Manajer Investasi (MI) yang telah berpengalaman, sedangkan pada bentuk investasi lain, biasanya lebih banyak mengandalkan spekulasi.


5. Berinvestasi Di Bidang Properti

Dibutuhkan stabilitas dana dan modal yang besar bila ingin mulai investasi dalam bidang properti. Namun, tak ada salahnya bila Anda ingin mulai dari sekarang.

Jika sudah memiliki penghasilan tetap, pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk mengangsur perumahan sederhana atau apartemen mini.

Keuntungan jangka panjang di bidang properti memang tak main-main. Di tahun 2011 saja tercatat harga properti di Jakarta sudah naik sebesar 38 persen, sedangkan di Bali kenaikan harga properti juga mencapai angka yang fantastis yaitu sebesar 20 persen.

Bayangkan, beberapa tahun lagi perumahan yang sekarang sedang Anda cicil harganya akan terus naik bila hendak dijual atau disewakan.


6. Asuransikan Diri Untuk Proteksi

Dana kesehatan merupakan dana tak terduga yang dapat membuat harta kita terkuras bila tidak dipersiapkan dengan baik.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengambil asuransi kesehatan atau asuransi jiwa sebagai proteksi diri. Lebih baik menyisihkan beberapa ratus ribu setiap bulan sebagai antisipasi dari terjadinya kerugian mendadak yang datang secara tiba-tiba.


7. Ambil Risiko dan Mulai Buka Usaha Sendiri

Jarang kita temui orang yang bisa jadi milyuner bila seumur hidupnya hanya jadi karyawan. Kebanyakan orang yang sukses finansial ialah mereka yang berani mengambil risiko dengan berusaha memulai usahanya sendiri.

Tapi jangan pula serta merta meninggalkan pekerjaan kita yang sekarang bila belum sepenuhnya yakin pada usaha tersebut. Anda bisa memulai usaha secara paruh waktu dahulu di sela-sela kesibukan pekerjaan kantor.

Bila sudah benar-benar yakin pada penghasilan yang diperoleh tiap bulan dari usaha tersebut barulah kita bisa fokus ke bisnis dan keluar dari pekerjaanmu sebagai karyawan.


8. Jangan Mudah Tergiur Dengan Gadget Keluaran Terbaru

Kebanyakan anak muda sangat boros dalam hal belanja gadget. Gampang tergiur dengan produk keluaran terbaru, padahal handphone atau tablet yang lama masih bisa dipakai. Bahkan, tidak sedikit yang rela membeli secara kredit hanya demi mendapatkan gadget keluaran terbaru.

Mengikuti kemajuan teknologi tidak akan ada ujungnya, untuk itu tahan diri kita untuk menuruti hawa nafsu atau sekadar karena gengsi. Lebih baik uang tersebut ditabung untuk dijadikan dana investasi kita di masa depan.


9. Hidup Prihatin

Tak ada kesuksesan yang dibangun hanya dalam waktu semalam. Semua butuh proses, jangan takut untuk memulai dari bawah.

Jangan takut bekerja dengan gaji rendah, jangan takut tinggal di kos atau kontrakan sederhana selama beberapa waktu. Jangan malu naik angkutan umum atau sepeda motor.

Jangan gengsi terlihat kalah trendi dari teman-temanmu. Mulai sekarang, cobalah hidup prihatin. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.


10. Bekerja Keras Dengan Cerdas

Semangat juang merupakan hal yang penting untuk kita tanamkan sedari awal bila ingin merintis kesuksesan di masa muda.

Maksimalkan waktu untuk semua hal yang produktif. Disiplin dan kerjakan segala sesuatu dengan maksimal. Perbanyak koneksi dan relasi di bidang profesional, serta jangan ragu untuk mulai belajar berinvestasi.


11. Konsisten

Jika semua hal di atas sudah coba Anda lakukan, tips terakhir yang perlu dilakukan ialah tetap konsisten dengan semua hal baik yang kita kerjakan.

Kebanyakan orang yang gagal hanya termotivasi untuk berjuang di awal, ketika di tengah perjalanan dan mulai dihadapkan dengan berbagai kenyataan yang tidak sesuai harapan, mereka memutuskan untuk berhenti.

Ingat pula, jangan cepat terbuai dengan hasil yang sudah kita raih saat ini. Terlalu cepat puas akan membuat kita menjadi malas.

Sumber:
http://www.hipwee.com/sukses/ini-10-cara-biar-kamu-bisa-kaya-di-usia-muda/


Related Posts

Ingin Kaya Di Usia Muda? Ikuti Tips Berikut Ini!
4/ 5
Oleh