Tiga Jenis Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk pembentukan sel-sel baru dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Asam folat yang masuk dalam tubuh akan disimpan dalam hati sebagai cadangan. Setiap harinya, sebanyak 400 mikrogram asam folat dibutuhkan oleh tubuh orang dewasa. Sedangkan pada wanita hamil, perharinya membutuhkan asupan asam folat sebanyak 800 mikrogram. Kurangnya asupan asam folat pada tubuh ibu hamil bisa mengakibatkan bayi lahir cacat, jadi jangan anggap sepele ya!

Terdapat tiga jenis makanan penting dengan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Berikut akan kami bagikan informasinya kepada Anda.


1. Buah Jeruk

Jeruk tidak hanya dikenal sebagai sumber vitamin C, tapi juga merupakan sumber asam folat yang baik dikonsumsi oleh tubuh.

Satu buah jeruk yang kita makan dapat menyumbangkan 20% dari kebutuhan asam folat harian untuk tubuh. Buah dengan rasa manis yang menyegarkan ini dapat meningkatkan kadar folat dan menurunkan kadar racun dalam pembuluh darah.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi satu atau dua buah jeruk setiap hari akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.


2. Buah Alpukat

Buah-buahan lainnya yang mengandung asam folat tinggi ialah alpukat (avocado). Tak hanya itu, tahukah Anda kalau buah alpukat ternyata dapat menangkal gejala flu?

Vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Buah ini juga mengandung vitamin B yang dapat membantu produksi antibodi secara alami. Kandungan omega-6 di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan.

Dari banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, disimpulkan bahwa buah alpukat sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Sayur Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang masih satu famili dengan kubis. Makanan yang biasanya sering tidak disukai oleh anak-anak ini sangat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan.

Tak hanya itu, brokoli juga bermanfaat untuk mencegah dan menghambat proses berkembangnya sel kanker. Bagaimana, ternyata banyak juga yah manfaat sayur brokoli?


Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti jeruk, alpukat, dan brokoli sangat penting dikonsumsi untuk pembentukan sel-sel baru pada tubuh kita.

Sumber:
http://www.peterparkerblog.com/2937/makanan-yang-mengandung-asam-folat-untuk-pembentukan-sel-sel-baru/


Related Posts

Tiga Jenis Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi
4/ 5
Oleh