Manfaat Vitamin dan Nutrisi Penting Bagi Pertumbuhan Bayi

Pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup sangat penting agar bayi gemuk dan sehat. Tentunya, memiliki bayi dengan perkembangan kesehatan yang baik merupakan harapan semua orangtua.

Berikut ini kami akan berbagi informasi tentang macam vitamin dan nutrisi apa saja yang penting dalam perkembangan dan pertumbuhan fisik bayi.

Vitamin A

Untuk bayi yang masih dalam masa menyusui, sumber vitamin A terbaik dapat diperoleh dari ASI. Oleh sebab itu, bagi ibu menyusui diharuskan memperhatikan asupan makanan dengan sumber vitamin A yang baik, seperti sayuran berwarna hijau, buah-buahan berwarna orange, telur ayam, dan lain-lain.

Manfaat vitamin A untuk bayi ialah untuk menunjang kesehatan mata dan membantu perkembangan kekebalan tubuhnya.

Vitamin B

Vitamin B yang dibutuhkan antara lain vitamin B1, B6, hingga B12. Semuanya sangat dibutuhkan oleh ibu sejak masa kehamilan hingga menyusui.

Vitamin C

Sumber vitamin C terbaik bisa diperoleh dari asupan buah-buahan. Vitamin C sangat bermanfaat untuk perkembangan daya tahan tubuh bayi dalam menghadapi serangan penyakit yang disebabkan adanya virus atau bakteri yang berasal dari luar tubuh.

Vitamin D

Bayi menyusui memperoleh asupan vitamin D dari ASI. Oleh sebab itu, ibu menyusui harus memperhatikan kecukupan vitamin D selama masa menyusui. Vitamin D bermanfaat untuk bayi dalam membantu pertumbuhan tulang, gigi, dan jaringan otak bagian luar.

Vitamin K

Pemberian vitamin K sangat disarankan sejak ibu dalam masa kehamilan. Fungsi dari jenis vitamin ini ialah mencegah terjadinya penggumpalan darah sesaat bayi dilahirkan. Biasanya, ketika bayi lahir akan diberi suntikan untuk mencegah terjadinya pendarahan yang dapat terjadi pada bayi.

Vitamin E

Vitamin E sangat baik diberikan pada ibu semenjak masa kehamilan hingga menyusui. Manfaat dari vitamin E ialah untuk membantu ibu dalam menjaga kelenturan kulit selama janin dalam kandungan.

Selain itu, vitamin E juga dapat memberikan kekebalan khusus pada bayi sehingga tubuh bayi lebih kuat dan risiko keguguran dapat dihindari.

Kalsium

Kalsium bermanfaat dalam membantu pembentukan dan penguatan tulang serta gigi bayi. Selain itu, kalsium juga penting untuk pertumbuhan syaraf dan otak bayi serta melindungi bayi dari proses pembekuan darah yang bisa menyebabkan risiko kematian.

Asam Lemak Esensial

Manfaat asam lemak esensial bagi bayi ialah untuk membantu pembentukan sistem syaraf pusat secara maksimal. Selain itu juga berfungsi untuk membantu perkembangan dan pemeliharaan sel tubuh, pembentukan sistem imunitas, dan membantu tubuh bayi untuk menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh secara optimal.

Zat Besi

Manfaat zat besi ialah untuk mencegah sel tubuh kekurangan oksigen, sehingga sel tubuh akan bekerja optimal dan mengurangi risiko bayi mengalami anemia.


Demikian posting kami tentang manfaat beberapa vitamin dan nutrisi yang penting bagi proses pertumbuhan bayi, baik sejak dalam kandungan maupun dalam masa menyusui.

Cara terbaik dalam pemberian vitamin dan nutrisi tersebut ialah dengan mencukupi asupan gizi pada ibu hamil maupun menyusui.

Sumber:
http://vitaminbayi.com/vitamin-untuk-bayi-supaya-gemuk-dan-sehat-tumbuh-alami/


Related Posts

Manfaat Vitamin dan Nutrisi Penting Bagi Pertumbuhan Bayi
4/ 5
Oleh