Penjelasan Tentang Pengertian dan Sejarah Internet Beserta Dampaknya Bagi Pengguna

Interconnection-Networking atau yang kini kita kenal dengan internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) Suite sebagai protokol pertukaran paket data untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.


Sejarah Kemunculan dan Perkembangan Internet

Awalnya, internet adalah jaringan komputer yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ini mendemonstrasikan bagaimana mereka menggunakan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX untuk melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET melakukan perancangan bentuk jaringan, kehandalan, dan besarnya kapasitas informasi yang dapat dipindahkan, serta semua standar yang mereka tentukan hingga akhirnya menjadi cikal-bakal pembentukan protokol baru yang sekarang kita kenal sebagai TCP/IP.

Proyek ini dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer. Kala itu, US Department of Defense (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) membuat sistem jaringan komputer yang terhubung dan tersebar di daerah-daerah vital guna mengantisipasi masalah bila terjadi serangan nuklir.

Sistem jaringan komputer yang saling terhubung ini juga dimaksudkan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat sehingga apabila terjadi perang tidak dapat dengan mudah dihancurkan.

Pada mulanya hanya 4 situs saja yang dihubungkan oleh ARPANET, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membangun satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Meski demikian, ARPANET baru diperkenalkan pada publik di bulan Oktober 1972.

Selang tak berapa lama, proyek tersebut mengalami perkembangan pesat di seluruh daerah dan membuat semua universitas di Amerika Serikat ingin bergabung dalam ARPANET.

ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya, sehingga kemudian dilakukan pemecahan menjadi dua jaringan, yaitu MILNET untuk keperluan militer, dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer (seperti Universitas atau Perguruan Tinggi).

Gabungan kedua jaringan dikenal dengan istilah DARPA Internet, yang selanjutnya disederhanakan kembali menjadi Internet.

Internet mengalami perkembangan yang begitu pesat dari tahun ke tahun, dengan ringkasan sebagai berikut:

Tahun 1969:
Dimulainya proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal kelahiran internet.

Tahun 1972:
Kemunculan program electronic mail (Email) yang dirancang oleh Roy Tomlinson untuk ARPANET. Pada masa ini, muncul pula lambing atau ikon “@” (dibaca: at).

Tahun 1973:
Jaringan internet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Vinton Cerf dan Bob Kahn yang merupakan dua orang ahli komputer mempresentasikan gagasan internet yang lebih besar.

Tahun 1976:
Hari bersejarah yang terjadi pada 26 Maret di mana Ratu Inggris berhasil mengirim email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Tahun 1979:
Diciptakannya newsgroup pertama dengan nama USENET oleh tiga orang ahli, yaitu Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin.

Tahun 1981:
Dunia teknologi mengalami gebrakan oleh France Telecom dengan meluncurkan telepon televisi pertama yang memudahkan orang-orang untuk dapat saling menelepon dan berhubungan dengan video link.

Tahun 1990:
Tim Berners Lee membuat sebuah program editor dan browser yang diberi nama www (World Wide Web).

Tahun 1994:
Terjadi evolusi di tahun ini, di mana bermunculan ribuan situs di internet. Di tahun inilah lahir situs Yahoo! yang juga menyediakan layanan email bagi orang-orang di seluruh dunia.

Tanpa diduga sebelumnya, internet telah membuat revolusi baru di dunia komputer dan telekomunikasi. Internet bisa dikatakan sebagai evolusi rangkaian kerja ilmiah dari penemuan telegram, telepon, radio dan komputer yang lebih terintegrasi dan berkemampuan lebih baik dari alat-alat tersebut.

Kemampuan penyiaran internet bisa menjangkau ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan menjadi media untuk berkolaborasi serta berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari upaya pemerintah, industri dan para civitas akademi untuk mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik dan bermanfaat bagi sejarah peradaban dunia.


Manfaat dan Dampak Negatif Penggunaan Internet

Perkembangan dunia teknologi internet memberi beragam manfaat bagi masyarakat di seluruh dunia, antara lain:
- Internet menjadi media komunikasi antar individu tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
- Media untuk memenuhi kebutuhan informasi atau data.
- Media pertukaran data antar komputer.
- Memberi kemudahan pengguna untuk memperoleh informasi.
- Dalam bidang bisnis dan keuangan, internet memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan promosi.
- Membuat pengguna sedikit banyak memahami bahasa asing, terutama bahasa Inggris.
- Memaksa pengguna untuk mempelajari teknologi komputer yang berhubungan dengan internet.
- Media belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
- Menghemat waktu, biaya dan tenaga.
- Dapat dijadikan sebagai media hiburan.

Selain memberikan manfaat bagi para pengguna di seluruh dunia, internet juga dapat menimbulkan dampak negatif bila digunakan untuk berbagai aktivitas yang melanggar hukum, dampak negatif internet tersebut antara lain:
- Adanya anggapan bahwa internet identik dengan po*nografi.
- Sebagian ada yang menggunakannya untuk menampilkan kekejaman dan kesadisan.
- Penggunaan Kartu kredit merupakan cara belanja yang paling banyak digunakan di internet, dan masih rentan terjadinya tindakan ilegal sehingga perbaikan dalam sistem keamanan masih perlu terus dilakukan.
- Beberapa ada yang menggunakannya untuk melakukan aktivitas perjudian.
- Berkurangnya sifat sosial manusia karena cenderung memilih internet sebagai media komunikasi dibandingkan harus bertatap muka secara langsung.
- Masih maraknya kejahatan penipuan dan pencurian pada situs-situs tertentu di internet.
- Memicu sifat pemalas dalam diri manusia.
- Masih banyaknya kejadian cyber crime yang dilakukan oleh pengguna internet.

Nah, itulah beberapa manfaat dan dampak negatif yang bisa kita dapatkan dari penggunaan internet. Namun, semua itu memang kembali pada diri kita masing-masing dan bagaimana kita melakukan pengawasan kepada keluarga serta waspada terhadap tindakan kejahatan yang mungkin bisa terjadi melalui media internet.


Related Posts

Penjelasan Tentang Pengertian dan Sejarah Internet Beserta Dampaknya Bagi Pengguna
4/ 5
Oleh