3 Jenis Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Genset Dan Cara Memperbaikinya

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Cara memperbaiki genset yang rusak –Genset (generator set) adalah salah satu sumber listrik alternatif yang cukup populer sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan adakalanya pasokan listrik PLN mengalami gangguan. Dengan menggunakan genset, maka pasokan daya listrik bisa teratasi. Namun dibalik kemudahan dalam menggunakan genset, alat sumber listrik alternatif yang satu ini juga bisa mengalami kerusakan. Berbagai permasalahan bisa timbul seiring dengan penggunaan genset.



Karena kerusakan genset cukup beragam, maka prosedur perbaikannya pun akan berbeda pula mengikuti dari jenis kerusakan yang ada. Ada yang tergolong dalam kategori kerusakan ringan dan ada juga yang tergolong dalam kerusakan dengan kategori beratsehingga harus dibawa ke teknisi ahli genset.
Baca juga: Jenis-Jenis Genset

Jenis-jenis Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Genset dan Cara Mengatasinya

Mesin genset tidak bisa dihidupkan.

Beragam kemungkinan yang dapat menyebabkan mesin genset(generator set) tidak bisa dihidupkan adalah :
  • Aki yang digunakan untuk menstarter genset sudah dalam kondisi lemah ataupun habis. Anda bisa mengisi ulang kembali aki tersebut atau menggantinya dengan yang baru.
  • Terdapat beberapa kabel listrik yang tidak tersambung atau dalam kondisi terputus. Solusinya lakukan pengecekkan kembali pada komponen kabel mesin genset. Jika ditemukan adanya kabel yang putus. Maka sambunglah kembali
  • Kondisi motor starter yang rusak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penggantian motor starter dengan yang baru. 

Mesin yang tiba-tiba mati ketika genset berhasil dinyalakan

Penyebab terjadinya genset tiba-tiba mati dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah:
  • Terdapatnya air pada tangki bahan bakar. Untuk mengatasinya, buang air tersebut dari tangki bahan bakar sekaligus dari seluruh saluran tangki bahan bakar yang menuju mesin genset.
  • Adanya bagian lubang ventilasi bahan bakar yang tersumbat. Silahkan perbaiki seluruh lubang ventilasi. 
  • Adanya bagian yang tersumbat pada saringan bahan bakar. Untuk mengatasi hal ini, bersihkan saringan bahan bakar tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Penyebab hilangnya daya mesin Genset.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan permasalahan hilangnya daya mesin pada genset adalah: 
  • Sudah ausnya kondisi plunyer pompa. Cara mengatasinya, silahkan lakukan pengecekan pada bagian pompa dan lakukan penyetelan. Jika terasa sulit untuk diperbaiki, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.
  • Rusak/patahnya bagian pegas katub. Untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara menggantinya dengan pegas katub yang baru. 
  • Adanya bagian yang kotor atau rusak pada komponen katub nozel. Anda bisa mencoba untuk membersihka dan memperbaikinya. Jika sulit maka silahkan Anda ganti dengan yang baru.
 Baca Juga: 11 Tips mudah perawatan Genset agar tahan lama

Itulah beberapa informasi mengenai cara memperbaiki genset yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga dapat menambah pengetahuan ilmu dan membantu memberikan solusi untuk Anda dalam memperbaiki genset yang rusak.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Jenis Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Genset Dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar