6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dan Tebal

6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dan Tebal- Rambut merupakan salah satu harta wanita yang paling berharga. Kecantikan seorang wanita pun dapat dinilai dari rambut yang dimilikinya, tentu saja hal tersebut membuat semua wanita berjuang untuk memperhatikan kecantikannya agar tetap terlihat menarik.

Permasalahannya adalah tidak jarang para wanita memiliki masalah pada rambutnya, terutama bagi mereka yang memiliki rambut mengembang dan tebal. Pastinya hal tersebut membuat kepercayaan diri Anda menjadi sedikit berkurang.

Kebanyakan orang ingin merawat rambutnya dengan cara yang instant atau sering disebut juga cara kimia. Namun cara tersebut dapat memberikan efek fatal bagi kesehatan rambut Anda dari hari kehari.


Jika Anda memiliki masalah pada rambut yang mengembang dan tebal, berikut adalah penyebab yang mengabitkan rambut Anda menjadi sulit diatur:

1. Sering Menggunakan Catok

Mulai untuk kurangilah penggunaan catok rambut dari sekarang. Rambut akan menjadi rapuh dan kering apabila menggunakan catok secara terus menerus.

2. Sering Terkena Sinar Matahari Atau Polusi 

Jika rambut Anda sering terkena sinar matahari / polusi secara langsung dijalanan maupun diluar, maka Anda harus menguranginya. Sebaiknya jika Anda hendak keluar rumah, gunakanlah payung atau gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut.

3. Penggunaan Shampo Yang Kurang Tepat

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, terkadang satu shampo tidak cocok digunakan pada rambut tertentu. Oleh karenanya gunakanlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki.

Setelah mengetahui penyebab rambut mengembang, berikut kami sajikan tips untuk Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tips / cara ini berfungsi pula untuk melembutkan rambut kering, mengatasi rambut rontok kering dan kasar. Berikut merupakan tipsnya:

1. Jaga Rambut Tetap Lembab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rambut yang kering adalah penyebab utama rambut menjadi mengembang. Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kelembaban rambut adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner sendiri berfungsi untuk melindungi rambut dan mempertahankan kelembabannya agar tidak kering.

2. Beri Nutrisi Untuk Rambut 

Nutrisi yang kita konsumsi akan menentukan kesehatan rambut yang kita miliki. Terdapat tiga nutrisi dalam tubuh yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut, yakni protein, vitamin E, dan mineral seng (disebut zinc). Ketiga vitamin tersebut berfungsi untuk mencegah rambut kering dan mengembang. Anda dapat memenuhi protein dan zinc dengan mengkonsumsi makanan laut, sedangkan untuk vitamin E diperoleh dengan mengkonsumsi sayur-sayuran.


3. Gunakan Masker Rambut

Penggunaan masker rambut dinilai cara yang paling efektif untuk menutrisi rambut dari luar. Terdapat berbagai macam merk masker rambut (hair mask) yang tersedia di pasaran, namun Anda juga bisa membuat masker rambut Anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah alpukat atau minyak zaitun. Berikut merupakan cara membuatnya:

Siapkan buah alpukat, lalu blender setengah bagian buah alpukat dan gunakan 2 sdm minyak zaitun, selanjutnya oleskan keseluruh bagian rambut, lalu diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air sampai bersih.

Selain menggunakan masker rambut, Anda juga dapat menggunakan serum rambut yang juga berfungsi untuk menutrisi rambut dari luar.

4. Jangan Gunakan Pemanas Rambut Berlebihan

Beberapa jenis alat pemanas rambut seperti catok dan hair dryer mungkin adalah salah satu penyebab rambut mengembang yang anda alami. Catok dan hair dryer memang aman jika hanya sesekali anda gunakan. Akan tetapi jika peralatan ini digunakan terlalu berlebihan, maka akan menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan akhirnya mengembang serta sulit diatur.

5. Gunakan Minyak Rambut 

Penggunaan minyak rambut berfungsi agar rambut Anda menjadi lebih mudah diatur dan memberikan nutrisi rambut dari luar. Anda dapat menggunakan minyak rambut seperti minyak lidak buaya, minyak zaitu, dan minyak kelapa (coconut oil yang terbukti dapat mengatasi masalah rambut mengembang yang banyak dialami oleh kaum wanita.

6. Cobalah Untuk Mengubah Gaya Rambut Anda

Menipiskan rambut menggunakan layer di salon, mungkin solusi yang sangat tepat apabila Anda memiliki jenis rambut yang tebal. Dengan menggunakan cara tersebut, rambut Anda akan menjadi terlihat tipis serta tidak terlalu kelihatan jika mengembang.

Jika anda memiliki jenis rambut yang tebal, mungkin solusi ini adalah yang paling tepat. Solusinya adalah dengan meinipiskan rambut anda menggunakan layer di salon. Cara ini dapat membuat rambut menjadi terlihat tipis sehingga tidak terlalu kelihatan jika mengembang.

Rambut yang sehat adalah idaman untuk semua kalangan. Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi rambut mengembang dan tebal, cara mengatasi rambut kering dan kasar serta cara melembutkan rambut kering. Semoga bermanfaat.

6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Rambut Mengembang Dan Tebal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fokesehatan.com

0 komentar: