Kutuan? Ini dia 3 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen - Salah satu permasalahan rambut yang sering muncul selain rambut rontok dan berketombe adalah munculnya kutu. Tertular dengan rambut orang lain yang memiliki kutu merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan ini. Ketika kutu ini menyerang rambut Anda, maka kulit rambut akan terasa gatal setiap waktu. Selain itu pun akan tampak bekas telur berwarna putih dari anak kutu pada rambut Anda.

Apabila Anda tidak segera mengatasi masalah tersebut, maka besar kemungkinan kutu betina akan bertelur sebanyak enam butir setiap harinya dan terlur tersebut akan menetas di hari ke delapan. Jika itu terus dibiarkan maka rambut Anda akan semakin gatal dan mengganggu tentunya.
Penyebab munculnya kutu rambut

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Penyebab utama rasa gatal yang timbul di kepala bukan karena gigitan yang dilakukan oleh kutu, tapi efek alergi yang ditimbulkan dari gigitan tersebut lah yang menyebabkan rasa gatal.

Kutu dapat muncul dikarenakan tiga hal, yakni

  1. Karena penularan secara langsung dimana rambut Anda bersentuhan dengan rambut orang lain. Hal ini terjadi karena kutu mulai berjalan atau bahkan meloncat ke rambut Anda.
  2. Selain itu faktor lain munculnya kutu dikarenakan penularan secara tidak langsung, hal itu terjadi karena kutu tersebut berjalan atau hinggap melalui benda-benda yang sering dipakai bersama dengan orang yang telah terserang kutu rambut seperti pemakaian helm, sisir, bantal, topi, selimut, dan sebagainya. 
  3. Jarang merawat kebersihan rambut. Kutu pun bisa disebabkan karena faktor jarangnya merawat kebersihan rambut seperti berkeramas, jika rambut tidak dirawat dengan baik, maka rambut akan menjadi kotor dan tempat yang kotor merupakan tempat yang diinginkan kutu untuk berkembang biak.
Meskipun sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun akan sangat mengganggu sekali apabila kutu telah menyerang rambut kita. Apalagi jika tidak diatasi se-segera mungkin.

Cara Menghilangkan Kutu Di Kepala

Berikut merupakan cara untuk menhilangkan kutu rambut Anda:

1. Cara menghilangkan kutu rambut dengan Alkohol

Alkohol memiliki kandungan senyawa isopropil atau alkohol absolut sebanyak lebih dari 70 persen. Kandungan dalam alkohol ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu dan telur-telurnya di rambut Anda, namun hal ini pun tergantung dari keberanian Anda untuk menggunakan alkohol ini.

Cara alami menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan alkohol:
  • Pertama, siapkan terlebih dahulu wadah / baskom.
  • Tuangkanlah alkohol secukupnya ke dalam baskom itu 
  • Oleslah alkohol pada bagian kulit kepala secara merata dengan menggunakan jari-jari Anda. Diamkan selama 30 menit. 
  • Sisirlah rambut Anda dengan menggunakan sisir kutu 
  • Biasanya kutu dengan cepat akan rontok. Jika Anda merasa kutu sudah tidak ada lagi di rambut, bilaslah alkohol tersebut dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
Catatan aturan penggunaan: Gunakanlah maksimal sekali dalam seminggu selama satu hingga dua bulan. Hindari penggunaan alkohol secara berlebihan untuk menghindari iritasi pada rambut.

2. Cara Menghilangkan Kutu Di Kepala Dengan Minyak Zaitun 
Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dibilang sudah begitu familiar bagi orang Indonesia. Beberapa dari mereka ada yang menggunakan minyak zaitun untuk memasak. Sebagian lainnya menggunakan dengan mengoleskannya ke seluruh tubuh untuk menghaluskan kulit. Selain kedua hal diatas, minyak zaitun juga ternyata cukup mujarab untuk mengatasi kutu rambut.

Cara alami menghilangkan kutu dengan minyak zaitun:
  • Bersihkan terlebih dahulu rambut Anda
  • Sebelum tidur, oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh bagian rambut Anda 
  • Pijat-pijatlah rambut Anda agar cepat meresap 
  • Gunakanlah shower-cap untuk menutupi kulit kepala, lalu tidurlah secara terlentang. 
  • Pada pagi hari, berkeramaslah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal 

3. Cara Menghilangkan Kutu dan Telur Kutu Dengan Asam Cuka

Cuka sebenarnya cukup efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Asam asetat merupakan Kandungan yang ada dalam cuka ini dapat membunuh semua kutu dan mencegah telurnya menetas.

Cuka memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan yakni terjadinya iritasi pada kulit rambut, oleh karenanya jangan gunakan cuka secara berlebihan. Selain itu, tambahkan juga sedikit air agar rambut tidak rontok akibat sifat abrasif dari cuka tersebut.

Asam cuka memiliki khasiat yang paling efektif dan terbukti dalam mengatasi kutu rambut. Asam asetat yang terkandung dalam cuka ini dapat membunuh semua kutu dan mencegah telurnya menetas dengan cepat.

Meskipun memiliki manfaat untuk membasmi kutu rambut, cuka ini dapat menyebabkan iritasi pada bagian kulit kepala apabila digunakan secara berlebihan. Oleh karenanya gunakanlah sesuai kebutuhan.

Berikut panduan menggunakan cuka untuk mengatasi kutu rambut :
  • Gunakalah cuka sebanyak 2 sendok makan dan campurkan pula dengan 2 sendok makan minyak kelapa
  • Setelah dicampur, oleskanlah campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut sebelum tidur 
  • Ketika hendak tidue, kenakan penutup rambut (shower cap) dan biarkan selama semalaman. 
  • Bersihkanlah rambut Anda dengan berkeramas. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan cara ini sebanyak 2x seminggu selama 2 bulan.

Tips Mencegah Kembalinya Kutu Rambut 
tips mencegah kembalinya kutu rambut
Setelah rambut Anda bersih dari kutu, pastikanlah Anda melakukan hal berikut untuk mencegah rambut Anda dari serangan kutu. Berikut merupakan tipsnya:

1. Cucilah pakaian, sprei, sisire, selimut serta semua yang mungkin pernal menempel pada rambut Anda sesegera mungkin. Pisahkanlah barang-barang pribadi Andan dengan orang lain lain untuk menghindari kontaminasi kutu.

2. Bersihkanlah karpet, tempat tidur, sofa Anda setiap saat. Akan lebih baik lagi jika menggunakan vacuum cleaner untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gunakanlah sisir kutu khusus untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kutu serta telurnya yang menempel pada rambut Anda.

4. Selama Anda belum terbebas dari kutu rambut maka jangan gunakanlah barang-barang orang lain seperti helm, sisir, maupun topi dengan orang lain. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran kutu.

Sekian penjabaran mengenai cara menghilangkan kutu di kepala dan cara menghilangkan telur kutu pada rambut. Jangan lupa untuk selalu menyisir rambut Anda menggunakan sisir kutu khusus setelah melakukan salah satu metode di atas. Diperlukan kesabaran serta kebersihan dalam menghilangkan kutu yang ada pada rambut. Oleh karenanya, lakukan dengan rajin dan selalu jaga kebersihan kepala dan lingkungan Anda.

Kutuan? Ini dia 3 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen