Tips Mudah Membuat Kolam dan Taman Sederhana yang Indah

advertisments
advertisments

Tips mudah membuat kolam dan taman sederhana yang indah – Duduk di teras rumah tinggal Anda, sembari bersantai dan menikmati secangkir kopi atau teh hangat, sejuknya embun yang bercampurkan dengan mentari pagi, mensyukuri indahnya kehijauan taman, dan indahnya kolam ikan berwarna – warni tentu akan jadi hal yang paling mengasyikkan. Kesemua itu bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki sebuah taman dan kolam cantik di rumah Anda. Lantas, bagaimana sih cara atau pun tips mudah membuat kolam dan taman sederhana yang indah di rumah tinggal Anda sendiri? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Mudah Membuat Kolam dan Taman Sederhana yang Indah

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah konsep dari kolam ikan yang akan Anda buat. Lalu tentang alat serta bahan yang diperlukan, sama seperti alat – alat yang diperlukan untuk pertukangan. Misalnya asja Anda perlu alat penggali seperti sekop, cangkul, meteran, waterpass, cethok, dan lain – lain. Kemudian mengenai bahan – bahan yang diperlukan seperti biasanya membuat bangunan, yakni semen, batu bata, pasir, batu kapur, cat, dan lain – lain.
Tips Mudah Membuat Kolam dan Taman Sederhana

Selain hal tersebut, Anda juga harus siapkan tanaman air sebagai hiasan kolam ikan koi. Hiasan – hiasan kolam mungkin saja bisa Anda tambahkan nanti. Serta jangan lupa siapkan juga bunga – bunga cantik untuk memperindah dan mempercantik tampilan taman Anda. Pada saat mempersiapkan pembuatan kolam ikan minimalis ini, sama seperti hendak membuat sebuah kolam ikan besar pada umumnya, Anda juga perlu perhatikan jenis tanah di sana.

Sementara itu untuk ukuran kolamnya bisa sangat bervariasi, hal ini tergantung dari lokasi yang ada. Bahkan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi halaman rumah atau pun teras rumah tinggal Anda. Kolam ikannya bisa Anda buat memanjang, melingkar, atau persegi, bahkan bentuk tak beraturan pun tidak jadi masalah, sesuaikan saja dengan dekorasi yang Anda inginkan.

Hanya saja yang harus diperhatikan di sini adalah menghindari terbantuknya daerah mati pada kolam. Daerah mati merupakan daerah yang sulit sekali mendapat aliran air pada saat air kolam tersebut digerakkan. Daerah mati misalnya saja di pojok – pojok kolam yang bersudut 90 derajat. Apabila terpaksa terbantuk, Anda dapat mengakalinya dengan buat tepiang miring, atau pun dengan meletakkan pancuran air di daerah – daerah mati.

Sementara itu, untuk kolam ikan koi ini misalnya saja, bagusnya dengan kolam di bagian bawah permukaan tanah. Desain kolam di atas permukaan tanah atau pun sebagian di atas permukaan tanah, tak akan menjadikan punggung ikan koinya terlihat sempurna. Dan ini tentu akan mengurangi kenikmatan melihat keindahan ikan koi yang ada pada kolam taman rumah tinggal Anda.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mudah membuat kolam dan taman sederhana yang indah. Semoga bermanfaat.

advertisments

Related Posts

Tips Mudah Membuat Kolam dan Taman Sederhana yang Indah
4/ 5
Oleh