Ini Cara Melatih Anak Agar Menjadi Pendengar yang Baik

advertisments
advertisments

Ini Cara Melatih Anak Agar Menjadi Pendengar yang Baik - Ayah atau Bunda pernahkah Anda dicueki oleh si kecil saat berbicara dengannya? Hal seperti itu bisa saja terjadi karena si kecil masih belum terlatih menjadi pendengar yang baik. Saat berkomunikasi mendengarkan merupakan bagian yang terpenting. Apalagi jika Anda sedang berkomunikasi dengan anak-anak. Dimana Anda akan mempelajari dan belajar dari sang anak.
Ini Cara Melatih Anak Agar Menjadi Pendengar yang Baik
Orang tua berperan penting dalam tumbuh kembang anak
Menjadi pendengar saat anak-anak bercerita melantur dengan penuh kesabaran. Namun kesabaran yang Anda lakukan tidak akan sia-sia. Sebab dengan Anda mendengarkan semua ceritanya mulai dari awal hingga akhir kan membuat anak menjadi percaya diri. Lantas, bagaimana agar anak juga bisa menjadi pendengar yang baik saat berkomunikasi? Seperti halnya Anda yang selalu setia mendengarkannya cerita dengan baik. Ayah atau bunda tenang, disini kami akan memberikan ulasan tentang cara melatih anak agar bisa menjadi pendengar yang baik. Yuk, disimak lansirannya.

Cara melatih anak agar menjadi pendengar yang baik


Orang tua menjadi pendengar baik bagi anak


Ayah atau bunda hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjadi mendengar bagi anak lebih dulu. Karena dengan Anda memberikan contoh cara mendengar yang baik pada anak, maka anak akan meniru kebiasaan baik yang Anda ajarkan. Jangan sekali-kali Anda saat anak belum selesai berbicara sudah dipotong terlebih dahulu. Sebaiknya dengarkan dulu sampai dia benar-benar selesai bicara, baru setelah itu Anda boleh menanggapi apa disampaikannya.

Meminta anak bercerita atau menanggapi cerita teman


Di sekolah sering sekali meminta satu anak bercerita sedangkan yang lainnya mendengarkan. Kemudian teman yang tadi mendengarkan disuruh menanggapi cerita dari temannya. Jika ada anak yang bertanya berarti anak tersebut mendengarkan dan menyimak cerita temannya dengan baik. Begitu pula ketika orang tua bercerita pada anak, jika anak mengajukan pertanyaan sebagai bentuk tanggapan berarti dia sudah mendengar serta menyimak apa yang diucapkan ayah atau ibunya.
Baca juga : Bagaimana cara mengatasi anak yang sulit diatur
Ini Cara Melatih Anak Agar Menjadi Pendengar yang Baik
Hubungan ibu dan anak yang dekat, mempengaruhi tumbuh kembang anak

Jangan memotong pembicaraan anak


Jika Anda merasa perlu mengatakan sesuatu pada anak maka jangan pernah memotong pembicaraannya, tunggulah dengan sabar berikan kesempatan padanya berbicara sampai selesai. Agar anak bisa mengeluarkan unek-unek yang ada didalam isi hatinya. Selain itu saat anak berbicara dengan Anda, jangan Anda fokus pada keinginan karena dapat mengganggu konsentrasi mendengarkan anak berbicara.

Demikian sedikit cara yang bisa anda lakukan. Sebenarnya masih banyak cara – cara lain yang bisa anda terapkan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai cara melatih anak agar menjadi pendengar yang baik bermanfaat.

advertisments

Related Posts

Ini Cara Melatih Anak Agar Menjadi Pendengar yang Baik
4/ 5
Oleh