Tips Membeli Rumah

advertisments
advertisments

Tips Membeli Rumah - Membeli rumah adalah suatu hal besar, tetapi bukan berarti sulit. Orang membelinya mempunyai alasan masing-masing, ada yang dipakai untuk tempat tinggal, ada yang membelinya sebagai alat investasi, dan ada pula menjadikannya untuk penghasilan sehari-hari dengan mengambil keuntungan dari margin harga jual dan harga beli. Banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah rumah, baik itu untuk dijadikan tempat tinggal ataupun untuk investasi properti.
Tips pertimbangan membeli rumah

Tips membeli rumah yang pertama adalah lakukan riset terlebih dahulu. Ketahui properti seperti apa yang diinginkan, jangan asal memilih rumah dimana kelihatan bagus tetapi nantinya anda tidak nyaman tinggal disitu. Begitu juga jika ingin berinvestasi properti, bisa jadi investasi anda akan merugi karena memilih rumah yang tidak laku ketika akan dijual kembali di masa mendatang.

Tips membeli rumah yang kedua adalah pilih lokasi strategis. Ini adalah faktor paling penting dalam suatu investasi properti. Semua hal harus dipertimbangkan seperti letak kota, aksesnya, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Sering sekali orang bilang dan pastinya anda juga pernah mendengarnya yaitu “Lokasi, lokasi, lokasi”.

Kenapa lokasi menjadi sangat penting? Anda tidak perlu memperhatikan faktor ini jika ingin tinggal di rumah tersebut selamanya, namun sering terjadi bahwa pada akhirnya nanti anda akan menjual rumah itu. Dan ketika itu terjadi pastinya anda ingin properti itu terjual dengan cepat, jangan sampai tanda “rumah dijual” terpasang selama bertahun-tahun di halaman depan.

Tips membeli rumah ini harus dilakukan karena tidak peduli betapa bagus rumahnya, anda akan kesulitan menjualnya dengan harga tinggi jika properti tersebut berada di lingkungan yang tidak baik. Bukan berarti berarti rumahnya jelek, tetapi masalahnya adalah jumlah permintaannya sangat sedikit. Itu bukanlah hal yang anda inginkan ketika menjual rumah.Anda harus melakukan survey lokasi, pertimbangkan kalau ada sekolah dan lingkungan yang nyaman. Pemerintah lokal biasanya mempunyai daftar ranking sekolah, bisa ditemukan juga di internet. Jika masih susah menemukan lokasi yang pas, seorang agen properti mungkin bisa membantu. Nilai dari properti anda akan naik jika berada di lingkungan yang mempunyai sekolah favorit.

Tips membeli rumah berikutnya masih berkaitan dengan lokasi, carilah tempat dimana sedang ada progres pembangunan fasilitas umum karena bisa meningkatkan nilai investasi rumah anda. Dijamin ketika proses pembangunan fasilitas umum tersebut selesai, harga rumah anda akan melonjak tinggi.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Tips Membeli Rumah, semoga dapat memberikan informasi dan juga menambah wawasan properti kita. Penting untuk diingat bahwa seseorang ingin membeli nanti dimasa mendatang, dan ketika itu terjadi maka dia pasti akan mempertimbangkan faktor-faktor yang sama.

advertisments

Related Posts

Tips Membeli Rumah
4/ 5
Oleh