Cara Mendongkrak Volume Burung Pleci

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Cara Mendongkrak Volume Burung Pleci - Burung pleci yang bervolume keras memang menjadi keinginan para sahabat kicau mania di tanah air, siapa yang tidak mengharapkan burung pleci yang di rawatnya memiliki volume bunyi yang nyaring apalagi sambil mengeluarkan bunyi isiannya dengan volume yang keras. Dari beberapa sumber burung pleci yang tidak mengeluarkan bunyi yang keras ketika ngalas bisa di sebabkan karena kurangnya perawatan dan asupan gizi yang tidak terpenuhi, pakan dan perawatan memang menjadi faktor utama dalam menyebabkan burung pleci bersuara lantang.

Cara mendongkrak volume burung pleci

Untuk menyebabkan burung pleci sahabat bersuara lantang sahabat dapat menyimak beberapa ulasan berikut ini:

1. Penjemuran

Menjemur burung secara rutin sangat penting dilakukan, termasuk untuk burung pleci. Penjemuran sebaiknya dilakukan pagi hari, ketika matahari bergerak terbit dan pada sore hari ketika matahari mulai terbenam. Sebaiknya burung pleci sahabat dijemur secara berdekatan untuk merangsang mereka saling bersaut-sautan. Selain itu, biar burung pleci termakan mengeluarkan bunyi kicauannya secara maksimal. Setelah penjemuran selesai, burung pleci sahabat bisa digantang di daerah teduh secara berjauhan. Hal ini dilakukan biar burung lebih sering mengeluarkan bunyi panggilannya secara lantang, sehingga bisa membuat salah satu beberapa burung pleci terpancing untuk bersuara ngalas.

2. Melatih Fisik

Pada umumnya yang bisa berkicau maksimal yaitu burung yang sangat aktif dan berada dalam kondisi prima. Jika burung ditempatkan dalam sangkar harian, maka sangkar sebaiknya diberi dua tenggeran dengan jarak berjauhan. Hal ini bisa membuat burung pleci menjadi lebih aktif dan banyak bergerak. Jika burung pleci makin aktif, maka makin banyak lemak badan yang terbakar, sehingga burung akan memiliki postur yang ramping dan nafas panjang. Hal itu menjadi salah satu pendukung sehingga pleci punya bunyi kicauan cukup lantang.

Namun perlu diperhatikan, tenggeran sebaiknya berjumlah maksimal dua tenggeran saja. Jika terlalu banyak justru akan membuat pleci jarang menggunakan otot sayapnya untuk bergerak, tetapi lebih cenderung menggunakan kaki-kakinya untuk bergerak dan melompat. Untuk melatih fisiknya bisa juga dengan menggunakan sangkar yang besar atau sangkar umbaran biar pleci bisa terbang dengan menggunakan otot sayapnya dan juga melatih pernafasannya biar ngalas dan ngerol panjang.

3. Pengaturan Pakan

Pakan untuk burung pleci harus mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap. Pleci yang hanya diberi voer standar cenderung tak akan tampil bagus, karna minimnya bantuan nutrisi. Berbeda kalau burung diberi pakan yang mengandung nutrisi lengkap, baik dari voer dan pakan perhiasan extrafooding.

4. Pemasteran

Bagian terpenting dalam mendongkrak bunyi kicauan pleci yaitu pemasteran menggunakan suara-suara masteran yang sesuai. Pemasteran bisa menggunakan bunyi tembakan dari burung bersuara kencang ibarat ciblek, jalak suren, dan sebagainya. Untuk merangsang pleci bakalan cepat berbunyi kencang, bisa dilakukan terapi dengan bunyi pleci betina atau bisa dengan mempunyai pleci betina dengan syarat jangan saling melihat ketika di gantang.

Nah, itulah beberapa Cara Mendongkrak Volume Burung Pleci, semoga tips diatas membantu sahabat dan bermanfaat bagi burung plecinya. Sekian dan terimaksih telah membaca dan menyimak ulasan kami.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendongkrak Volume Burung Pleci"

Posting Komentar