Pleci Timor, pleci timur atau disebut opior paruh tebal dari flores dan cara perawatannya

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Pleci Timor, pleci timur atau disebut opior paruh tebal dari flores dan cara perawatannya -Akhir-akhir ini banyak ditemukan jenis burung pleci terbaru di pasar burung depok Solo. Pleci tersebut dinamai pleci timor atau orang solo sebagian besar menyebutnya dengan pleci timur. pleci ini juga sama menyerupai pleci biasa dalam hal makanannya ialah buah-buahan dan serangga kecil.

Pada dikala aku berkunjung ke pasar burung depok makanan kesehariannya yang disediakan oleh pedagang ialah buah pisang kepok dan ulat kandang. Namun untuk urusan body burung ini lebih besar daripada burung pleci biasanya dengan ukuran 13,5 cm dan memiliki warna bulu yang berbeda pula.
opior ntt
kutilang.or.id
Body burung pleci timur seukuran dengan pleci veron atau opior jawa dan memiliki warna putih pada bab dada, punggung berwarna coklat dan ada bintik-bintik coklat pada dahinya, tempat lingkar mata berwarna hitam. Saat aku menanyakan pada si penjual burung ini didatangkan dari kepulauan Nusa Tenggara dan tempat sekitarnya.

Kicauan burung ini juga terdengar sangat merdu tidak kalah dengan burung pleci pada umumnya. Saat aku mendengarkan salah satu burung punya penjual yang sudah jadi bunyi burung ini hampir menyerupai bunyi burung kacer sekoci/poci dan juga bunyi burung lain yang bervariasi.

Di kota Solo sendiri burung ini termasuk burung gres alasannya dikala aku bertanya pada salah satu pembeli, beliau menjawab bahwa belum tau ini termasuk burung apa dan dari spesies apa. Kebanyakan para pembeli tertarik alasannya penasaran dengan burung pleci timor ini. Namun dibalik itu bunyi merdunya sangat cocok untuk dijadikan salah satu koleksi dirumah anda. harga burung ini sekitar 80.000-100.000. Burung ini juga masih jarang ditemukan di kios-kios para penjual dipasar burung depok.

Di kutip dari Kutilang.or.id sejatinya burung ini berjulukan opior paruh tebal dari kepulauan flores berjulukan latin Thick-billed White-eye Heleia crassirostris. Habitat burung ini jarang sekali dijumpai di hutan primer berair dan hutan semi luruh daun, juga ditepi hutan rusak dan hutan kering. Biasa hidup pada ketinggian antara 100-1800 mdpl. status habitat burung ini di IUCN masih resiko rendah.
opior timur
kicaumania.or.id
Perawatan harian

Perawatan burung ini tergolong mudah sama dengan perawatan burung pleci lainnya:

  • jam 05.00 keluarkan burung dan embunkan
  • jam 06.00 jemur dan ganti pakan minuman
  • jam 07.00 mandikan
  • jam 09.00 angin-anginkan dan taruh pada tempat yang sejuk dan tinggi.
  • jam 10.00 masukan rumah dan kerodong selankjutnya dimasteri.
  • jam 15.00 keluarkan gantang di teras
  • jam 18.00 masukkan rumah dan dikerodong kembali.

Cara mengajari makan voer

Jadikan satu sangkar dengan pleci dirumah yang sudah makan voer keluarkan pisang dan yang lainnya jadi didalam sangkar hanya ada voer dan air minum. awas dikala mengajari makan voer harus dipantau setiap saat. usahakan dikala sebelum menimbulkan satu dengan pleci kita pleci timor dalam keadaan lapar.

Rahasia biar cepat bunyi
  1. Perhatikan makanan burung sediakan pisang, UH/UK pada cepuk, dan minuman diganti setiap hari.
  2. Embunkan setiap hari pada jam 05.00 pagi ditempat yang tinggi jikalau mampu gantang di pohon biar burung merasa berada di alam liar. 
  3. Saat pemasteran selingi dengan bunyi gemricik air biar merangsang burung untuk cepat bunyi dan tidak stress. 
  4. Kesabaran dan konsisten dalam merawat, ini merupakan kunci keberhasilan dalam merawat pleci timor.

Demikianlah informasi mengenai Pleci Timor, pleci timur atau disebut opior paruh tebal dari flores dan cara perawatannya, semoga bermanfaat bagi anda.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pleci Timor, pleci timur atau disebut opior paruh tebal dari flores dan cara perawatannya"

Posting Komentar