Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise - Tanpa action ide bisnis akan mati. Memang. Akan tetapi bukan berarti grusa – grusu juga dalam action bisnisnya. Karena apapun bisnisnya tentu diperlukan telaah dan pertimbangan – pertimbangan dalam memulainya. Termasuk hal yang sama juga diperlukan dalam menjalankan bisnis franchise.

Sekarang ini, banyak pilihan bisnis franchise yang ada di Indonesia. Misalnya saja Franchise mini market, rumah makan / resto, cafe, bisang pendidikan seperti kursus dan bimbingan, bisnis percetakan, salon kecantikan, apotik, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin sukses dalam menjalankan bisnis franchise, ada beberapa aspek penting yang Anda perlu perhatikan dan disini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda apa saja aspek penting untuk Anda perhatikan sebelum memulai / memilih bisnis franchise. Yuk simak!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise 

Sebelum benar – benar bergabung dan memilih sebuah bisnis franchise yang dapat Anda jalankan, beberapa hal yang Anda perlu jadikan pertanyaan pada diri Anda sendiri dan perlu Anda perhatikan diantaranya :

Bersedia untuk menyerahkan kebebasan usaha?

Franchise ini adalah model bisnis yang menggunakan brand yang telah terkenal dengan pola bisnis yang sudah diatur oleh pihak franchisor. Karena itu mereka yang tergabung dibawah franchisor harus menerapkan konsep yang telah diusung. Nah, bagi Anda yang memang akan menjalankan bisnis ini apakah Anda bersedia didalam menyerahkan kebebasan usaha Anda? Jika Anda tidak bisa menyerahkan kebebasan usaha Anda maka bisnis franchise kurang cocok Anda jalankan dan lebih baik Anda menggali ide untuk bisnis mandiri.

Baca juga : Mengapa Bisnis Franchise Dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Mampukah Anda menciptakan support system yang kuat?

Kalau Anda akan menjalankan bisnis franchise utamanya jika Anda ingin sebagai pelaku bisnis franchise atau penggagas dalam artian sebagai franchisor, Anda perlu tanyakan kepada diri Anda “Apakah Anda mampu menciptakan support system yang kuat?” Karena memang sistem adalah penentu keberhasilan Anda sebagai seorang franchisor.

Apakah bisnis Anda matang untuk menjadi franchise?

Jika memang Anda punya konsep yang matang maka mungkin Anda bisa menjadikan bisnis Anda sebagai bisnis franchise. Karena itu Anda perlu memikirkan aspek ini, dalam hal ini, beberapa pertimbangan pembeli franchise antara lain:
  • Sistem Fee royaltinya. Untuk bisnis franchise yang datang dari luar negeri, pasti Fee royaltinya akan lebih mahal, mengingat kekeuatan merk yang mereka miliki. Namun, hal itu sebanding dengan reputasi dan komitment serta sistem mereka yang telah teruji sehingga bisa melakukan ekpansi binsisnya antar negara. Namun, harus hati-hati jika ada kenaikan free royalti untuk tahun-tahun mendatang. Kadangkala, pemilik franchise menaikkan free royalti secara sepihak. Misalnya, jika pada mitranya (pembeli franchise) rata-rata garainya berhasil alias maju, maka tidak menutup kemungkinan si pemilik franchise akan menaikkan fee royalti untuk tahun berikutnya. 
  • Tempat Usaha. hal ini perlu di kaji secara mendalam dan detail, bagaimana posisi strategis tempat usaha tersebut. Siapa target pasar di sekitar itu, traffic serta akses ke tempat usaha. Lingkungan sekitar sosiologi masyarakat harus di perhatikan. Selain itu, tempat usaha tersebut apakah bisa sewa saja atau memang harus dimiliki. hal ini juga akan mempengaruhi keberhasilan usaha franchise tersebut untuk tahun-tahun mendatang, apakah untung atau mengalami kerugian. Yang agak riskan biasnaya pada bisnis restoran atau cafe.
  • Modal usaha franchise. Hal ini penting, ushaakan memakai modal sendiri (bukan pinjaman), dan hal ini menunjukkan keseriusan franchisee dimata principal dalam keseriusannya memulai usaha franchise.
  • Arus kas ushaa franchise. Nah ini yang paling penting, omzet usaha & keuntungan. Arus kas keuangan harus di perhatikan dengan seksama, omzet penting, namun yang lebih penting apakah bisnis franchise itu memberi keuntungan atau tidak.
Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk Anda tentang Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise bermanfaat. Semoga menjadi inspirasi bisnis Anda.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise"

Posting Komentar