Cara Budidaya Cabe Berbasis Organik Dalam Polibag

Cara Budidaya Cabe Berbasis Organik Dalam Polibag - Jangan khawatir jika anda memiliki lahan yang sempit, untuk menanam cabe di lahan yang sempit juga mudah. Apalagi berbasis pertanian yang organik, di masa mendatang kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi sumber makanan yang sehat dan bergizi semakin meningkat dan hasil pertanian organik juga lebih bermutu di banding dengan budidaya yang menggunakan bahan kimia, maka budidaya cabe organik lebih baik dan menguntungkan. Jika anda ingin membudidayakan cabe berbasis organik di rumah anda, simak selanjutnya di bawah ini.



Cara budidaya cabe berbasis organik:

Pembibitan

Pilihlah benih yang sudah berkecambah atau bisa juga bibit cabe yang berumur 10- 14 hari. Dan tanamkan bibit pada polibag yang dalamnya sudah beris campuran tanah, bambu dan kompos. Tanam dengan hati- hati agar bibit tidak rusak, dan tekan tanah di sekeliling bibit agar bibit dapat tegak dan tidak mudah roboh.

Penanaman

Bibit cabe yang berumur 21 hari sudah siap di tanam di polibag atau pot. Sebelum memindahkan bibit pada proses penanaman, sebaiknya anda siapkan media tanam yaitu polibag berukuran 35x35 cm yang telah di isi dengan campuran tanah, pupuk kompos, arang sekam dengan komposisi 2:1:1. Ppindahkan bibit dengan hati- hati buka plastik dari media bibit agar tanah yang menggumpal pada akar tidak lepas. Seperti biasa tekan tanah di sekeliling smapai padat agar bibit cabe dapat berdiri tegak. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman adalah sore hari untuk mengurangi penguapan.

Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan pada bibit cabe berbasis organik dapat anda lakukan yang pertama adalah penyiraman, apabila di musim kemarau penyiraman di lakukan setiap hari sampai berumur 2 minggu, setelah itu hanya cukup di lakukan 2- 3 kali seminggu atau sesuaikan dengan kelembapan tanah. Yang kedua anda harus melakukan pemupukan setelah bibit berusia 1- 2 minggu dengan cara semprot dengan pupuk cair. Yang ketiga adalah pengendalian hama, anda harus lebih memeperhatikan akan serangan hama atau penyakit pada tanaman cabe berbasis organik ini.

Nah, itulah cara budidaya cabe berbasis organik dalam polibag, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Budidaya Cabe Berbasis Organik Dalam Polibag