Gejala Umum Penyakit Diabetes

Gejala Umum Penyakit Diabetes
Kita sering tidak dapat mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Tanpa disadari, sebagian besar makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung kadar gula yang tinggi sehingga membuat kita sangat rentan terkena penyakit diabetes, apalagi jika organ pankreas penghasil hormon insulin yang tubuh kita miliki sudah tidak berfungsi dengan baik.

Resiko diabetes selalu ada di sekitar kita, posting ini sebagai pengetahuan kita agar waspada terhadap penyakit diabetes yang ternyata menurut Badan Kesehatan Dunia merupakan penyakit pembunuh ketiga setelah penyakit jantung dan kanker.

Baca juga: Penanganan Pada Penderita Diabetes

Diabetes Mellitus (DM) yang banyak orang menyebutnya dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula darah merupakan golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan atau tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah sebagai akibat terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Pola makan yang kurang sehat bisa juga mengakibatkan penyakit Diabetes. Terganggunya produksi hormon insulin dalam tubuh ini membuat tubuh kita tidak mampu mengubah makanan menjadi energi.

Diabetes bisa semakin parah jika si penderita telah mengalami komplikasi seperti serangan jantung, kebutaan dan gagal ginjal.

Seseorang diketahui menderita Diabetes Mellitus jika terjadi peningkatan kadar gula dalam darah yaitu mencapai nilai 160-180 mg/dL.

Hal ini juga dapat diketahui dari urine (air seni) seseorang yang mengandung gula (glucose), sehingga urine sering dirubung semut.

Berikut ini adalah gejala-gejala umum yang tampak pada penderita Diabetes Mellitus, meskipun tidak semua dialami oleh penderita:
  • Lapar berlebihan atau nafsu makan yang besar dan cepat merasa haus/dahaga.
  • Frekuensi urine meningkat ditandai dengan kencing terus dan jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak.
  • Kehilangan berat badan yang tidak jelas penyebabnya.
  • Sering merasa kesemutan atau mati rasa pada ujung syaraf di telapak tangan dan kaki.
  • Mudah lelah dan lemah setiap waktu serta selalu merasakan kantuk yang amat sangat.
  • Penglihatan secara tiba-tiba menjadi rabun.
  • Apabila luka atau tergores, penyembuhannya sangat lambat serta mudah terkena infeksi.

Pada orang normal, kadar gula dalam darahnya berkisar antara 70-150 mg/dL (milligram per deciliter) atau 4-8 mmol/l (millimoles per liter).

Namun, kadar gula dalam darah seseorang tentu saja mengalami peningkatan di waktu setelah makan dan mengalami penurunan pada waktu bangun tidur atau biasanya di pagi hari.

Alat tes gula darah dapat kita beli di apotek, ada banyak macamnya seperti Accu-Chek, BCJ Group, Accurate atau OneTouch UltraEasy Machine. Bagi penderita Diabetes, jika mampu sebaiknya membeli alat tersebut.

Dengan mengetahui gejala-gejala Diabetes, diharapkan kita bisa melakukan penanganan sejak dini penyakit Diabetes sebelum terjadi komplikasi dan semakin parah.

***

Sumber/gambar:
http://aditya-jepe.blogspot.com/2013/12/sumber-sumber-posting-blogadit.html


Related Posts

Gejala Umum Penyakit Diabetes
4/ 5
Oleh