Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada Kaki

Jamur pada kaki merupakan masalah yang sering kita jumpai di tengah masyarakat. Penyakit ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada jaringan mati di kulit luar, kuku dan rambut di kaki. Kolam renang atau tempat pemandian yang kotor, biasanya menjadi sumber penyebaran penyakit ini.

Bagian tubuh yang diserang ialah telapak kaki, sela-sela jari atau permukaan kulit lainnya pada kaki. Jamur akan tumbuh subur karena kebiasaan kita yang sering mengenakan sepatu ketat dan didukung iklim yang panas dan lembab.

Gejala yang tampak biasanya kulit pecah-pecah, melepuh, kemerahan, gatal-gatal, iritasi, luka dan rasa terbakar, kemudian menjadi putih lunak dan akhirnya kulit mengelupas. Menimbulkan bau yang khas dan tidak nyaman.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan

Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada KakiBuruknya sanitasi dan kebersihan diri yang tidak terjaga sering membuat penyakit ini sulit sembuh dan mudah kambuh.

Oleh sebab itu, faktor kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal serta pola hidup sehat sangatlah diperlukan dalam mengobati penyakit jamur kulit, termasuk jamur kulit di kaki (rangen).


Cara mengobati jamur pada kulit kaki:

- Hindari menggunakan sepatu terlalu ketat agar kulit di kaki mempunyai kesempatan untuk bernafas. Sebaiknya gunakan sandal atau sepatu yang terbuka.

- Biasakan mengganti kaos kaki setiap hari dan usahakan membersihkannya dengan direndam air panas sebelum dicuci. Setelah dicuci, usahakan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

- Hindari tempat-tempat umum seperti toilet, tempat pemandian dan kolam renang yang kurang terjaga kebersihannya. Bisa jadi malah Anda yang menularkan jamur tersebut pada orang lain.

- Biasakan membersihkan kaki dengan sabun antiseptik atau bisa juga dengan sabun sulfur yang baik untuk kulit.

- Usahakan agar kulit kaki selalu kering, ini sangat penting dalam mencegah jamur tidak tumbuh dan menyebar. Terutama setiap kali habis memakai sepatu atau kaos kaki.

- Larutan Hidrogen peroksida bisa membunuh jamur yang sudah tumbuh subur di jaringan mati pada kulit kaki. Jika kulit Anda sensitif pada hidrogen peroksida, larutkan lebih encer lagi.


Selain obat-obatan kimia, jamur pada kaki bisa diobati menggunakan berbagai obat-obatan alami yang bisa ditemukan dengan mudah seperti Minyak kelapa, Tea tree oil (minyak pohon teh), Cuka apel, Air garam, dan air Teh.

Konsultasikan dengan dokter kulit jika jamur tak kunjung sembuh, mungkin Anda terlambat menangani sehingga telah terjadi infeksi sekunder.


Sumber/gambar: Google.co.id


Related Posts

Hati-hati Jamur Yang Membandel Pada Kaki
4/ 5
Oleh