Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Merawat Sepeda Motor Saat Musim HujanDatangnya musim hujan menjadi salah satu hambatan dalam berkendara, terutama para pengendara sepeda motor. Jalan yang basah, licin, serta banyak lubang tergenang air akan sangat menyulitkan dan seringkali mengakibatkan kecelakaan.

Belum lagi jika terjadi banjir tentu akan membuat sepeda motor tidak beroperasi seperti biasanya, misalnya mogok, mudah berkarat dan masalah-masalah lainnya.

Memang ada baiknya jika cuaca sedang hujan kita berdiam diri dirumah dan tidak keluar mengendarai sepeda motor, karena berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan. Disamping itu, juga akan mengurangi umur ekonomis sepeda motor kita.

Baca juga: BMW M4 Convertible Akan Dikenalkan Pada New York Auto Show 2014

Namun, bagaimana jika kita memang terpaksa harus berkendara karena pekerjaan atau ada urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan?  Nah, mari kita simak tips menarik berikut ini:

  1. Saat terjadi hujan sangat deras bahkan hingga menimbulkan banjir yang sangat tinggi, disarankan untuk memilih jalan lainnya atau berhenti sejenak sampai hujan mulai reda dan banjir mulai surut. Jangan berpikir untuk melewati genangan air atau banjir karena dapat merusak sistem kelistrikan sepeda motor sehingga mengakibatkan mesin mati atau mogok.
  2. Untuk melindungi busi dari air yang dapat mengakibatkan sepeda motor susah dihidupkan, sebaiknya kita memberi sealent pada chop atau tutup busi.
  3. Jangan terlalu kencang saat melintasi daerah banjir karena sangat berbahaya. Kondisikan laju sepeda motor, gunakan bantuan rem untuk menyelaraskan keseimbangan dan kecepatan laju kendaraan.
  4. Air hujan mengandung asam yang dapat mengakibatkan karat pada besi dan warna bodi motor kita menjadi pudar. Cucilah sepeda motor kita dengan air bersih setelah berkendara, jangan lupa membersihkan bagian rem, karena hujan membuat rem kotor dan menjadi tidak berfungsi maksimal.
  5. Berikan pelumas pada gear dan rantai sepeda motor secara teratur, paling tidak seminggu sekali, agar rantai terlindungi dari karat dan menjaganya tetap dinamis sehingga rantai sepeda motor kita bisa lebih awet.


Demikian sedikit tips yang bisa kita lakukan dalam menjaga umur ekonomis sepeda motor di saat banjir dan musim hujan tiba.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa piranti kelistrikan sepeda motor agar tetap prima, serta memeriksa perangkat-perangkat lain yang rawan rusak dimusim penghujan. Semoga bermanfaat.


sumber | gambar:
http://suzukithundertangerang.blogspot.com/
http://www.semisena.com/72/tips-mengendarai-motor-saat-banjir-dan-hujan.html


Related Posts

Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan
4/ 5
Oleh