Tips Bagi Karyawan Agar Disukai Atasan

Disukai oleh atasan merupakan salah satu faktor kesuksesan anda dalam berkarir pada pekerjaan. Mengapa demikian? Atasan atau bos kita juga manusia, ada kalanya juga dia mempunyai pemikiran subjektif tentang kita.

Walaupun mungkin di kantor prestasi kerja kita biasa-biasa saja, namun jika atasan menganggap kita orang yang menyenangkan untuk diajak bekerja sama dalam kepemimpinannya serta loyal dan patuh padanya, besar kemungkinan untuk kita bisa terus langgeng bekerja dalam timnya.

Disukai atasan bukan berarti mejadikan diri kita sebagai seorang penjilat dan sok cari muka di hadapan atasan, tetapi bagaimana memposisikan diri kita dan menunjukkan pada loyalitas kita pada bos.

Baca juga: Buat Bos Terkesan Dengan Cara yang Tak Biasa

Saya yakin bahwa bos kita pun bukanlah orang bodoh yang bisa termakan oleh muslihat seorang penjilat.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan jika kita ingin disukai oleh atasan, yukz kita simak bersama tipsnya, semoga bisa memberi sedikit pengetahuan bagaimana cara bersikap dan memposisikan diri sebagai bawahan.


1. Segera Laksanakan Perintah Atasan

Lakukan apapun yang diminta oleh atasan anda, selama hal tersebut tidak bertentangan dengan hukum, peraturan perusahaan, dan hati nurani kita. Langsung lakukan apa yang diperintah sesegera mungkin, jangan menunda-nunda.

Pending dulu sementara apapun yang sedang kita kerjakan. Karena apabila Boss sudah meminta kita mengerjakan sesuatu, itu bukanlah lagi sekedar ‘important’ tapi ‘urgent’.

Biasakan untuk mengupdate setiap progress yang kita buat. Bukan hanya tentang keberhasilan sebuah pekerjaan tapi juga ketika kita gagal, siapa tahu atasan bisa membantu kita.

Jangan membuat atasan jadi kepikiran tentang pekerjaan kita, usahakan untuk selalu menyampaikan sudah sampai sejauh mana prosesnya berjalan. Tanyakan jika ada instruksi yang meragukan atau di luar pemahaman.

Menyebalkan jika ada anggota tim yang saat briefing tidak bertanya tapi pada saat mengerjakannya malah salah, sungguh hanya buang waktu dan tenaga saja.


2. Bina Keakraban Sesama Rekan Kerja

Perbedaan pendapat itu sah-sah saja, apalagi sesama anggota tim itu merupakan hal yang biasa. Tapi beri batasan pada area professional saja. Dilarang meng-gosip dan menjelekkan rekan kerja. Atasan kita tidak akan suka dengan anggota tim yang menjelekkan anggota timnya yang lain.

Bina keakraban dengan rekan kerja, terutama rekan kerja dalam satu tim. Keakraban sesama anggota tim sangatlah disukai atasan karena semakin besar kemungkinan kinerja tim akan meningkat. Salah satu hal lain yang tidak disukai di kantor adalah mengambil ‘credit’ atas kinerja orang lain.

Biarkan orang lain bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, kecuali kalau memang orang tersebut meminta bantuan pada kita.


3. Tunjukan Kemampuan Anda

Proaktif dalam memberikan ide, sebagai bentuk kontribusi untuk perusahaan tempat kita bekerja. Ide ini tidak hanya terbatas pada area jobdesk kita, boleh juga kita memberi masukan untuk area di luar jobdesk.

Hanya saja kita harus sudah bagus dulu di area jobdesk kita baru silahkan kasih ide untuk yang lain. Karena nantinya kita hanya akan dianggap mencampuri pekerjaan orang lain sementara kita sendiri masih kurang becus dalam pekerjaan kita.

Jangan sampai karena ingin disukai atasan, kita jadi terlihat cari muka atau seperti penjilat. Lambat laun, boss akan tahu mana yang hanya bisa menjilat dan mana yang benar-benar bisa bekerja.

‘Just Perform’ dan berusaha semaksimal mungkin untuk benar-benar mengerti dan menjadi master dalam pekerjaan serta tanggung jawab yang kita miliki.

***

Itulah beberapa tips bagi anda karyawan yang ingin disukai oleh atasannya di kantor. Artikel ini hanyalah sekedar sharing, tidak mutlak berlaku pada situasi dan kondisi yang berbeda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Sumber/gambar:
http://www.youngontop.com/
http://kask.us/hqLlZ


Related Posts

Tips Bagi Karyawan Agar Disukai Atasan
4/ 5
Oleh

2 komentar

7 Januari 2014 19.45 delete

Makasih tipsnya Mas, tapi benar sih kalau kerja agar disukai atasan kesannya jadi penjilat

Reply
avatar
23 Mei 2015 10.01 delete

Mending biasa2 aja deh, transparan tanpa embel2 biar hasilnya juga puas hehe

Reply
avatar