Begini Nih Cara Pasang Keramik Yang Benar

Begini Nih Cara Pasang Keramik Yang Benar
Pengerjaan dalam pemasangan keramik rumah memang nampaknya mudah, namun untuk memperoleh hasil yang rapih dan bagus tidaklah semudah seperti kelihatannya. Diperlukan cara atau teknik pemasangan keramik yang benar.

Pada posting kami kali ini akan coba mengulas sedikit tentang cara memasang keramik yang benar, mari ikuti tips-tips berikut ini:

Langkah Pertama

Sebelum melakukan pemasangan keramik, rendamlah keramik di dalam air. Hal ini sangat berguna karena akan membuat keramik menjadi lebih mudah menempel dan lebih elastis ketika dipasang nanti.

Perhatikan juga kualitas keramik yang akan dipasang. Akan sulit memasang secara presisi apabila keramik yang digunakan berkualitas rendah.

Baca juga: Solusi Menghemat Biaya Konstruksi Kamar Mandi

Untuk itu, bila keramik berkualitas rendah sebaiknya nat keramik dipasang longgar dengan selisih 0.2 - 0.5 milimeter agar masing-masing tidak saling bertubrukan.

Oleskan keramik dengan air semen. Bilaskan semen yang sudah dicampur air sedikit ke bawah keramik. Olesan air semen ini akan membuat daya rekat keramik ke adukan benar-benar kuat.


Langkah Kedua

Bersihkan dasar lantai dari kerikil, batu, atau ganjalan lain yang akan membuat rongga di bawah keramik.

Padatkan hingga rata. Keramik yang baru dipasang ketuk-ketuklah hingga benar-benar rata dan pastikan tidak ada bagian dasar berongga atau kopong karena hal tersebut akan membuat keramik lepas di kemudian hari.

Periksa ketinggiannya apakah sudah sama rata dengan benang yang ditarik untuk menentukan ketinggian lantai.

Pasang Nat keramik belakangan. Jangan pasang nat atau semen oker pada sisi keramik saat itu juga. Biarkan selama dua atau tiga hari agar sisa udara yang mengendap keluar melalui nat yang belum ditutup tersebut.

Jangan lupa nanti pada saat diberi semen nat, bersihkan terlebih dahulu bagian nat yang masih kosong dari kotoran yang mengendap.


Langkah Terakhir

Amankan dari lalu-lalang orang. Areal keramik yang baru dipasang jangan diinjak-injak paling tidak tunggu selama 2-3 hari agar tidak amblas karena adukan di bawahnya yang belum kuat untuk dibebani.

Periksa Kembali. Biasanya, dalam sebuah areal pemasangan 3x3 meter terdapat 3-5 keramik yang kopong. Untuk itu segera bongkar pada area yang kopong tersebut dan ulangi pemasangannya kembali.

***

Itulah cara pasang keramik yang dapat Anda pelajari dan praktikan sendiri. Atau sebaiknya gunakanlah jasa tukang profesional apabila Anda adalah orang yang sibuk dan tidak mau dipusingkan dalam urusan pasang keramik. Sampai ketemu lagi pada posting selanjutnya.

sumber
http://bangunrenovasirumah.com/cara-teknik-pasang-keramik


Related Posts

Begini Nih Cara Pasang Keramik Yang Benar
4/ 5
Oleh