Tips Aman Mengemudi Jarak Jauh

Jauhnya jarak yang harus ditempuh oleh pengemudi bisa menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan pengemudi akan menjadi kelelahan, mengantuk, dan stres akibat macet yang membuat pengendara kehilangan konsentrasi selama mengemudi.

Untuk mengatasi hal itu, kami akan berbagi beberapa tips dari Garda Oto agar konsentrasi mengemudi tidak buyar selama dalam perjalanan. Mari kita simak bersama-sama!

Simak juga: Empat Transportasi Publik Favorit di Jakarta

1. Tidur Yang Cukup Sebelum Perjalanan

Sebelum berangkat, seorang pengemudi setidaknya butuh tujuh jam tidur yang berkualitas agar pada saat mengemudi tidak mengalami rasa kantuk dan membuat konsentrasi hilang dalam sekejap.


2. Beristirahat Setiap Dua Jam

Jangan menyetir lebih dari dua jam. Sebaiknya berhenti dan beristirahatlah di tempat aman setiap dua atau paling lama tiga jam sekali. Karena berkonsentrasi terlalu lama pada kondisi monoton akan membuat syaraf jadi lelah.


3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat yang terlalu banyak Anda konsumsi akan menyebabkan rasa kantuk. Sebaiknya gantilah makanan yang mengandung karbohidrat dengan buah-buahan karena vitamin yang terkandung di dalamnya dapat menyegarkan badan.


4. Minum Kopi dan Tidur 15 Menit

Menurut suatu riset di Inggris, kombinasi dari meminum kopi lalu tidur sekitar 15 menit mampu mengurangi kantuk, memperbaiki kemampuan, kewaspadaan dan konsentrasi.

Cara ini diyakini manjur karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sedangkan kafein memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk dapat mempengaruhi secara psikologis. Efeknya bagai sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.


5. Olahraga Ringan

Jika dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan dan kantuk, menepilah di tempat aman dan lakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini berfungsi melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk di dalam mobil.

***

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda agar tetap berkonsentrasi selama perjalanan jauh. Tips ini juga dapat berguna ketika Anda hendak mudik ke kampung halaman bersama keluarga. Ingatlah, tetap utamakan keselamatan!

Sumber:
http://m.antaranews.com/berita/445460/kiat-maksimalkan-konsentrasi-mengemudi-ala-garda-oto


Related Posts

Tips Aman Mengemudi Jarak Jauh
4/ 5
Oleh

1 komentar:

4 April 2015 12.16 delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar