Abu Vulkanik Sebagai Pengganti Pupuk

Abu Vulkanik Sebagai Pengganti Pupuk
Abu vulkanik ternyata memiliki potensi untuk digunakan sebagai campuran media tanam pengganti pupuk komersial.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Peneliti Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada yang baru-baru ini mengembangkan melon unggul Tacapa yang ditanam menggunakan media tanam campuran abu vulkanik sisa erupsi Gunung Kelud.

Menurut Budi Setiadi Daryono yang merupakan Koordinator Tim Peneliti, melon yang ditanam pada lahan dengan media tanam campuran abu vulkanik mempunyai karakteristik hampir sama, baik segi ukuran, bentuk, berat buah maupun rasanya.

Baca juga: Berbagai Manfaat Tanaman Krisan

Dirinya mengemukakan, pemanfaatan abu vulkanik sebagai media tanam diharapkan mampu memberikan pemahaman publik bahwa tidak selamanya kita harus bersikap takut terhadap bencana, tapi sudah saatnya mulai mencoba 'berkawan' dengan bencana.

Purnomo yang juga merupakan anggota tim peneliti menambahkan, capaian yang sudah diperoleh pada pengembangan melon unggul kultivar Tacapa ini di antaranya ialah dapat dibudidayakan pada menggunakan media tanam abu vulkanik dan tahan terhadap jamur tepung.

Selain itu, dalam upaya konversi lahan, tanaman buah ini potensial untuk dikembangkan di lahan kritis karst.

Menurutnya, harapan untuk capaian selanjutnya antara lain benih-benih melon yang memiliki karakter agronomis dan morfologis yang unggul, seragam, dan stabil tersebut dapat disertifikasi dan diproduksi sebagai benih melon komersial unggulan nasional.

Sumber:
http://m.antaranews.com/berita/445923/ugm-kembangkan-melon-unggul-bermedia-abu-vulkanik


Related Posts

Abu Vulkanik Sebagai Pengganti Pupuk
4/ 5
Oleh