Pemahaman-pemahaman Tentang Stress Yang Salah

Pemahaman-pemahaman Tentang Stress Yang Salah
STRESS... Mitos ini selalu menghantui hidup kita dan kita tidak tahu pula cara mengatasinya. Namun, banyak juga dari kita yang meyakini mitos stress yang salah sehingga selalu berpikir dengan salah serta menghadapi stress dengan cara yang salah pula.


1. Stress Itu Buruk

Kenyataannya ialah, tidak selamanya stress itu memberi efek yang negatif. Jika kita mampu mengatasi tekanan dalam hidup kita dengan cara yang benar dan efisien, maka kita akan dapat lebih mengenal diri sendiri dan lebih cepat menjadi manusia yang dewasa.

Baca juga: Sembilan Langkah Membuat Aktivitas Kerja Anda Lebih Sehat dan Bersemangat

Jadi, kita tidak akan takut lagi menghadapi sebesar apapun stress yang ada di masa yang akan datang.


2. Tak Ada Gejala Berarti Tidak Stress?

Stress akan membuat tenaga dan pikiran kita terkuras. Situasi tersebut mengakibatkan kita mudah lelah, pusing, dan sering lupa. Mungkin tidak ada gejala yang terlihat pada stress tingkat ringan, namun lambat laun yang ringan tersebut akan menjadi berat bila tak ada upaya untuk mengatasinya.

Curhatlah, dan ceritakan masalah Anda dengan keluarga atau teman terdekat jika Anda khawatir dengan permasalahan yang dihadapi.


3. Semua Orang Sama Stressnya

Ini adalah statement yang sangat salah. Masing-masing orang memiliki masalahnya sendiri dan hal ini yang membuat perbedaan tingkat stress setiap orang.

Permasalahan yang berbeda dengan situasi dan kondisi yang tidak sama. Kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab stress yang kita alami untuk dapat mengontrolnya.


4. Stress Ada Di Mana Saja

Meski banyak hal yang dapat membuat kita stress, namun bukan berarti stress itu bisa berada di mana saja. Cobalah untuk pergi ke suatu tempat di mana Anda tak perlu memikirkan tekanan-tekanan yang sedang dihadapi. Rilekskan pikiran dan kerjakan hal yang telah Anda buat dalam daftar pribadi Anda.


5. Dengarkan Solusi Mayoritas Stress

Hal ini sebaiknya jangan Anda lakukan, karena bisa berbahaya bagi Anda. Mengapa demikian? Sebab kita dipaksa melakukan "sesuatu" yang dianggap orang-orang itu benar yang belum tentu sesuai untuk solusi stress kita.

Cara yang paling bijak adalah dengan mengikuti kata hati untuk menghilangkan stress yang Anda alami.


6. Pengobatan Hanya Untuk Mereka Yang Mengalami Stress Akut

Sebesar apapun tingkat stress Anda, segeralah diatasi karena jika itu dibiarkan terus maka akan lama-kelamaan akan menjadi stress jangka panjang atau yang biasa disebut dengan Stress tingkat Akut.

Kuncinya ialah kita harus bisa menyusun waktu kita dengan baik mulai dari sekarang dan carilah keluarga atau teman dekat yang bisa kita jadikan tempat untuk curhat atau bertukar pikir.

Semoga posting kami kali ini bermanfaat dan selamat menikmati hari-hari Anda bersama keluarga.

Sumber:
http://www.id.woltbit.com/inspirasi/6-mitos-stress


Related Posts

Pemahaman-pemahaman Tentang Stress Yang Salah
4/ 5
Oleh