5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja
Kurangnya waktu tidur di malam hari seringkali membuat kita para pekerja menjadi kurang semangat dan juga mengantuk saat melakukan aktivitas rutin di kantor.

Belum lagi ditambah dengan suasana kantor yang hening dan sejuknya udara AC di ruangan, pasti akan sangat menggoda anda untuk dapat tertidur pulas di meja kerja.

Tapi kondisi seperti ini sebaiknya jangan terus dibiarkan, karena akan sangat mengganggu produktivitas kerja anda.

Apalagi kalau sampai ketahuan atasan atau bos anda, bisa-bisa anda kena ‘semprot’ dan dicap sebagai karyawan pemalas sehingga mengurangi nilai profesionalitasmu di mata perusahaan.

Simak juga: 4 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur Kerja

Tips berikut ini semoga dapat membantu anda dalam mengatasi rasa kantuk saat sedang bekerja di kantor.


1. Hindari Terlalu Banyak Makan Saat Sarapan

Sarapan merupakan waktu makan yang tak boleh dilewatkan bagi seorang pekerja, sebab tubuh anda membutuhkan asupan energi dalam beraktivitas sampai siang hari tiba.

Namun, disarankan untuk anda tidak makan terlalu banyak saat waktu sarapan. Karena hal tersebut malah akan membuat anda mengantuk ketika bekerja hingga jam makan siang nanti.

Ketika sarapan, sebaiknya anda memilih menu makanan yang ringan seperti sandwich, susu, pisang, atau sereal.


2. Jangan Minum Kopi di Bawah Jam 10 Pagi

Masih banyak mungkin di antara anda yang percaya bahwa rasa kantuk mampu dihilangkan dengan minum kopi di pagi hari.

Akan tetapi, menurut penelitian justru sebaliknya. Minum kopi di pagi hari malah akan membuat anda sepanjang hari jadi mengantuk. Lho, kok bisa begitu?

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, tubuh sedang memproduksi hormon kortisol pada pagi hari, terutama di jam 8 – 9 pagi.

Kafein dalam kopi akan membuat produksi hormon kortisol anda jadi meningkat. Tingginya hormon kortisol yang diproduksi dalam tubuh justru akan menimbulkan rasa tidak tenang dan cemas yang pada akhirnya akan mengakibatkan tubuh jadi merasa sangat lelah karena untuk mengatasi rasa cemas tersebut diperlukan energi yang banyak.


3. Banyak Minum Air Putih

Tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih segar dengan banyak minum air putih. Dengan tubuh dan pikiran yang segar tentunya akan membantu anda agar rasa kantuk bisa dihindari.


4. Lakukan Olahraga Ringan

Bila rasa ngantuk muncul ketika sedang bekerja, bangunlah dari tempat duduk dan lakukanlah gerakan-gerakan ringan atau pergi keluar selama beberapa saat guna menghirup segarnya udara di luar ruangan.

Dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari sebelum berangkat bekerja juga akan membuat tubuh anda lebih segar serta terhindar dari rasa kantuk sepanjang hari.


5. Setel Musik yang Semangat Menggunakan Earphone

Anda bisa coba untuk mendengarkan musik dengan irama yang bersemangat seperti rock atau hip hop di handphone anda ketika rasa kantuk mulai datang.

Musik dengan tempo yang bersemangat akan bisa membantu anda untuk mengenyahkan rasa kantuk dan kembali semangat dalam bekerja.

Tapi sebaiknya pakailah headset, sebab jangan sampai suara musik yang anda dengarkan malah mengganggu keseriusan rekan kerja saat sedang bekerja.


Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika rasa kantuk mulai merasuk hingga ke tulang rusuk. Hehe. Semoga bermanfaat untuk anda sehingga produktivitas anda dalam bekerja bisa tetap terjaga.

Sumber:
https://blog.tokopedia.com/2014/06/tips-menghindari-rasa-mengantuk-saat-bekerja/


Related Posts

5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja
4/ 5
Oleh