Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
Sinar matahari, khususnya di pagi hari memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Jika anda adalah seorang pekerja kantor yang bekerja di ruangan tertutup dengan AC yang terus menyala, maka sebaiknya anda hati-hati karena lambat laun kondisi seperti ini dapat mengancam kesehatan.

Tidak jarang orang yang sering menghindari sinar matahari karena dianggapnya sinar matahari dapat membuat kulit rusak.

Baca juga: 5 Kondisi Air yang Harus Dihindari Untuk Dikonsumsi

Hal itu memang benar, namun tergantung pada waktunya. Apabila sinar matahari tersebut pada waktu di atas jam 9 pagi, memang tidak baik untuk kesehatan kulit anda.

Namun, berikut ini adalah beberapa khasiat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari sinar matahari pagi.


1. Produksi Vitamin D Dalam Tubuh

Terjadi suatu proses dalam kulit anda, ketika sinar matahari pagi mengenai kulit. Sinar matahari tersebut dapat merubah kolesterol yang terdapat pada kulit menjadi vitamin D.

Manfaat sinar matahari sangatlah besar bagi tubuh, hanya dalam waktu 5 menit saja anda terkena matahari, maka tubuh telah menghasilkan 400 unit vitamin D yang seperti kita ketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.


2. Membunuh Bakteri secara Alami

Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membunuh bakteri di dalam tubuh secara alami. Bahkan, biasanya sinar ultraviolet buatan seringkali digunakan dalam pengobatan medis.

Menurut penelitian, bakteri penyakit, jamur, dan virus dapat dibunuh dengan sinar matahari. Di samping itu, sinar matahari biasanya juga dipakai dalam mengobati penyakit TBC, pneumonia, asma, dan keracunan darah. Bahkan, sinar matahari terbukti cukup ampuh bisa membunuh virus penyebab kanker.


3. Meningkatkan Daya Antibodi dalam Tubuh

Setiap hari cobalah anda untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit, maka anda akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika sinar matahari memapar kulit anda maka terjadi proses penambahan sel darah putih, khususnya limfosit yang memiliki fungsi mencegah serta mengobati berbagai penyakit yang ada dalam tubuh.

Antibodi dalam tubuh yang meningkat tersebut bahkan dapat bertahan hingga 3 minggu lamanya. Selain itu, risiko anda terkena penyakit flu dan masuk angin akan dapat ditangkal bila rutin terkena sinar matahari.


4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tahukah anda kalau ternyata sinar matahari memiliki khasiat untuk mengurangi gula darah? Ya, bagi penderita diabetes cara ini merupakan salah satu cara yang disarankan.

Sinar matahari dapat menjadi insulin alami yang mampu membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh.

Gula darah akan diproses dan berubah menjadi glycogen yang kemudian disimpan dalam otot dan hati. Proses tersebutlah yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah anda.


5. Membantu Penurunan Berat Badan

Dapat menurunkan berat badan merupakan khasiat lainnya dari sinar matahari. Sinar matahari membantu proses pengiriman sinyal ke otak dan membuat kebiasaan yang teratur dalam aktivitas sehari-hari sehingga metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

Paparan sinar matahari juga membantu tubuh dalam mengendalikan jam alami tubuh (ritme sirkadian tubuh).

Akibatnya, hormon, fluktuasi tekanan darah, dan jam bangun tidur anda menjadi teratur. Dengan mengikuti ritme sirkadian ini secara teratur, maka akan dapat membuat program penurunan berat badan anda menjadi lebih baik dan lebih cepat.


6. Kualitas Pernapasan Semakin Meningkat

Bila terkena sinar matahari, maka kapasitas darah dalam tubuh akan meningkat. Contohnya, ketika lari pagi anda lakukan, pasti saat bernapas anda akan menghirup oksigen.

Selanjutnya, oksigen akan disalurkan ke jaringan-jaringan dalam tubuh termasuk ke dalam otot. Itulah mengapa kualitas pernapasan anda semakin meningkat bila berjemur di bawah sinar matahari.


7. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Memang, berjemur di bawah sinar matahari pada waktu di atas jam 9 pagi tidak baik untuk kesehatan, karena bisa memicu anda terkena penyakit kanker kulit.

Namun, dampak positif yang begitu besar bagi kesehatan dapat anda peroleh dengan berjemur pada saat matahari baru muncul.

Berdasarkan penelitian, sinar matahari pagi mampu mencegah berbagai risiko penyakit kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium.


8. Tidur Malam Anda Bisa Lebih Nyenyak

Sinar matahari yang diserap oleh mata anda, kemudian akan memberikan sinyal ke dalam otak yang terhubung oleh saraf optik.

Zat yang biasa disebut dengan melatonin akan meningkat pada saat terjadinya proses pengiriman sinyal dari mata ke otak tersebut.

Dengan demikian, kualitas tidur anda akan mengalami perbaikan oleh zat melatonin  ini, sehingga dapat membuat lebih nyenyak dan nyaman istirahat anda.


Demikianlah ulasan tentang khasiat sinar matahari yang begitu besar untuk kesehatan. Namun, perlu anda ingat bahwa waktu paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah sebelum jam 9 pagi, karena pada waktu tersebut, sinarnya masih hangat dan tidak membahayakan kesehatan anda.

Sumber:
http://www.8tipskesehatan.com/2015/02/8-khasiat-sinar-matahari-bagi-kesehatan.html


Related Posts

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
4/ 5
Oleh