7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
Sekarang ini siapapun bisa saja membeli Personal Computer (PC) build up dari beragam merek yang terkenal di pasaran seperti HP, Dell, Acer, dan lain-lain yang dapat memudahkan banyak aktivitas kita dalam bekerja serta memberikan hasil yang terbaik.

Namun, Anda bisa lebih kreatif dengan merakit komputer tersebut sendiri apabila ingin mendapatkan komputer desktop dengan kualitas yang istimewa.

Mungkin akan memakan waktu yang agak lama, tapi Anda akan memiliki kebanggaan tersendiri ketika mampu merakit komputer Anda sendiri.

Baca juga: Akhir Tahun ini Nonton Video di Youtube Enggak Gratis Lagi Lho!

Khususnya, bagi Anda yang ingin memiliki personal computer untuk keperluan gaming, sebaiknya jangan merakit komputer secara sembarangan.

Sebab, agar komputer Anda memiliki kemampuan gaming yang mumpuni, memerlukan sejumlah spesifikasi komponen yang khusus dan mengutamakan performance serta grafis yang baik.

Nah, berikut ini kami akan berbagi tentang beberapa tips yang harus Anda lakukan apabila ingin merakit komputer yang memang kebutuhannya untuk keperluan gaming.

Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Pertimbangkan Jenis Game Terberat Yang Akan Dimainkan

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
www.trenologi.com

Ketika Anda hendak merakit komputer gaming, agar dapat berjalan baik di semua jenis game, maka pertimbangkanlah game-game apa saja yang nantinya ingin Anda mainkan pada komputer tersebut.

Jika budget mencukupi, Anda bisa memberi patokan pada beberapa game yang membutuhkan spesifikasi tinggi, pertimbangkan dari segi tampilan grafis, lalu apakah game tersebut nantinya akan dimainkan secara online atau offline.

Pertimbangan tersebut nantinya akan sangat mempengaruhi komponen apa saja yang dibutuhkan dalam merakit komputer Anda nantinya.


2. Tipe CPU atau Prosesor

neroboz.wordpress.com

Sekarang ini terdapat dua prosesor yang paling umum digunakan dalam melakukan perakitan komputer untuk keperluan gaming, yaitu Intel dan AMD.

Jika Anda memilih prosesor Intel, sebaiknya pilih yang tipenya Dual Core CPU, atau bisa mencoba yang lebih tinggi lagi yaitu pada tipe Intel Core i7 yang kinerjanya sudah terbukti mumpuni namun harga relatif mahal.

Tipe AMD menyediakan harga yang lebih bersahabat, untuk tipe prosesor yang sudah terbukti kekuatannya dalam memainkan game berat, Anda bila memilih prosesor dengan tipe Quad Core CPU.


3. Sesuaikan Motherboard Dengan CPU

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
ilmu-duniakomputer.blogspot.com

Motherboard yang Anda pilih harus disesuaikan dengan CPU, tidak hanya soal soketnya saja, melainkan juga sesuaikan dengan dayanya.

Beberapa referensi merek yang mempunyai reputasi cukup baik misalnya seperti Gigabyte, ASUS, Foxconn, atau MSI.

Akan tetapi tetap lakukan pertimbangan kembali untuk mengetahui merek apa yang benar-benar pas untuk komputer dengan kemampuan gaming yang Anda inginkan.


4. Memilih Graphic Card

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
alamcublek.blogspot.com

Berdasarkan motherboard yang akan dipakai, Anda mempunyai sejumlah pilihan Graphic Card yang dapat Anda pilih, antara lain single configuration graphics atau multi-configuration graphics.

Beberapa merek populer yang bisa dijadikan referensi antara lain Radeon Crossfire, GeForce, atau nVidia SLI.


5. Pastikan Kapasitas RAM Sesuai Kebutuhan

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
www.nbwn.com

Dalam memilih kapasitas RAM yang pas untuk komputer dengan keperluan gaming Anda, cobalah terlebih dulu dengan masang RAM berkapasitas 2 GB, biasanya ada yang terdiri dari 2 buah RAM 1 GB atau langsung sekaligus 2 GB.

Nah, bila dirasa kurang memadai, maka Anda dapat meng-upgrade nya dengan menambahkan 1 GB lagi.

Namun, Anda harus cek dulu nih kompatibilitas RAM dengan tipe apa yang sesuai dengan motherboard yang digunakan.

Ada banyak tipe RAM yang memiliki kualitas bagus, yang terpenting adalah apakah motherboard Anda kompatibel dengan tipe RAM tersebut, beberapa tipe RAM yang banyak digunakan sekarang ini antara lain DDR, DDR2, DDR3, 800 MHz, atau 1066 MHz.


6. Kapasitas dan Kecepatan Hard Drive

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
www.toshiba.co.il

Kapasitas hard drive yang disarankan untuk keperluan gaming adalah yang mempunyai kapasitas minimal 500 GB.

Dengan kapasitas sebesar itu, akan memudahkan ketika kita hendak meng-update game atau path game, serta menyimpan game dalam jumlah banyak.

Sedangkan, hal yang tidak kalah penting dalam memilih hard drive adalah kualitas kecepatannya dalam membaca data.

Tersedia beragam hard drive dengan berbagai kecepatan yang paling sering dipakai oleh perakit komputer game, seperti 15000 RPM, 10000 RPM atau 7200 RPM.

Namun, lebih disarankan agar Anda memilih hard drive dengan kecepatan minimal 10000 RPM, atau SSD (Solid State Drive) yang memang harganya relatif mahal, namun akan memberikan kinerja yang lebih optimal untuk komputer game Anda.


7. Perangkat Pendukung Lain

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
gadgetsin.com

Nah, agar game yang Anda mainkan lebih berkesan, maka jangan lupa untuk membeli beberapa perangkat pendukung yang juga tidak kalah penting.

Perangkat pendukung tersebut antara lain berupa monitor LED beresolusi besar, mouse dan keyboard khusus game, serta speaker dengan kualitas yahud. Semua itu akan memberikan pengalaman bermain game Anda menjadi lebih seru dan mengasyikkan.


Selamat mencoba! Dan ingat juga kalau sudah main game komputer jangan sampai lupa waktu ya!

Sumber:
http://www.duniaberbicara.com/komputer/tips-merakit-komputer-untuk-keperluan-gaming.html



Related Posts

7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni
4/ 5
Oleh