Persaingan Produk Streaming TV Antara Amazon Google dan Apple

Persaingan Produk Streaming TV Antara Amazon Google dan Apple
www.cbc.ca
Baru-baru ini penolakan dilakukan oleh Amazon terhadap penjualan produk Google Chromecast dan Apple TV pada situsnya.

Oleh karena hal tersebut, Google dan Appel akan kehilangan potensi pendapatan sebesar USD 85 juta atau setara Rp 1,1 trilliun pada tahun 2016 mendatang.

Data ini disinyalir oleh perusahaan analisis 1010data yang melakukan penelitian pada kebiasaan transaksi online terhadap jutaan warga Amerika Serikat dalam jangka 12 bulan ke belakang di situs Amazon.

Simak juga: 7 Tips Merakit Komputer Dengan Kualitas Game Yang Mumpuni

Disebutkan dalam laporan 1010data yang diungkapkan oleh juru bicaranya, warga AS melakukan hampir 10 juta pembelian perangkat Streaming TV dengan nilai total mencapai USD 420 juta.

Sementara, sekitar 71% penjualan Chromecast terjadi lewat Amazon, sedangkan Apple TV sekitar 49% dari penjualannya. Google dan Apple dapat meraup penjualan sekitar USD 85 juta hanya dari penjualannya lewat Amazon saja, dan diraih hanya dalam kurun waktu 12 bulan.

Padahal, bila terjadi kombinasi dengan pertumbuhan dan peningkatan popularitas pada perangkat semacam ini, Google dan Apple bisa saja menghasilkan USD 100 juta dengan mudah melalui penjualan perangkat streaming TV-nya lewat Amazon dalam waktu 12 bulan ke depan.

Mulai 9 hari ke depan, Amazon telah memutuskan akan memberhentikan semua penjualan perangkat Chromecast dan Apple TV. Raksasa peritel online ini akan menghapus pula semua toko yang juga menjual perangkat-perangkat tersebut.


Alasan Amazon Menghapus Penjualan Chromecast dan Apple TV

Amazon mensinyalir bahwa alasan dari pelarangan terhadap penjualan Chromecast dan Apple TV di situsnya ialah karena produk streaming TV ini tidak dapat bekerja dengan baik dengan layanan video streaming kepunyaan Amazon, yang bernama Prime.

Bisa dikatakan, penjualan perangkat streaming Amazon Fire TV lebih diutamakan oleh Amazon ketimbang produk streaming TV milik perusahaan lain.

Jadi, sebenarnya ini hanya murni karena persaingan bisnis. Meski sampai saat ini belum ada reaksi dari Google dan Apple terhadap tindakan Amazon tersebut, namun masih menarik untuk kita tunggu.

Apa yang akan terjadi dengan index barang-barang Amazon yang ada di Google? Atau justru Google dan Apple akan mencoba untuk mengevaluasi dan memperbaiki produk streaming TV-nya agar dapat bekerja dengan baik pada layanan video streaming milik Amazon?

Sumber: 
http://inet.detik.com/read/2015/10/21/160220/3049813/317/apple--google-diblokir-amazon-rp-11-triliun-lenyap?i991101105


Related Posts

Persaingan Produk Streaming TV Antara Amazon Google dan Apple
4/ 5
Oleh