5 Ide Bisnis Berbasis Pelajar Untuk Menambah Uang Saku

5 Bisnis Berbasis Pelajar Untuk Menambah Uang Saku
Sebagai seorang pelajar, bukan berarti kamu enggak boleh melakukan bisnis. Meskipun kewajiban seorang pelajar adalah belajar dengan baik dan meraih prestasi, namun tidak ada salahnya juga belajar berbisnis.

Pelajar memiliki kesempatan untuk mencari pengalaman yang lebih besar dibandingkan mereka yang telah terjun ke dunia kerja.

Pengalaman bisnis yang didapatkan pada usia muda akan sangat melekat dalam mental seseorang dan di masa mendatang akan menjadi sangat berguna.

Namun harus selalu diingat, bahwa pendidikan tetaplah nomor satu. Jangan karena sibuk dan keasikan berbisnis, terus jadi mengganggu konsentrasi dan fokus kamu dalam belajar.

Baca juga: 6 Kiat Membuka Usaha Bimbingan Belajar

Beriku ini kami bagikan informasi mengenai ide bisnis apa saja yang bisa dilakukan oleh pelajar. Mari simak ulasannya di bawah ini!


1. Jasa Pengetikan Karya Tulis

Jasa pengetikkan ini sebenarnya sangat potensial apabila kamu punya kemampuan lebih dalam mengetik cepat dan menggunakan Ms. Office khususnya Ms. Word.

Kamu juga perlu memiliki seperangkat komputer atau laptop di rumah agar lebih memudahkan dalam job pengetikkan.

Hal ini akan lebih efisien dan menghemat pengeluaran ketimbang kamu mengetik di rental atau warnet.

Pelanggan yang menjadi sasaran Anda adalah teman-teman sekolahmu, tetangga, mahasiswa, atau pegawai kantoran yang tidak memiliki waktu cukup untuk mengetik sendiri.


2. Dagang Stiker

Salah satu bisnis berbasis pelajar ini cukup lumayan untuk menambah uang saku kamu. Bisnis ini juga mengharuskan kamu untuk bisa mengoperasikan komputer, terutama dalam editing desain gambar.

Kamu bisa menerima pesanan untuk pembuatan stiker khusus yang desainnya berasal dari pelanggan, atau membuat desain sendiri yang kreatif dan menarik untuk dijual ke teman-teman.

Ada beberapa cara marketing yang dapat kamu lakukan, di antaranya dengan menyebar brosur jasa pembuatan stiker, atau membuat stiker sendiri dan menitipkannya di toko maupun counter-counter pulsa. Tentunya dengan pembagian keuntungan yang telah disepakati bersama.


3. Jasa Penulis Artikel / Konten

Menulis artikel mungkin terkesan agak sulit bagi kamu yang masih berusia pelajar. Namun, bila kamu sering berlatih untuk menulis artikel, lama-lama juga akan terbiasa.

Buatlah sebuah blog untuk media kamu belajar menulis. Tulis artikel mengenai apapun yang kamu ingin tulis di blog kamu. Pelajari cara-cara menulis artikel yang baik dan menarik dari internet.

Setelah benar-benar lancar dan terbiasa dalam membuat artikel, baru kamu bisa mulai membuka usaha jasa penulisan artikel untuk menghasilkan uang.

Untuk target pelanggan sebenarnya jasa penulisan artikel ini sangatlah luas. Baik di dunia nyata sampai dunia maya.

Target pelanggan di dunia nyata adalah dengan membuat artikel yang menarik untuk para pembaca di media cetak.

Sedangkan untuk target pelanggan di dunia maya adalah mereka para internet marketer yang tidak memiliki waktu cukup untuk membuat artikel pada web/blog yang mereka miliki.

Peluang pasar dalam jasa penulisan artikel ini sebenarnya lebih besar untuk dunia maya ketimbang dunia nyata.

Biasanya, tarif yang dipakai adalah per sekian kata, kamu sesuaikan tarif tersebut dengan pasar. Beri promo untuk permulaan pelanggan yang memakai jasamu.


4. Menggeluti Bisnis Online

Bisnis online memberikan peluang cukup besar untuk menghasilkan uang. Namun, harus diawali dengan tekad yang sungguh-sungguh. Sebab, bisnis online tidak akan langsung secara dapat instan menghasilkan uang.

Kamu harus benar-benar yakin, dan menggelutinya dengan fokus dan konsisten. Bila ada yang mengatakan bisnis online tidak membutuhkan modal, hal itu merupakan suatu kebohongan.

Setiap bisnis pasti perlu modal, terlepas dari seberapa besar modal yang dibutuhkan. Tentunya, semakin besar modal yang dikeluarkan maka akan semakin besar pula potensi pendapatan yang dihasilkan.

Salah satu bisnis online yang kami rekomendasikan adalah dengan menjadi publisher di blog milikmu.

Bisa memakai blog yang gratisan atau berbayar. Ketika blog kamu telah memiliki pengunjung tetap yang banyak, maka barulah kamu bisa memberdayakannya untuk dapat menghasilkan uang.

Ada bermacam cara pula agar dapat menghasilkan uang melalui blog. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan space iklan mandiri, atau dengan mendaftar sebagai publisher iklan pada jaringan periklanan seperti Google Adsense, atau yang lainnya.


5. Menggeluti Bisnis Game Online

Perlu kamu ketahui bahwa dunia game online juga menyediakan peluang untuk kamu dapat menghasilkan uang.

Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh para gamers untuk menghasilkan uang antara lain seperti menjual voucher game yang memang disediakan oleh developer game, jual beli item maupun mata uang virtual pada game, jual beli ID atau character game, atau menjadi joki leveling bagi character game.

Namun, untuk beberapa cara di atas ada yang memang tidak diperbolehkan oleh developer game, dan dapat mengakibatkan akun game Anda terkena banned.

Sekali lagi kami tekankan, kalau beberapa cara di atas tidaklah disarankan, kami hanya memberi contoh saja pada apa yang biasa dilakukan oleh para gamer dalam menghasilkan uang.


Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan maupun ide bisnis kamu dalam menghasilkan uang tambahan. Hal yang harus selalu diingat adalah bahwa pendidikan tetap nomor satu.

Sumber:
http://tulisbaca.com/7-bisnis-berbasis-untuk-pelajar-dan-anak-sekolahan


Related Posts

5 Ide Bisnis Berbasis Pelajar Untuk Menambah Uang Saku
4/ 5
Oleh