5 Hal Penting Dalam Bisnis Hotel Agar Menjadi Pilihan Wisatawan

5 Hal Penting Dalam Bisnis Hotel Agar Menjadi Pilihan Wisatawan
Faktor yang menjadi acuan wisatawan dalam memilih sebuah hotel sebagai lokasi untuk menginap sangatlah penting diketahui oleh pebisnis hotel maupun pihak manajemen.

Sebab, hal tersebut merupakan bagian fundamental dalam kelangsungan bisnis sebuah hotel. Wisatawan tentunya memiliki beberapa acuan khusus dalam memilih hotel.

Acuan tersebut pun berbeda-beda tergantung untuk tujuan apa mereka berwisata. Apakah untuk liburan sekolah, hari raya, atau berbulan madu.

Baca juga: 5 Tips Penting Bagi Pebisnis Dalam Melayani Pelanggan

Berikut ini kami akan berbagi mengenai 5 kriteria penting yang menjadi acuan para wisatawan dalam memilih hotel.


1. Kemudahan Akses Lokasi

Ketika membangun sebuah hotel, penentuan lokasi merupakan hal yang sangat vital. Umumnya, para tamu akan lebih memilih hotel yang disesuaikan dengan tujuan perjalanan mereka, beberapa kriteria hotel yang menjadi pilihan adalah sebagai berikut:
- Mudah dijangkau dengan alat transportasi yang ada.
- Dekat dengan keramaian atau pusat perbelanjaan.
- Dekat dengan objek wisata.
- Dekat dengan perkantoran.

Paling tidak hotel yang Anda bangun berlokasi di salah satu kriteria tersebut. Namun, hal yang paling krusial adalah kemudahan untuk para traveler dalam akses ke lokasi hotel Anda.


2. Pelayanan yang Baik

Pelayanan merupakan aspek penting dalam semua bisnis di bidang apapun. Untuk itu, pelayanan yang baik akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis hotel yang Anda geluti.

Percuma hotel megah, berlokasi strategis, tapi pelayanannya ‘cacat’ di mata pelanggan. Pelayanan yang baik tentu menimbulkan kesan yang baik pula di mata pengunjung.

Hal ini akan meningkatkan rank hotel Anda berdasarkan hasil review dari para tamu yang sudah pernah menginap di hotel Anda.


3. Fasilitas yang Memadai

Bagi para tamu yang hendak menginap, fasilitas memiliki daya tarik tersendiri. Seperti misalnya para traveler yang gemar olahraga atau fitness, adanya fasilitas atau tempat olahraga menjadi nilai tambah bagi mereka.

Kemudian bagi traveler yang sedang mengadakan perjalanan bisnis atau dinas, adanya fasilitas pertemuan yang memadai, maupun konektivitas internet yang baik akan menjadi nilai tambah bagi mereka.


Keberadaan fasilitas-fasilitas hotel yang lengkap akan mendukung kenyamanan para tamu untuk menginap di hotel Anda.

Sehingga bisa saja mereka menambah waktu menginap atau ketika mereka berkunjung kembali ke kota tersebut, langsung menjadikan hotel Anda sebagai tempat tujuan pertama untuk menginap.


4. Kebersihan dan Keamanan Hotel

Tempat yang bersih dan keamanan yang terjamin akan membuat pengunjung hotel menjadi lebih nyaman dan rileks.

Apalagi, kebersihan merupakan hal yang sudah menjadi cakupan dalam standar operasional hotel yang harus ditaati oleh semua pebisnis hotel maupun pihak manajemen.


5. Harga yang Sesuai

Biasanya, harga memang akan disesuaikan dengan fasilitas yang akan pengunjung peroleh selama menginap. Persoalannya bukan harga murah atau mahal.

Melainkan apakah harga atau tarif yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pengunjung hotel atau tidak.

Akan lebih baik harga mahal tapi memang sebanding dengan fasilitas yang diperoleh tamu, ketimbang harga murah tapi pengunjung tidak memperoleh kenyamanan saat menginap di hotel tersebut.


Nah, demikianlah tips atau strategi bisnis yang dapat kami sampaikan pada posting kali ini. Semoga sukses dengan bisnis hotel Anda.

Sumber:
google.co.id


Related Posts

5 Hal Penting Dalam Bisnis Hotel Agar Menjadi Pilihan Wisatawan
4/ 5
Oleh