5 Tips Agar Bisnis Hotel Anda Ramai Pengunjung

5 Tips Agar Bisnis Hotel Anda Ramai Pengunjung
Bila kita perhatikan, ada hotel-hotel yang kerap ramai pengunjung, namun ada pula yang sepi oleh pengunjung, hanya sesekali ramai itupun karena memang sedang musim liburan, dan dibarengi oleh penuhnya hotel-hotel lain.

Berbagai cara pun dilakukan oleh pihak manajemen hotel supaya sepanjang bulan dan sepanjang tahun, hotelnya dapat selalu ramai didatangi tamu.

Usaha yang keras dan intensif dalam mempromosikan hotel, pastinya akan memberikan hasil yang setimpal pula.

Baca juga: 3 Aspek Penting Dalam Membangun Bisnis Hotel

Akan tetapi, hal yang sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana agar tidak menimbulkan kesan kunjungan ‘pertama dan terakhir’ bagi para tamu yang menginap di hotel.

Jadi, awalnya banyak tamu yang datang dengan senang hati, menginap, dan memakai berbagai fasilitas yang disediakan hotel, namun ketika check out seakan ada rasa penyesalan dengan wajah cemberut, dan mulut menggerutu.

Nah, para tamu yang pernah mencoba untuk menginap di hotel dan merasa kecewa, tentu akan menjadi agen-agen yang ampuh dalam memberikan kesan negatif terhadap hotel Anda.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh pemilik maupun pihak manajemen hotel agar bisnis hotelnya selalu ramai oleh pengunjung.


1. Kebersihan Hotel Secara Keseluruhan

Kebersihan merupakan faktor utama yang menjadi kesan pertama untuk tamu ketika masuk ke dalam area hotel. Kebersihan hotel harus dijaga secara keseluruhan di semua bagian hotel.

Jadi, tidak hanya di lobby, taman, atau kamar tamu saja. Melainkan di seluruh bagian hotel mulai dari gerbang hotel, area parkir, taman, fasilitas-fasilitas hotel, hingga ke bagian yang mungkin tidak terlihat oleh tamu seperti back office, dapur, dan lain-lain, semua harus terjaga kebersihannya.

Begitu juga kebersihan para karyawan, mulai dari seragam, kebersihan badan, dan segi penampilan karyawan, usahakan agar selalu terlihat bersih agar memberikan kesan fresh bagi tamu yang melihat.


2. Keramahtamahan Dalam Pelayanan

Hanya dengan melihat secara sekilas raut wajah yang ditampilkan oleh pegawai hotel Anda, para tamu akan langsung dapat memberi penilaian dari segi pelayanan hotel.

Keramahan harus dapat ditunjukkan oleh semua lini karyawan di hotel Anda. Bahkan, keterlibatan seorang manajer hotel dalam melayani tamu sekali-kali tidak akan menurunkan wibawanya. Justru perilaku ini akan memberikan efek ganda, bagi tamu dan bagi karyawan di bawahnya.

Tamu akan merasa sangat dihargai, begitu penting dan merupakan suatu kebanggan tersendiri dilayani langsung oleh manajer.

Sedangkan bagi karyawan hotel, akan semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi dengan penuh semangat dan tanggung jawab.


3. Pelayanan yang Cepat

Kecepatan juga merupakan faktor penting dalam hal pelayanan. Pelanggan jelas tak suka menunggu, apalagi terlalu lama hingga membuat pelanggan komplain. Ini poin yang buruk dalam penilaian tamu terhadap kualitas pelayanan di hotel Anda.

Waktu sangat berharga bagi konsumen, faktor kecepatan dalam pelayanan seperti proses chek in dan chek out, pembersihan kamar, pengantaran pesanan makanan, dan lain-lain merupakan hal penting yang harus dicapai dan dipertahankan oleh pihak manajemen hotel.


4. Kesesuaian Harga Dengan Kenyamanan Pelanggan

Harga atau biaya yang akan dibayarkan oleh para tamu tentunya harus sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang mereka dapatkan.

Meskipun harga murah, tapi berbagai hal yang didapatkan oleh tamu sangat mengecewakan, tentunya justru meninggalkan kesan yang buruk terhadap hotel Anda.

Sebaliknya, ‘harga mahal tapi masuk akal’ seringkali tidak menjadi masalah bagi para tamu jika apa yang mereka dapatkan di hotel Anda memang memberikan kesan yang baik di mata pelanggan.


5. Berikan Sesuatu yang Unik dan Spesial

Sesuatu yang unik dan spesial yang dimiliki oleh hotel Anda dan tidak ada di hotel-hotel lain tentunya menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi para tamu.

Para tamu yang pernah menginap di hotel Anda dan mendapatkan sesuatu yang spesial akan lebih mudah mengingat hotel Anda dalam benak mereka.

Dan ketika mereka menceritakannya kepada teman atau kerabat, tentunya dapat membuat orang lain yang penasaran untuk mencobanya. Hal ini akan membuat hotel Anda memiliki nilai jual yang tinggi.

Keunikan tersebut bisa Anda buat dengan suatu kreativitas sendiri, atau dengan memanfaatkan keadaan maupun lingkungan sekitar yang memang tidak dapat dijumpai di hotel-hotel  lain.


Demikian tips dari kami agar hotel selalu ramai pengunjung. Dengan kombinasi kelima tips di atas, semoga apa yang menjadi tujuan dari Anda dalam membangun hotel tersebut dapat tercapai.

Sumber:
https://knhotelconsultant.wordpress.com/2011/01/31/faktor-kesuksesan-usaha-hotel/


Related Posts

5 Tips Agar Bisnis Hotel Anda Ramai Pengunjung
4/ 5
Oleh