4 Tips Jitu Memperoleh Pekerjaan di Bidang IT

4 Tips Jitu Memperoleh Pekerjaan di Bidang IT
Persaingan kerja dalam mendapatkan pekerjaan di bidang IT kini semakin sengit. Lowongan kerja yang tersedia nampaknya belum mampu untuk meng-cover jumlah lulusan IT yang kian meningkat setiap tahunnya.

Nah, berikut ini kami akan berbagi mengenai tips jitu agar Anda dapat unggul dibanding kompetitor lain dan sukses bekerja di bidang IT yang Anda idamkan.

Baca juga: Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Beserta Contohnya


1. Selesaikan Studi dan Raih Gelar Sarjana

Sekarang ini banyak perusahaan yang menjadikan lulusan sarjana sebagai standar minimal untuk diterima kerja.

Apabila sekarang ini Anda masih memegang ijazah diploma, atau bahkan setingkat SLTA, sebaiknya lanjutkan pendidikan dan kuliah hingga ke jenjang sarjana.

Bagi yang sudah bekerja, Anda bisa memilih program kuliah ekstensi di malam hari, atau pada hari sabtu dan minggu.

Tidak cukup bermodal ijazah sarjana saja, namun nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) juga sangat menentukan keberhasilan Anda untuk dapat diterima bekerja di dunia IT.


2. Kembangkan Terus Skill yang Anda Miliki

Pada umumnya, lowongan kerja di bidang IT sangatlah spesifik. Misal, Anda bekerja sebagai programmer, maka harus menguasai bahasa pemrograman tertentu, seperti C++, Visual Basic .NET, Java, Delphi, atau yang lainnya.

Di samping itu, penguasaan dalam penggunaan tools yang dibutuhkan dalam pemrograman juga penting untuk dilakukan.

Ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk dapat menguasai skill tertentu di bidang IT. Alternatif paling efisien adalah dengan membaca buku panduan, dan mencoba-cobanya sendiri (otodidak).

Namun, disarankan agar Anda dapat menguasai skill tersebut lebih mumpuni, ikutilah salah satu kelas dalam training center.

Sering bertanya kepada teman juga tidak masalah. Berusahalah untuk terus belajar dan memperdalam skill Anda.


3. Miliki Sertifikasi Internasional

Sertifikasi internasional merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi IT yang bersifat netral atau dikeluarkan oleh vendor IT. Contohnya, sertifikasi dari CompTIA.

Ada pula sertifikasi yang dikeluarkan oleh Cisco, Oracle, Citrix, Microsoft, dan Novell, namun vendor IT ini memang mengeluarkan sertifikasinya sendiri atau tidak bersifat netral.

Anda akan dianggap mempunyai kompetensi tertentu yang diakui secara internasional jika Anda menyandang sertifikasi internasional tersebut.

Sertifikasi internasional juga akan memudahkan Anda ketika ingin bekerja di luar negeri. Bahkan, jika Anda adalah seorang lulusan dari perguruan tinggi yang tidak cukup populer. Sertifikasi internasional akan lebih memiliki nilai jual dibandingkan almamater kampus Anda tersebut.

Untuk menyandang sertifikasi ini, Anda diharuskan mengikuti ujian di Prometric atau VUE (Virtual University Enterprise) testing center yang biasanya diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Anda juga tidak bisa sembarangan dalam memilih sertifikasi internasional, pilihlah sesuai dengan kemampuan yang selama ini Anda dalami.

Misalnya, Anda bisa mengambil sertifikasi dari Oracle atau Cisco apabila ingin mendalami kemampuan database atau jaringan.

Sedangkan sertifikasi Linux atau Microsoft layak Anda ambil apabila Anda ingin menguasai tentang sistem operasi.


4. Perluas Jaringan dan Relasi

Banyak teman tidaklah rugi. Memiliki banyak kenalan yang bekerja pada perusahaan-perusahaan IT juga bisa jadi menguntungkan Anda dalam memenangkan persaingan di dunia kerja.

Tidak sedikit orang yang berhasil diterima kerja pada posisi yang dinginkan karena ada faktor kedekatan atau kekerabatan dengan orang dalam. Nepotisme, meskipun cenderung negatif tapi ada juga sisi positifnya.

Tidak salahnya, jika Anda memang dinilai mampu dan merupakan orang yang tepat untuk bekerja di perusahaan yang kenalan Anda referensikan, mengapa Anda harus menolaknya?

Memperluas jaringan dan relasi merupakan hal yang harus Anda lakukan bila ingin sukses di dunia kerja.

Realitanya, kepintaran dan keahlian tanpa adanya relasi yang baik juga akan membuat Anda kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Jadi, jangan abaikan betapa pentingnya membangun silaturahmi yang baik kepada setiap orang. Jangan hanya karena pas Anda butuh saja, tapi juga di setiap ada waktu, sempatkanlah untuk bersilaturahmi dan membangun jaringan maupun relasi yang nantinya akan mendukung kesuksesan karir Anda di masa mendatang.


Demikian tips dari kami agar Anda bisa lebih mudah diterima bekerja di dunia IT. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas ibadah dan rajin berdoa.

Selain kita berusaha, kita juga harus menyerahkan hasilnya pada Allah SWT. Manusia hanya bisa berencana dan berusaha, tapi Tuhan-lah yang menentukan hasilnya.

Sumber:
http://situskarir.com/tips-diterima-kerja-di-dunia-it/


Related Posts

4 Tips Jitu Memperoleh Pekerjaan di Bidang IT
4/ 5
Oleh