7 Cara Mengatasi Rasa Takut Untuk Berani Meraih Peluang

7 Cara Mengatasi Rasa Takut Untuk Berani Meraih Peluang
Rasa takut dalam diri merupakan musuh terbesar dari sebuah peluang. Sumber ketakutan tersebut muncul dikarenakan kita tidak mengetahui peluang semacam apa yang akan kita hadapi.

Takut mengalami kegagalan merupakan penyebab utama sehingga kita membuang peluang yang ada di hadapan kita.

Sebagai manusia, wajar saja bila kita memiliki rasa takut, terutama takut mengalami kegagalan. Siapapun Ia, pasti takut menghadapi kegagalan.

Baca juga: Tiga Gejala Anda Calon Orang Kaya

Namun, rasa takut tersebut lebih disebabkan karena kita selalu ingin bekerja dalam zona aman dengan risiko yang minim. Sehingga ketika kita gagal, tidak akan mempengaruhi kehidupan kita secara keseluruhan.

Kendati demikian, bekerja di zona aman pun sebenarnya mengandung risiko tersendiri. Seseorang yang selalu bekerja di zona aman, hanya akan memiliki keberanian untuk bekerja dengan target minimal saja.

Target minimal tentunya akan menghasilkan hasil yang minimal pula. Akibatnya, kemungkinan besar orang tersebut tidak akan pernah mengalami perubahan kehidupan menjadi lebih baik dari kondisinya yang dialaminya sekarang.

Orang miskin akan tetap miskin, orang bodoh akan sulit menjadi pintar. Mereka pun menganggap kondisi tersebut sebagai suatu takdir yang harus diterima dengan pasrah.

Takut mengalami kegagalan lebih disebabkan karena kita tidak percaya terhadap kemampuan diri. Kita cenderung merasa tidak akan mampu merebut peluang yang tersedia, karena kita enggan untuk mengambil risikonya.

Takut gagal dan merasa bahwa ketika gagal mereka tidak akan mampu bangkit lagi merupakan hambatan dari dalam diri yang harus mampu kita atasi bila ingin berhasil mencapai tujuan.

Untuk membantu Anda dalam mengatasi ketakutan terhadap kegagalan, ketujuh tips berikut ini akan membuat keberanian Anda lebih berkembang sehingga Anda tak takut lagi dalam mengambil risiko untuk memperoleh manfaat yang optimal dari setiap peluang yang coba Anda raih.


1. Identifikasi Dampak Sebuah Peluang

Penyebab utama dari rasa takut ialah tidak cukup informasi yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Saat kita tidak tahu apa yang akan dihadapi, bayangan Anda terhadap suatu kerugian menjadi tampak lebih besar dibanding kenyataan.

Oleh sebab itu, diperlukan informasi yang cukup mengenai apa yang Anda hadapi. Dorong diri Anda untuk mengidentifikasi sebuah peluang.

Dengan demikian, Anda akan dapat dengan jelas melihat sisi baik dan buruk dari peluang yang ada sehingga besarnya risiko yang akan dihadapi akan Anda ketahui serta mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

Sedikit demi sedikit, ketakutan Anda akan berkurang bila analisa selalu dilakukan terhadap peluang. Keputusan yang logis pun akan dapat Anda buat.


2. Pertimbangkan Kerugian Bila Anda Kehilangan Peluang

Bila Anda gagal mengambil peluang, risiko terbesarnya adalah Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dari peluang tersebut.

Ini merupakan kerugian bagi Anda karena kendala yang dihadapi saat ini tidak akan mampu Anda atasi sehingga kehidupan Anda akan sulit untuk diperbaiki.

Mungkin saja Anda punya pemikiran bahwa masih ada peluang lain di masa depan, Anda pun merasa aman dari kekhawatiran terhadap skenario terburuk yang akan terjadi.

Tapi dengan begitu Anda hanya akan berjalan di tempat dan tetap berada pada posisi Anda saat ini. Padahal, seandainya Anda berani mengambil peluang tersebut, Anda punya harapan besar untuk dapat bergerak naik ke posisi sosial yang lebih baik.

Keberanian Anda akan semakin terasah dalam menghadapi suatu masalah yang datang dalam kehidupan Anda sehari-hari.


3. Segera Bertindak

Segera ambil tindakan, cara ini merupakan yang terbaik dalam mengurangi rasa takut dan membangun rasa percaya diri.

Ketika Anda memulai tindakan, pengalaman dan pengetahuan akan mulai Anda kumpulkan. Memang pada awalnya akan terasa sulit.

Tapi ketika Anda sudah melakukannya, maka Anda akan melihat bahwa hal ini cukup aman untuk dilakukan dan semuanya akan menjadi lebih mudah setiap kali Anda melakukannya lagi.

Sembari Anda membangun kepercayaan diri, mulailah bertindak dengan membuat langkah-langkah kecil hingga pada akhirnya Anda akan mampu untuk mengatasi rasa takut dalam diri.


4. Siapkan Diri Untuk Menghadapi Skenario Terburuk

Pikirkan dulu ketika kita gagal dalam mengejar impian, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan kondisi mental dan ekonomi kita hingga kehidupan dapat berjalan normal kembali dan mengejar lagi peluang-peluang yang lain.

Padahal, secara umum kita mampu lebih cepat untuk memulihkan kondisi mental dan ekonomi lebih cepat dari yang kita bayangkan.


5. Buat Rencana Cadangan

Dengan mengurangi dampak negatif dari suatu risiko, maka kita dapat mengatasi rasa takut. Caranya yaitu buat rencana cadangan.

Jadi, ketika pilihan pertama Anda mengalami kegagalan, maka Anda tetap dapat mempertahankan status quo dengan mengembangkan rencana cadangan yang telah dibuat.

Berani gagal bukan berarti Anda siap untuk kehilangan segalanya. Hadapi risiko dengan hati-hati, pada saat yang sama Anda harus mempersiapkan diri bila kegagalan Anda alami.


6. Pahami Manfaat Dari Kegagalan

Setiap kegagalan merupakan percobaan dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Selayaknya sebuah eksperimen, manfaatkan kegagalan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan mengembangk diri.

Bahkan, ketika kegagalan yang dialami mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Kita masih dapat mengambil pelajaran dari kegagalan yang dialami tersebut.

Kegagalan demi kegagalan yang kita alami jangan disikapi dengan pasrah, tapi jadikan sebagai pengalaman dan pelajaran berharga untuk mempersiapkan diri dalam mengatasi masalah lain yang akan kita hadapi di masa mendatang.


7. Bangkitkan Mental Untuk Tetap Bergerak Maju

Dalam sejarah Yunani ada peribahasa yang cukup terkenal, yaitu “Bakar Perahu”. Jadi, saat tentara Yunani melintasi laut untuk berperang, hal pertama yang dilakukan saat mencapai daratan adalah membakar perahu.

Mereka sengaja membuat diri mereka terdampar sehingga tidak ada cara lain untuk kembali. Satu-satunya kesempatan untuk bertahan hidup adalah dengan memenangkan peperangan.

Cara ini mampu mendorong moral para prajurit Yunani. Hanya ada dua pilihan dalam hidup mereka, menang dan mereka tetap hidup, atau kalah dan mati di medan peperangan. Tak ada pilihan selain bergerak maju untuk menang.

Oleh sebab itu, ketika Anda mempunyai tujuan namun merasa takut untuk mencapainya, maka terapkan prinsip “bakar perahu” untuk mengatasi rasa takut Anda.

Dengan begitu, Anda tak memiliki pilihan untuk mundur dan akan terus bergerak maju untuk menggapai tujuan Anda tersebut.


Nah, sekarang mulai renungkan apa saja ketakutan yang dihadapi saat ada peluang menanti untuk diraih. Analisa dampak positif dan negatif dari peluang tersebut, buat keputusan dan segera bertindak.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menghadapi rasa takut akan kegagalan sehingga segala kesempatan dan peluang yang menanti dapat Anda raih dengan berani.

Sumber:
http://ads.id/forums/entry.php/338-Mengatasi-Rasa-Takut-dan-berani-Mengambil-Peluang


Related Posts

7 Cara Mengatasi Rasa Takut Untuk Berani Meraih Peluang
4/ 5
Oleh