10 Cara Jitu Memperoleh Sumber Pendapatan Baru

10 Cara Jitu Memperoleh Sumber Pendapatan Baru
Sebenarnya, selalu ada peluang untuk kita menciptakan sumber pendapatan baru. Namun, hanya sedikit orang yang tahu dan menyadari peluang tersebut.

Tak heran bila banyak pekerja yang panik dan stress ketika terjadi PHK dikarenakan tidak adanya sumber pendapatan lain yang bisa diandalkan selain dari gaji bulanannya sebagai karyawan.

Oleh karena itu, merencanakan dan mempersiapkan diri untuk menata masa depan merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap individu.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Meski Gaji Kecil

Salah satu strategi dalam menata masa depan ialah dengan menyiapkan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan lain di luar pendapatan pokok.

Jadi, saat kita kehilangan pekerjaan atau pensiun, tidak ada kepanikan dan bisa lebih fokus dalam menggeluti aktivitas baru dengan pendapatan yang mampu mencukupi kebutuhan.

Berikut ini kami akan berbagi mengenai cara-cara jitu dalam mengatur strategi untuk menciptakan sumber pendapatan baru.


1. Jangan Terburu-buru Resign

Sebelum Anda memperoleh penghasilan tetap yang baru, atau tabungan yang cukup untuk biaya selama beberapa bulan, sebaiknya jangan buru-buru keluar dari pekerjaan lama.

Ketika Anda masih menjadi pegawai, mulailah secara bertahap mencari kesempatan untuk menghasilkan pendapatan rutin.

Upayakan agar pendapatan alternatif tersebut bisa lebih besar atau setidaknya setara dengan gaji bulanan di posisi Anda saat ini.


2. Identifikasi Kemampuan dan Bakat

Ketahui keterampilan khusus maupun bakat yang Anda miliki, lalu lakukanlah riset kecil mengenai cara mencari uang dengan ketarampilan tersebut.

Misalnya, melayani jasa perbaikan komputer, bisnis jual-beli sepeda motor, membuka jasa laundry, atau lainnya.


3. Kuasai Keterampilan Baru

Anda bisa coba mempelajari beberapa keterampilan baru yang saat ini dibutuhkan banyak orang dan tampak menghasilkan banyak uang.

Misalnya, mengambil kursus komputer, atau kursus stir mobil, bahkan kursus memasak. Anda bisa menemukan beberapa keterampilan baru yang layak untuk dikembangkan, bandingkan dengan keterampilan yang Anda miliki saat ini.

Fokuskan diri pada keterampilan memiliki peluang serta potensi besar untuk mendapatkan uang. Sambil tetap bekerja, Anda bisa mengambil beberapa job freelance sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Ketika Anda telah siap untuk resign, barulah Anda coba mendirikan usaha yang mandiri.


4. Tentukan Target Pasar

Semua produk harus ada yang membeli. Anda harus dapat menemukan pelanggan potensial dengan cepat dan biaya seminim mungkin.

Ketika produk yang Anda tawarkan mendapatkan respon positif dari pasar, maka inilah waktu yang tepat untuk Anda mengundurkan diri dan fokus pada bisnis baru tersebut.


5. Gunakan Strategi Pemasaran Terbaik

Memasarkan produk merupakan bagian yang tidak mudah. Keahlian dan waktu yang Anda miliki harus dipergunakan dengan baik, tiru cara mereka yang telah sukses dengan melihat strategi pemasaran yang mereka lakukan, “Amati, Tiru, dan Modifikasi”.


6. Manfaatkan Media Online

Anda yang masih berstatus sebagai karyawan tentunya tidak memiliki cukup waktu untuk memasarkan produk secara luas dengan hasil maksimal.

Oleh sebab itu, mulailah belajar cara-cara terbaik untuk memasarkan produk secara online. Misalnya, membuat blog/website sebagai landing page produk, memanfaatkan situs-situs e-commerce, atau memaksimalkan penggunaan media sosial.

Ada banyak cara untuk memasarkan produk via online. Namun, tetap harus diingat bahwa kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan, serta kepercayaan merupakan hal yang harus dibangun untuk dapat sukses memasarkan produk melalui internet.


7. Bangun Kekuatan Jaringan dan Relasi

Selagi masih menjadi pekerja, Anda bisa memanfaatkan kontak para klien, rekan kerja, atau konsumen-konsumen yang pernah menjadi relasi pada perusahaan tersebut.

Catat semua nama, alamat, kontak, dan jenis profesi relasi Anda untuk modal awal dalam meraih pasar. Cara ini sangat jitu untuk membangun bisnis baru Anda ketika telah keluar dari pekerjaan.


8. Menciptakan Sumber Pendapatan Aktif dan Pasif

Waktu 24 jam dalam sehari harus Anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan satu atau dua sumber pendapatan bulanan. Di samping itu, Anda juga perlu memulai pengembangan pendapatan yang bersifat pasif.

Contohnya, berinvestasi pada instrument yang aman dan dapat di top up, seperti properti, ataupun kendaraan. Selain Anda memiliki aset, Anda juga akan mendapatkan penghasilan bila benda tersebut disewakan.


9. Jalin Kerjasama Dengan Orang Lain

Pelajari pengalaman orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan tambahan, bagaimana strategi yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka menciptakan pendapatan pasif dari waktu ke waktu.


10. Jangan Malu Untuk Bertanya

Meminta pendapat dari pelanggan merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan masukan dalam meningkatkan kualitas produk Anda.

Kepuasan pelanggan akan membentuk loyalitas mereka terhadap produk Anda di pasaran. Biasanya, mereka akan dengan senang hati menyebarkan kepada orang lain keunggulan produk yang memberi kepuasan bagi mereka. Hal ini sangat berpotensi untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan baru bagi produk Anda.


Nah, demikian tips dari kami mengenai cara memperoleh sumber pendapatan baru sebelum Anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan Anda yang sekarang.

Cara ini juga akan membantu Anda dalam mengantisipas ketika terjadi PHK dari perusahaan sehingga Anda tidak lagi bingung mencari sumber pendapatan baru bagi diri dan keluarga Anda.

Sumber:
https://www.cermati.com/artikel/11-strategi-menciptakan-sumber-pendapatan-baru


Related Posts

10 Cara Jitu Memperoleh Sumber Pendapatan Baru
4/ 5
Oleh