Tips Tetap Awet Muda Secara Biologis dan Psikologis

Tips Tetap Awet Muda Secara Biologis dan Psikologis
Pertambahan usia pastinya akan dialami oleh setiap orang, dan tak ada yang dapat mencegahnya. Namun, para dokter dan ilmuwan senantiasa meneliti berbagai tindakan yang dapat kita lakukan guna memperlambat proses penuaan baik secara biologis maupun psikologis.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang digunakan untuk mengukur usia biologis seseorang:
- Tekanan darah.
- Batas indra penglihatan dan pendengaran.
- Produksi hormon.
- Kepadatan tulang.
- Jumlah lemak dalam tubuh.
- Ketebalan kulit.
- Tingkat kolesterol.
- Kemampuan gerak.

Sedangkan usia psikologis merupakan pandangan diri berdasarkan pengalaman subjektif mengenai seberapa tua diri Anda.

Baca juga: Ternyata Kurang Tidur Akan Memperpendek Umur Kita Lho!


Tips Awet Muda Secara Biologis


1. Bersihkan Gigi Secara Rutin

Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pembuktiannya ialah pria di bawah usia 50 tahun dengan penyakit periodontal berpeluang 2.6 kali lebih besar untuk meninggal dunia pada usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria yang memiliki gigi sehat dan sering mengunyah permen karet.

Penyebab utama penyakit periodontitis ialah kebersihan gigi yang kurang terjaga dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk kita melakukan sikat gigi secara rutin, dan memeriksakan gigi ke dokter gigi agar kemungkinan terkena penyakit tersebut dapat lebih dikurangi.

Beberapa peneliti juga berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan mengakibatkan iritasi serta penyumbatan pembuluh darah.


2. Rajinlah Berolahraga

Seorang berusia lanjut dengan kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat ketimbang seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik.

Rajin berolahraga akan meningkatkan aktivitas fisik tubuh dan melancarkan metabolisme sehingga jam biologis tubuh akan terus berputar secara normal.


3. Jaga Kesehatan Kulit

Menjaga penampilan sangat penting untuk diperhatikan, meskipun hal ini tidak akan membantu kita agar bisa hidup lebih lama.

Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit ialah dengan mengkonsumsi wortel. Kandungan retinoids dalam sayuran ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan pH pada permukaan kulit sehingga membuat kulit Anda terhindar dari beberapa jenis bakteri yang hinggap dan dapat mempercepat penuaan kulit.

Cara lainnya ialah dengan menggunakan cokelat yang berkhasiat memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit.


4. Mengasup Makanan Dengan Banyak Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan asupan yang baik untuk mencegah penuaan. Beberapa jenis makanan yang memiliki antioksidan tinggi antara lain blueberry, brokoli, tomat, dan acai.

Selain itu, makanan-makanan berwarna gelap juga biasanya mengandung zat antioksidan di dalamnya.

Makan 5 macam makanan sumber antioksidan setiap hari merupakan cara yang efektif untuk mencegah penuaan.


5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan juga menjadi salah satu kunci dalam membuat diri kita tetap awet muda. Mengkonsumsi 25 gram serat setiap harinya akan membantu sistem pencernaan Anda tetap terjaga kesehatannya.

Serat dalam tubuh berfungsi untuk menjaga semua nutrisi yang masuk dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut ketika tubuh membutuhkannya. Jadi, serat akan mencegah nutrisi dalam tubuh kita terbuang sia-sia.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat, di antaranya buah-buahan, sayuran, dan gandum.


6. Manfaatkan Waktu Tidur yang Cukup

Suatu penelitian di Universitas Medis Chicago menemukan bahwa kurangnya waktu tidur Anda (8 jam sehari) akan berpengaruh pada meningkatnya kadar glukosa dan fungsi endokrin.

Perubahan tersebut akan terlihat seperti gejala awal penyakit diabetes. Disimpulkan pula oleh para peneliti bahwa kurangnya waktu tidur akan membuat tubuh kita kurang prima di awal hari.

Selain itu, juga akan meningkatkan risiko tubuh kita terkena berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, obesitas, dan menurunnya daya ingat.


7. Jaga Kesehatan Otak

Otak manusia akan terus mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan di antara neuron tersebut sepanjang hidupnya.

Dengan melakukan stimulasi otak yang berkesinambungan, maka dapat mencegah berbagai kemungkinan terkena penyakit otak seiring pertambahan usia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer juga menjadi berkurang sebesar 35 – 40 persen dengan melakukan stimulasi otak yang berkesinambungan.


8. Stop Merokok

Merokok dapat membuat kulit cepat keriput dan menurunkan kinerja beberapa organ-organ dalam tubuh. Oleh karena itu, “stop merokok” adalah pilihan bijak yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini.



Tips Awet Muda Secara Psikologis

1. Enyahkan Pemikiran Negatif Tentang Usia Tua

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ketajaman seseorang kian berkurang ketika mereka mempercayai persepsi yang salah tentang pertambahan usia.

Becca Levy, Ph.D. seorang psikolog dari Universitas Yale melakukan analisa mengenai pengaruh psikologis pada pertambahan usia, terutama pada cara berpikir seseorang yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Dalam penelitiannya tersebut, Ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang kerap berpikir negatif tentang masa tuanya memiliki hasil tes yang lebih buruk ketimbang orang berusia lanjut dengan pemikiran positif.

Hasil penelitiannya tersebut menunjukkan pula bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.


2. Bersikap Positif dan Hilangkan Rasa Cemas

Kondisi emosi positif sejak usia dini akan membantu Anda menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang umur.

Sebuah penelitian juga menemukan fakta bahwa sikap positif seseorang memiliki hubungan erat dengan kesehatan fisik dan mentalnya.


3. Mengendalikan Stres

Stres yang dialami seseorang dapat membuat daya tahan tubuhnya melemah, dan berhubungan erat dengan berbagai penyakit yang timbul mulai dari flu bahkan hingga kanker.

Stres juga dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti gangguan jantung, hipertensi, depresi, dan diabetes.

Jadi, mengendalikan stres akan mencegah Anda dari kemungkinan terkena berbagai penyakit yang dapat memperpendek usia.


4. Lakukan Meditasi

Penelitian yang dilakukan oleh Deepak Chopra, M.D. menyatakan dalam salah satu bukunya bahwa orang-orang yang sering melakukan meditasi berpeluang memiliki usia biologis 5 sampai 12 tahun lebih panjang. Selain itu, juga membuat mereka tetap awet muda dibandingkan dengan usia kronologis mereka.

Orang yang sering melakukan meditasi biasanya memiliki hormon stres seperti cortisol dan adrenalin dengan tingkat yang lebih rendah, serta mereka cenderung memiliki mekanisme adaptasi yang lebih kuat ketimbang orang rata-rata.


5. Perbanyak Cinta dan Kasih Sayang

Bahagia adalah ketika kita mendapatkan banyak cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitar kita, seperti keluarga, kekasih, teman maupun kerabat.

Berdasarkan penelitian, orang yang bahagia memiliki peluang hidup lebih panjang dan membuatnya tetap awet muda.

Sumber:
http://www.akuinginsukses.com/14-tips-untuk-awet-muda/


Related Posts

Tips Tetap Awet Muda Secara Biologis dan Psikologis
4/ 5
Oleh