10 Tempat Wisata Terfavorit di Kota Cirebon

Kota Cirebon, merupakan kota besar baru di pantura dengan lokasi strategis dan memiliki pelabuhan laut yang cukup ramai dikunjungi.

Di wilayah ini terdapat beragam tempat wisata menarik dan beberapa di antaranya cukup populer bahkan hingga ke luar negeri.

Akses ke kota Cirebon juga cukup mudah, bisa melalui jalur kereta api, jalan darat, maupun pelabuhan. Jadi, bagi para wisatawan tidak akan kesulitan untuk dapat berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Berada di Purwokerto

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai tempat-tempat wisata yang populer dan menarik untuk dikunjungi di Kota Cirebon.


1. Pantai Kejawanan
vittorent.blogspot.com

Obyek wisata yangterkesan sederhana namun ditata apik, sering dikunjungi masyarakat di sore hari. Pantai ini berlokasi dekat dengan dengan Waterland Cirebon, Ade Irma Suryani.

Ada wahana perahu karet yang bisa disewa pengunjung di tempat ini, desiran angin pantai yang lembut akan melepas penat Anda, dan cocok untuk berwisata bersama keluarga menjelang sore atau di akhir pekan.



2. Bukit Gronggong
arsy-wisata-tourtravel.com

Bukit ini terletak di antara jalur Cirebon dengan Kuningan. Obyek wisata yang romantis, cocok untuk kalangan muda berkunjung bersama pasangan.

Tempat ini sering dikunjungi pada sore hari menjelang malam, karena dari atas bukit ini Anda dapat melihat keindahan lampu-lampu di kota Cirebon.





3. Situ Sedong
liburantravelling.blogspot.com

Tempat ini merupakan danau buatan atau waduk yang cukup indah untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Banyak orang memancing dan berfoto berlatar panorama yang indah di danau ini.

Berjarak sekitar 26 kilometer dari Kota Cirebon, dan Anda dapat menikmati keindahan sunset di sekitar tempat ini.






4. Ade Irma Suryani Waterland
www.mycirebon.com

Obyek wisata ini adalah yang terbaru di Cirebon dan baru diresmikan pada tanggal 1 Juli 2015. Saat ini terdapat 4 waterboom yang telah dapat digunakan.

Berlokasi di Jalan Diponegoro, seberang Bank Indonesia, berjarak hanya 2 KM atau 10 menit dari Stasiun Kereta Api Prujakan dan Kejaksan.





5. Apita Waterboom

Wahana rekreasi waterboom yang berada di jalan Kedawung atau samping hotel Apita ini sangat cocok untuk keluarga.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, tempat ini menjadi salah satu wisata paling ramai di Kota Cirebon di saat liburan.





6. Keraton Kasepuhan
gotocirebon.com

Tempat ini wisata bersejarah ini merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan Cirebon. Museum sejarah yang cukup lengkap, dengan kondisi yang bersih dan terawat selalu menjadi tempat kunjungan wisata favorit terutama di setiap Tahun Baru Hijriah.

Di tempat ini, pada tanggal 1 Syawal diselenggarakan pemandian kereta kencana Singa Barong yang konon merupakan kereta milik Sunan Gunung Jati.




7. Keraton Kanoman
arifh80.wordpress.com

Dahulu, tempat ini digunakan sebagai kediaman wakil sultan. Berlokasi di Jalan Winaon, kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon.

Masih tersimpan barang-barang bersejarah di keraton seluas 6 hektar ini. Beberapa di antaranya yaitu kereta kencana Paksi Naga Liman dan jempana.





8. Masjid Agung Cirebon
sangnanang.wordpress.com

Letak masjid ini berada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini merupakan bangunan tempat ibadah tertua di Cirebon dan memiliki nama yang cukup indah, yakni Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Keindahan arsitektur pada bangunan masjid membuat tempat ini sering dikunjungi wisatawan, baik untuk beribadah, maupun berfoto-foto.





9. Kampung Batik Trusmi
www.detiablog.com

Tempat ini merupakan kawasan wisata belanja grosir batik paling favorit di Cirebon. Menjelang lebaran, Kampung Batik Trusmi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berbelanja.

Terletak di jalan utama Pantura sebelum masuk pintu tol Cipali, tempat ini menjadi obyek yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan maupun pemudik yang hendak membeli oleh-oleh batik khas Cirebon.




10. Makam Sunan Gunung Jati
salsaistimelining.weebly.com

Wisata religi dengan berziarah ke makam para ulama memang masih kerap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di sekitar kita. Para peziarah tidak hanya berasal dari wilayah setempat, tapi juga dari berbagai daerah di luar kota Cirebon.

Makam ini memiliki gaya arsitektur yang sangat unik, tersusun atas 9 tingkat dan merupakan kombinasi dari budaya Jawa, Arab, dan China.




Nah, demikian informasi mengenai tempat-tempat wisata favorit yang bisa Anda kunjungi di Kota Cirebon. Silahkan Anda coba mengunjungi seluruh destinasi wisata di atas, dan nikmati kegembiraan rekreasi bersama keluarga.

Sumber:
https://www.wisatania.com/tempat-populer-dan-terbaru-di-cirebon


Related Posts

10 Tempat Wisata Terfavorit di Kota Cirebon
4/ 5
Oleh

1 komentar:

11 April 2016 18.26 delete

point no 1 dan no 2 nih asik sepertinya dikunjungi kalau ke Cirebon. semoga ada kesempatan kesana :)

Reply
avatar