8 Strategi Untuk Efisiensi Waktu Dalam Pemasaran Lewat Media Sosial

source: google.co.id
Media sosial banyak dilihat oleh pemasar sebagai sebuah strategi pemasaran yang cukup efektif untuk dilakukan. Namun, strategi ini juga terkadang menimbulkan kerugian yaitu menghabiskan banyak waktu.

Berdasarkan laporan Industri Pemasaran Media Sosial dari Social Media Examiner, kebanyakan pemasar (64%) mendedikasikan 6 jam atau lebih dalam seminggu di media sosial, 41% menghabiskan 11 jam atau lebih, dan hampir 19% menghabiskan lebih dari 20 jam dalam seminggu.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pemasaran di media sosial secara efisien, berikut ini kami akan berbagi tips-tips yang dapat membuat Anda lebih menghemat waktu dalam melakukannya.


1. Buat Rencana dan Strategi

Buatlah rencana untuk menentukan orang-orang yang ingin dijangkau, target yang hendak dicapai, dan strategi media sosial apa yang paling cocok dengan tujuan Anda.

Baca juga: Memberdayakan Pelanggan Dalam Strategi Marketing Bisnis Anda

Menurut Brad Smith, pendiri Codeless Interactive, rencana dan strategi yang dibuat tersebut berperan sebagai paduan dalam usaha pemasaran dan membantu Anda untuk menghindari upaya yang membuang waktu dan tidak efektif.


2. Stop Pemasaran Pada Platform Tanpa Hasil

Untuk membantu Anda dalam memfokuskan usaha, ada baiknya hentikan pemasaran pada platform social media yang tidak memberikan hasil.

Strategi terbaik untuk seorang pemasar media sosial ialah fokus pada dua atau tiga jaringan favorit yang lebih produktif dan menghasilkan.


3. Penggunaan Software Otomatis

Dengan penggunaan software otomatis yang banyak tersedia baik gratis maupun berbayar, Anda akan dapat mengatur sebgian atau dua pertiga dari update media sosial Anda secara otomatis.

Software yang gratis biasanya memiliki beberapa kekurangan, misalnya terbatasnya fitur yang tersedia dibandingkan dengan software berbayar.

Namun, penggunaannya juga harus dilakukan secara bijak, karena bila tidak akan dirasa mengganggu dan dianggap spam oleh follower Anda.


4. Manajemen Waktu

Cegah diri Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di jejaring sosial dengan manajemen waktu yang tepat. Menurut Edie Melson, seorang konsultan media sosial, manajemen waktu yang baik akan membantu Anda lebih aktif dan efisien dalam memasarkan usaha di media sosial sehingga produktivitas Anda akan tetap terjaga.


5. Gunakan Layanan Pantauan Media Sosial

Biasanya, banyak pemasar akan mencari beberapa kata kunci di jejaring sosial secara manual guna mencari tahu mention mengenai perusahaannya.

Hal ini tentu akan menghabiskan banyak waktu. Siasati dengan penggunaan layanan pantauan media sosial yang secara otomatis akan lebih teliti dan menghasilkan data yang lebih rinci tentang pembaca, penghasil lead, dan banyak keunggulan lainnya yang bisa didapatkan.


6. Atur Waktu Rutin Dalam Menganalisis Data

Analisis data merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam memprioritaskan jaringan dan jenis konten. Namun, pemeriksaan data dan laporan tentu akan menghabiskan banyak waktu.

Ada baiknya untuk tidak terlalu sering dalam memeriksa statistik Anda. Aturlah waktu rutin dengan rentang mingguan atau bulanan untuk analisis data hasil pemasaran media sosial agar lebih menghemat waktu.


7. Kurangi Publikasi Yang Tak Perlu

Pertimbangkan untuk agak mengurangi publikasi. Publikasikan hanya post yang dibutuhkan untuk lebih menghemat waktu.

Kemungkinan Anda akan dapat memperoleh keuntungan pemasaran lebih besar setelah mengurangi 20 sampai 50 persen publikasi yang ‘dirasa’ kurang penting.

Untuk mencegah Anda kehilangan pembaca, sebaiknya lakukan pemeriksaan media sosial secara rutin, mungkin konten yang Anda publikasikan memang kurang menarik.


8. Publikasi Ulang Konten yang Menarik

Mempublikasikan ulang 5 sampai 10 persen konten Anda tidak akan mengganggu follower. Beberapa dari mereka biasanya akan melihat dua kali atau lebih konten yang telah Anda publikasikan ulang.

Namun, hanya publikasikanlah konten terbaik yang Anda miliki, tentunya dalam waktu yang berbeda agar para pembaca tidak merasa bosan.


Nah, itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan kepada Anda. Pemasaran di media sosial akan menghabiskan waktu Anda yang berharga bila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Pada prinsipnya, tetap berusaha untuk “bekerja lebih cerdas” dan jangan mempublikasikan konten secara berlebih dalam luasnya dunia jejaring sosial. Selamat mencoba!

Sumber:
subiz.com/blog/9-tips-untuk-menghemat-waktu-dalam-pemasaran-di-media-sosial.html


Related Posts

8 Strategi Untuk Efisiensi Waktu Dalam Pemasaran Lewat Media Sosial
4/ 5
Oleh