Mengapa Banyak Orang Gagal Membangun Bisnis MLM?

Meskipun banyak yang memandang ‘remeh’, namun ternyata masih cukup banyak orang yang bergelut di bisnis dengan sistem Multi Level Marketing (MLM).

Memang tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam menggeluti bisnis MLM, tapi sebagian ada pula yang sukses menjalankannya.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab gagalnya seseorang bergelut di bisnis MLM antara lain:

1. Adanya keterpaksaan saat memutuskan bergabung dalam MLM, bisa karena tidak enak dengan teman atau saudara, sehingga kurang keniatan dalam menjalaninya.

Baca juga: Analisa Keuntungan Usaha Warung Lamongan Pecel Lele Kaki Lima

2. Hanya berorientasi pada hasil bukan pada proses, karena tergiur janji yang terlalu muluk-muluk.

3. Produk yang tidak sebanding antara harga dan kualitas, sehingga produk menjadi sulit untuk dipasarkan.

4. Hanya sibuk berkutat pada sistem, mengkritik perusahaan, rajin mengeluh dan komplain, tapi hasil nol.

5. Tidak adanya fasilitas yang dapat selalu mengedukasi dan memotivasi tanpa bosan, sehingga sulit terjadi duplikasi yang positif.

6. Kesulitan membagi waktu saat harus melakukan presentasi kesana-kemari, karena umumnya bisnis MLM dilakukan oleh orang-orang yang telah mempunyai pekerjaan pokok.

7. Adanya kewajiban belanja bulanan agar bisa mendapatkan bonus, namun karena barang sulit terjual membuat persediaan menumpuk di rumah, padahal profit saja belum didapatkan.

8. Kurangnya kemandirian dan masih memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap sponsor/upline.

9. Tidak konsisten, masih loncat sana-sini mencari peluang bisnis yang cocok sehingga bisnis MLM yang dijalani menjadi kurang fokus.


Baca juga: Strategi Jitu Agar Bisnis Cafe Anda Dibanjiri Pengunjung

Meskipun banyak orang yang gagal di bisnis MLM, tapi kita juga harus lihat fakta bahwa banyak pula orang yang sukses, bahkan di usia masih sangat muda.

Dalam bisnis apapun selalu ada yang gagal dan ada pula yang sukses, hal tersebut merupakan hukum alam yang tak dapat dipungkiri.

Orang yang gagal di bisnis MLM karena mereka tidak tahu caranya dan parahnya lagi tidak mau belajar bagaimana caranya.

Nah, berikut ini kami juga akan berbagi beberapa tips cerdas yang perlu dilakukan untuk dapat sukses dalam membangun jaringan di bisnis MLM.


1. Miliki Impianmu

Impian merupakan langkah awal yang dapat kita jadikan senjata dan kekuatan untuk bertahan dalam melewati proses pencapaian kesuksesan.

Dalam menjalankan bisnis apapun termasuk MLM, setiap orang wajib memiliki impian. Bila diibaratkan sebuah mobil, impian merupakan bahan bakar yang akan membuat mobil terus berjalan sampai ke tempat tujuan.


2. Tiru Langkah Orang yang Sudah Sukses

Bila Anda ingin jaringan bisnis berkembang dengan baik, maka lakukan duplikasi dengan benar dan secara bertahap.

Bisnis MLM Anda akan berjalan lambat dan kurang gairah tanpa adanya duplikasi yang baik. Tiru langkah orang yang telah sukses dalam bisnis MLM dan terapkan dalam bisnis Anda.

Kembangkan langkah yang telah Anda duplikasi sesuai dengan kemampuan Anda. Bila telah Anda kuasai dengan baik, ajarkan lagi kepada downline dengan sabar dan tekun, secara bertahap sesuai dengan kemampuan downline Anda.


3. Jadilah Inovatif dan Terus Belajar

Banyak dari leader-leader MLM yang telah sukses dan cepat meraih keberhasilan karena mereka terus belajar.

Bila Anda ingin seperti mereka, tentunya haruslah banyak belajar dari upline atau leader Anda, lakukan sharing , tanya-jawab dan temukan solusi untuk memecahkan suatu masalah.

Hadiri berbagai presentasi bisnis, dengarkan dan catat semua tips serta kiat sukses dari para leader untuk membangun semangat Anda.

Perbanyaklah membaca buku, mendengarkan kaset atau VCD yang bermanfaat untuk pengembangan diri maupun pengembangan bisnis MLM Anda.

Bahkan di zaman internet sekarang ini, Anda bisa belajar dengan mudah dan gratis melalui website motivasi dan website belajar online di manapun dan kapanpun Anda mau.


4. Jadilah Pebisnis Sekaligus User

Untuk memudahkan dan menambah kepercayaan diri saat presentasi, Anda harus mengetahui dengan baik manfaat serta kegunaan produk yang hendak ditawarkan pada calon pembeli.

Oleh sebab itu, sebagai distributor MLM ada baiknya Anda telah menggunakan produk dari MLM yang Anda jalani.

Pergunakan produk MLM untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu, baru setelah itu Anda dapat dengan mudah menawarkannya kepada orang lain.


5. Lakukan Edifikasi

Bagi Anda yang baru memulai di bisnis MLM, mungkin ada banyak kesulitan yang akan dihadapi saat melakukan presentasi. Apalagi biasanya orang akan bertanya apa yang telah Anda capai selama melakukan MLM tersebut, sementara Anda belum mencapai kesuksesan.

Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk meyakinkan orang saat presentasi. Oleh karena itu, pergunakanlah teknik edifikasi, yaitu suatu langkah menawarkan sebuah bisnis dengan meminta bantuan Leader yang telah sukses dalam bisnis MLM tersebut. Dengan tujuan untuk memotivasi calon downline.


6. Bentuk Team Work yang Solid

Dalam Bisnis Network Marketing, Anda harus membentuk kerja tim yang solid. Jalin komunikasi yang baik dengan leader, upline, maupun downline Anda secara berkelanjutan, sebab tanpa adanya komunikasi yang baik maka Anda akan terlambat dalam monitor informasi terbaru sehingga percepatan bisnis yang Anda jalani pun akan terhambat.


Bila ingin mencapai sukses, Anda harus siap membayar harganya, yaitu dengan bekerja keras, dan menyediakan waktu untuk bisa membentuk jaringan yang besar.

Sumber:
http://mlmstats.net/2013/11/mengapa-banyak-yang-gagal-di-mlm/
http://esoftdream.blogspot.com.es/2012/06/tips-membangun-bisnis-mlm.html


Related Posts

Mengapa Banyak Orang Gagal Membangun Bisnis MLM?
4/ 5
Oleh