5 Tips Menerobos Genangan Air Bagi Pengendara Mobil

Musim penghujan biasanya mendatangkan banjir di beberapa daerah. Bagi pengendara mobil sebaiknya lebih berhati-hati bila melewati daerah-daerah yang tergenang air. Karena bila Anda tidak hati-hati, masalah bisa saja muncul pada mesin mobil.

Nah, jika Anda memutuskan untuk melewati genangan air ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya apakah ketinggian air masih aman dengan dimensi mobil, serta bagaimana penguasaan Anda dalam teknik mengemudi. Berikut ini kami akan berbagi tips bagi pengendara mobil yang hendak menerjang banjir.


1. Ketahui Kondisi Jalan yang Akan Dilewati

Untuk dapat memperkirakan ketinggian genangan air, tentu Anda harus mengenali dulu kondisi jalan. Paling tidak Anda sudah sering atau pernah melewati jalan tersebut.

Hal ini akan membantu Anda terhindar dari masalah mobil terendam air terlalu dalam yang akan mengganggu saluran udara dan juga membuat air dapat masuk ke knalpot.


2. Kendarai Mobil di Bagian Tengah Jalan

Ketika hendak melewati jalan yang tergenang air, sebaiknya susuri bagian tengah jalan karena biasanya bagian tengah memiliki permukaan yang lebih tinggi.


3. Jangan Nyalakan AC

Ketika akan melewati genangan air, disarankan untuk mematikan AC agar tidak terjadi korsleting di bagian kelistrikan mobil.


4. Jaga Putaran Mesin

Pengendara mobil dengan transmisi manual, ada baiknya untuk jangan menginjak kopling terlalu dalam. Hal ini untuk menjaga putaran mesin di kisaran 1.500-2.000 rpm. Usahakan menginjak kopling setengah dengan posisi gear pada gigi satu.


5. Melaju Dengan Pelan

Tips ini mungkin sudah sering terdengar di kalangan pengendara mobil. Ketika melewati genangan air, jangan mengemudikan mobil terlalu cepat karena dapat mengakibatkan ban slip atau masuknya cipratan air ke ruang mesin. Ditambah lagi, cara berkendara seperti itu akan membuat pengguna jalan lainnya jadi merasa tidak nyaman.


Demikian 5 tips menerobos genangan air bagi pengendara mobil yang dapat kami sampaikan. Disarankan bagi pengemudi yang tidak terlalu mengenal kondisi jalan agar berhati-hati dan tidak menerobos banjir, karena risikonya amat tinggi.

Sumber:
http://oto.detik.com/otofokus/read/2015/11/17/103443/3072914/1596/7/trik-jitu-melewati-banjir#bigpic


Related Posts

5 Tips Menerobos Genangan Air Bagi Pengendara Mobil
4/ 5
Oleh