Fakta Medis Tentang Otak yang Penting Untuk Kita Ketahui

Otak manusia merupakan entitas paling kompleks di alam semesta. Terdiri lebih dari 10 miliar sel-sel saraf, miliaran saluran saraf, dan lebih dari 1 juta triliun koneksi.

Menjaga kesehatan otak merupakan hal yang penting untuk kita lakukan. Nah, berikut ini kami akan berbagi mengenai fakta-fakta medis otak manusia sebagai bagian terpenting dalam organ tubuh.


1. Otak manusia adalah entitas paling komplek yang pernah ada di alam semesta.

2. Otak terdiri dari 10 miliar lebih sel-sel syaraf, miliaran saluran syaraf, dan lebih dari satu juga triliun koneksi.

3. Otak tidak dapat menghasilkan dan menyimpan energi sendiri.

4. Asupan energi untuk otak tergantung pada ketersediaan darah di otak yang di salurkan melalui pembuluh-pembuluh darah otak yang sehat.

5. Otak mengkonsumsi 25 persen gula atau glukosa dan juga 25 persen oksigen dari keseluruhan yang tersedia di dalam tubuh.

6. Sumber energi penggerak otak berasal dari gula atau glukosa yang berasal dari makanan maupun minuman bernutrisi mikro tinggi dan kalori yang berkualitas. Kita tak perlu takut dengan gula apabila gula tersebut merupakan gula yang berkualitas.

7. Kolesterol juga merupakan sumber energi penggerak otak. Jangan takut dengan kolesterol karena kolesterol bukanlah penyakit. Namun, bila jumlah kolesterol total, LDL, dan VLDL tinggi maka itu bisa menjadi suatu indikasi mengenai adanya penyakit.

8. Darah yang beredar di otak hampir mencapai jumlah 1 liter/menit.

9. Darah beredar lewat pembuluh darah atau saluran darah otak yang sehat. Pembuluh darah yang sehat juga tergantung pada darah yang sehat. Untuk membuat darah tetap sehat, tergantung pada peran organ yang sehat seperti hati dan ginjal sehingga organ-organ tersebut akan dapat menjalankan tugasnya baik.

10. Otak layaknya pabrik kimia yang sangat bergantung pada kontrol berkualitas supaya bisa tetap beroperasi dengan baik.

11. Fluktuasi sekecil apapun yang terjadi pada kualitas kontrol bisa mendatangkan akibat dramatis terhadap fungsi otak, dan bahkan kematian pada sel-sel otak.

12. Kualitas kimia dan hematologi darah yang tidak sehat dapat mengakibatkan kematian sel-sel otak.

13. Sistem syaraf otak dapat memperbaiki dirinya sendiri, namun kemampuannya terbatas dan diperlukan syarat-syarat yang harus terpenuhi.

14. Lemak dalam kondisi yang tepat akan memberikan energi hingga 50 persen ke otak. Jadi, lemak bukanlah sesuatu yang berbahaya apabila dalam kondisi tepat karena lemak juga dibutuhkan untuk menjaga otak tetap bekerja normal.

15. Terjadinya perkembangan otak yang paling penting ialah pada usia satu minggu setelah terjadi pembuahan hingga usia anak 7 tahun. Ketidaktahuan mengenai pentingnya menjaga perkembangan otak anak seringkali mengakibatkan berbagai hal yang sangat berbahaya.

16. Ketika terjadi stroke, maka akan ada Zona Kematian Otak yang disebut Zona Numbra yang mana pada wilayah tersebut seharusnya otak mendapatkan energi melalui pembuluh darah arteri, namun terjadi penyumbatan.

17. Zona Penumbra merupakan wilayah di mana otak masih beroperasi dengan persediaan darah yang berkurang namun masih dapat menjalankan fungsi ala kadarnya.

18. Sel-sel otak yang telah mati pada Zona Numbra tidak bisa diselamatkan lagi meskipun penyumbatan pembuluh darah yang membawa oksigen dan darah ke zona tersebut sudah dapat dibuka dan sehat kembali.

19. Sel-sel otak yang telah mati ini akan membuat syaraf-syaraf pusat di otak gagal kerja sehingga berpengaruh pula pada pergerakan bagian-bagian tubuh lainnya bagi penderita gangguan syaraf pusat akibat stroke.

20. Sel-sel otak yang telah mengalami kematian permanan tidak dapat lagi diregenerasi (tergantikan). Akan tetapi, bila masih memungkinkan fungsi dari sel-sel tersebut masih bisa diambil alih oleh sel-sel lain hanya saja tidak lagi dapat berfungsi seperti sedia kala.

21. Syaraf-syaraf pusat otak pada Zona Penumbra masih berpotensi untuk bisa diselamatkan karena hanya terluka dan tidak mati. Penyelamatan dapat dilakukan dengan cara membuka pembuluh darah arteri yang mengalami penyempitan atau tersumbat untuk membawa darah ke zona penumbra tersebut.

22. Penyakit ginjal dan cortex ginjal dapat menyebabkan terjadinya Cushing Syndrome atau Addison Syndrome yang juga akan mengakibatkan gangguan syaraf pusat otak. Gangguan syaraf otak yang diakibatkan oleh penyakit ini biasanya akan berpengaruh pada pergerakan kedua bagian tubuh, bahkan bisa menyebar ke semua bagian tubuh.

23. Penyelamatan syaraf-syaraf di Zona Penumbra bisa dilakukan dengan cara:
- Perbaikan pembuluh darah otak untuk menormalisasi saluran energi ke otak.
- Memperbaiki asupan energi ke otak yang antara lain berasal dari oksigen, darah, gula, dan kolesterol.
- Membuka penyumbatan pembuluh darah secara langsung agar dapat memuai dan bergerak elastis secara perlahan sehingga memberikan jalan bagi darah untuk mengalir ke otak.
- Memperbaiki fungsi hati, ginjal, dan ovarium pada wanita yang belum mengalami menopause.
- Memperbaiki kualitas dan keamanan makanan yang akan dikonsumsi oleh tubuh.

Sumber:
http://www.sehatnaturopati.com/Fakta%20penting%20tentang%20otak,%20syaraf%20pusat%20di%20otak,%20dan%20stroke.html


Related Posts

Fakta Medis Tentang Otak yang Penting Untuk Kita Ketahui
4/ 5
Oleh