Lakukan 6 Tips Berikut Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

Masing-masing orang mempunyai emosi dan pola pikir yang berbeda-beda. Dalam otak manusia dimiliki kapasitas yang luar biasa, khususnya dalam mengekspresikan emosi tersebut.

Berbagai pemikiran dapat muncul dalam otak, mulai dari kehidupan, kematian, kesadaran, persepsi, bahkan dalam tidur pun otak kita juga tetap memunculkan berbagai pemikiran.

Seorang peneliti yang juga pendiri dan direktur sebuah pusat Brain Health di University of Texas di Dallas bernama Sandra Chapman, mengungkapkan bahwa harapan hidup manusia di masa sekarang memang mengalami peningkatan.

Di masa ini, banyak orang makin peduli tentang kesehatan fisiknya, namun sayangnya cenderung mengabaikan kesehatan otaknya.

Setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk mengembangkan kapasitas otaknya lebih baik dari kapasitasnya saat ini.

Kita dapat mengembangkan kemampuan otak menjadi lebih mahir dan meningkatkan serta memperluas kemampuan otak dalam menyimpan memori.

Berikut ini kami akan membagikan kepada Anda informasi tentang cara melatih otak agar kemampuan memorinya bisa lebih ditingkatkan.


1. Waktu Istirahat yang Cukup

Tidur selama 7 sampai 8 jam sehari merupakan cara tepat untuk mengistirahatkan fisik dan juga otak kita. Oleh karena itu, pastikan waktu tidur yang cukup dapat Anda miliki setiap hari.

Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, otak akan menjadi lebih fresh dan mudah dalam berpikir. Kondisi lelah yang berlebihan tentu saja akan dapat merusak kemampuan otak Anda.


2. Hindari Multitasking

Mungkin Anda berpikir bahwa orang yang selalu dapat mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu adalah orang yang hebat. Tapi sebenarnya, Ia sedang membuat kerugian untuk dirinya sendiri.

Multitasking yang sering kita lakukan sebenarnya malah menurunkan kemampuan otak dan kondisi mental seseorang. Multitasking akan membuat otak lebih lelah sehingga seseorang menjadi mudah stres.

Jadi, bagi Anda yang sering melakukan banyak pekerjaan dalam 1 waktu sebaiknya pertimbangkan kembali. Jangan sampai otak kita kelelahan dan kesehatannya terganggu hanya karena kita ingin cepat selesai dalam mengerjakan banyak pekerjaan.


3. Fokus Mengerjakan Tugas Penting

Dahulukan dan fokuskan diri pada berbagai tugas dengan prioritas tertinggi. Abaikan informasi untuk suatu masalah yang tidak begitu penting. Otak kita akan lebih terjaga kesehatannya apabila kita bisa membatasi asupan informasi pada hal-hal yang penting.


4. Lakukan Kegiatan Positif

Temukan berbagai ide baru dengan mengikuti berbagai seminar, pelatihan, membaca artikel, traveling, atau hanya sekadar nonton film.

Bangun dan kembangkan memori jangka panjang otak kita agar terlatih dalam menemukan ide-ide kreatif.


5. Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit di pagi hari merupakan cara yang efektif dalam menjaga kebugaran tubuh dan otak kita.

Lakukan secara rutin sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dan rasakan perubahan yang terjadi. Tubuh akan menjadi lebih semangat dalam bekerja dan Anda akan lebih mudah menemukan ide-ide maupun berbagai solusi ketika menemui suatu masalah.


6. Komitmen Untuk Tetap Termotivasi

Untuk tetap konsisten dalam menjalani suatu hal yang baik memang menjadi masalah klasik pada semua orang. Tak banyak orang yang bertahan dalam suatu program yang ia jalani.

Semuanya harus didukung dengan komitmen dan motivasi yang kuat dari dalam diri. Mintalah motivasi dari orang terkasih agar semangat dan gairah dalam diri Anda dapat meningkat untuk belajar tentang banyak hal dalam pengembangan kemampuan dan memori otak.


Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita terapkan agar kemampuan memori otak meningkat. Jadikan semua hal baik dalam pengembangan diri menjadi suatu kebiasaan. Menjaga kesehatan bukan hanya sekadar fisik semata tapi termasuk otak juga.

Sumber:
http://mebiso.com/6-kebiasaan-yang-akan-membantu-meningkatkan-kekuatan-memori-otak/


Related Posts

Lakukan 6 Tips Berikut Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Otak
4/ 5
Oleh