10 Jenis Profesi yang Membuat Anda Dituduh Pengangguran

Akhir-akhir ini, kita mungkin sering mendengar istilah “Pengangguran Terselubung”. Istilah ini merupakan sebutan bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan gaji yang stabil.

Lantas, bagaimana dengan pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini? Jangan-jangan, Anda merupakan salah satu dari para pengangguran terselubung yang kami maksud dalam posting berikut ini.

Terdapat dua jenis kelompok dari istilah pengangguran terselubung. Pertama, kelompok Setengah Penganggur Terpaksa. Kelompok ini bekerja di bawah jam kerja normal, dan masih mencari atau menerima pekerjaan lain.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menemukan Passion Anda Di Dunia Kerja

Sedangkan kelompok yang kedua adalah Setengah Penganggur Sukarela, kelompok ini bekerja di bawah jam kerja normal, namun tidak mencari atau tidak bersedia menerima pekerjaan lain, contohnya tenaga ahli dengan gaji yang tinggi.

Nah, berikut ini kami akan mengulas tentang pekerjaan apa saja yang membuat Anda tetap dituduh sebagai pengangguran.

1. Makelar (Broker atau Dropshipper)

Bagi seorang calon pengusaha pemula, menjadi dropshipper merupakan pilihan yang simpel. Pekerjaan ini tidak perlu banyak modal, namun harus selalu terus mengasah insting bisnis dan mempertajam intuisi dalam melihat peluang pasar.

Tetapi, menjadi dropshipper kerap dituduh pengangguran oleh banyak orang. Bagaimana tidak, tiap hari kerjanya hanya chattingan, smsan atau telepon-teleponan untuk melayani pelanggan.

2. Professional Hobbies

Bagi sebagian orang, mengerjakan hobi dan dibayar merupakan pekerjaan terbaik di dunia. Namun, pada kenyataannya tidak seperti itu. Menggeluti pekerjaan sebagai professional hobbies merupakan salah satu cara paling rentan untuk dituduh pengangguran.

3. Professional Gamer

Dalam pandangan masyarakat Indonesia, memiliki pekerjaan sebagai gamer profesional merupakan hal yang dianggap aneh.

Meskipun begitu, industri game sebenarnya dapat dijadikan sebagai tambang uang yang besar. Namun, tidak semua gamer yang benar-benar menghasilkan uang sehingga Anda akan tetap dianggap pengangguran.

4. Desainer

Kualitas desain asal Indonesia banyak diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Enggak percaya? Hal ini disampaikan sendiri oleh Willix Halim, Vice President of Growth Freelancer.com yang merupakan situs freelance terbesar di dunia. Namun sayangnya, desainer yang bekerja mandiri kerap kali dituduh sebagai pengangguran.

5. Traveler (Backpacker)

Traveler, rider maupun backpacker merupakan jenis pekerjaan yang kerap dituduh pengangguran. Kerjaannya hanya ‘luntang-lantung’ enggak karuan, jalan-jalan dari kota ke kota seolah tak bisa kerja.

Padahal, traveler bisa memperoleh penghasilan dengan menjadi fotografer, penulis, atau reporter. Ada juga lho beberapa traveler yang memang dibayar oleh sponsor.

6. Youtuber

Beberapa tahun belakangan, mulai muncul suatu profesi yang disebut sebagai Youtuber. Tidak sedikit pula orang yang meminatinya sebagai sumber penghasilan.

Para Youtuber memperoleh uang dari para pengiklan di Youtube. Bahkan, beberapa ada yang menjadi tenar dan menjadi artis seperti Bayu SKAK dan Raisa. Namun, jenis pekerjaan seperti ini masih dianggap sebagai pengangguran yang kerjanya hanya nontonin video-video di Youtube.

7. Internet Marketer

Mungkin terdengar keren di telinga, tapi coba Anda mengatakannya pada orang tua berusia di atas 50 tahun. Mungkin Anda akan dikira sebagai “sales keliling”.

Bagi orang awam, jenis pekerjaan ini memang tampak seperti pengangguran. Bagaimana tidak, kerjanya di rumah hanya mainan laptop saja.

8. Blogger

Banyak tetangga yang bingung ketika blogger menerima gaji adsense di kantor pos lewat Western Union. Mereka akan tetap menganggap Anda pengangguran, karena kerjaanya hanya mengetik saja di depan komputer.

9. Game/App Developer Individu

Jenis pekerjaan ini bisa dibilang “susah-susah gampang”. Tapi jangan salah, karena sudah banyak pula yang mampu menghasilkan jutaan dengan menjadi app/game developer.

Kalau developer besar memang biasanya memiliki kantor dan team saat bekerja. Namun, bagi sebagian developer individu, mereka bekerja sendirian dan tetap memperoleh penghasilan. Hal inilah yang kerap membuat app developer individu dituduh sebagai pengangguran.

10. Penterjemah

Seorang penterjemah (translator) bisa melakukan pekerjaan di manapun asal masih terkoneksi internet. Berbagai dokumen yang perlu diterjemahkan biasanya akan dikirim via email untuk diterjemahkan sesuai pesanan.

Meski demikian, tak banyak orang yang memahami cara kerjanya sehingga beberapa translator memilih pekerjaan sambilan menjadi guru atau dosen karena khawatir dituduh sebagai pengangguran di lingkungan tempat tinggalnya.


Demikian informasi tentang 10 jenis profesi yang akan membuat Anda dituduh sebagai pengangguran. Lantas, apakah Anda termasuk dalam salah satunya?

Sumber:
http://ads.id/forums/showthread.php/228837-HOT-TOPIC-2016-Inilah-Jenis-Pekerjaan-Yang-Membuat-Anda-Dianggap-Pengangguran

10 Jenis Profesi yang Membuat Anda Dituduh Pengangguran