Investasi Di Lelang Rumah Sitaan Bank

advertisments
advertisments

Investasi Di Lelang Rumah Sitaan Bank - Salah satu cara favorit bagi seseorang untuk melakukan investasi properti adalah dengan mengikuti lelang rumah sitaan bank, penyebab utama adalah faktor harga yang biasanya jauh dibawah harga pasar. Tetapi ada pertanyaan penting bagi semua, apakah metode investasi tersebut benar-benar akan memberikan keuntungan bagi para investor atau malah bisa bikin rugi?

Seperti kita tahu bahwa lelang rumah sitaan bank terjadi karena pemilik mengalami gagal bayar, tidak mampu membayar cicilan per bulan sehingga memaksa bank untuk mengambil alih. Rumah tersebut nantinya akan dilelang, dan masalah yang terjadi kemudian adalah terkadang rumah itu tidak terjual ketika lelang berlangsung. Ada beberapa alasan mengapa tidak laku ketika lelang.
Investasi Di Lelang Rumah Sitaan Bank


Alasan utama biasanya adalah karena kondisi rumah tersebut memiliki equity negatif, yaitu properti memiliki nilai lebih rendah daripada jumlah hutangnya ke bank. Bank pastinya akan berusaha mendapatkan kembali uang yang dipinjamkan sehingga penawaran minimal ketika dilakukan lelang rumah sitaan bank adalah sebesar jumlah hutang tersebut ditambah dengan bunga dan biaya lainnya. Para pembeli atau investor tidak akan tertarik melakukan investasi properti dengan kondisi seperti itu.

Bank tidak akan berhenti berusaha membuat properti itu berhasil terjual meskipun mengalami kegagalan ketika lelang. Cara yang ditempuh biasanya dengan menghilangkan bunga dan biaya-biaya lain sehingga harga jual turun dari sebelumnya. Lelang kedua akan digelar kembali setelah perhitungan ulang harga jual selesai, bisa juga bank akan kerjasama dengan relator untuk memperbesar kesempatan.

Kondisi ini memberikan peluang emas dalam investasi properti. Tetapi perlu berhati-hati juga karena rumah sitaan bank terkadang mempunyai kondisi jelek sehingga membutuhkan biaya perbaikan nantinya, kondisi rumah biasanya sesuai dengan harga yang ditawarkan ketika lelang. Oleh karena itu agar anda bisa meraih keuntungan maksimal, harus memperhitungkan semuanya jangan langsung tergiur dengan harga murah. Jangan sampai karena besarnya biaya perbaikan membuat anda merugi ketika menjualnya lagi di kemudian hari.

Meski rumah tersebut memiliki kekurangan, banyak investor masih tertarik karena mereka bisa meraih capital gain yang besar daripada harus membeli properti dalam kondisi normal. Jika anda tertarik juga, pastikan untuk memperhitungkan semua faktornya dan usahakan mendapat harga terbaik. Ada beberapa cara untuk menemukan informasi tentang lelang rumah sitaan bank, bisa dari internet, majalah, dan surat kabar.

Bantuan dari seorang agen properti bisa sangat membantu karena dia pasti sudah mengetahui kondisi properti di daerah tersebut, anda akan lebih mudah mendapatkan properti yang diinginkan sehingga bisa segera melakukan investasi properti sebelum didahului oleh orang lain.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Investasi Di Lelang Rumah Sitaan Bank. Semoga dapat membeikan informasi dan menambah wawasan properti kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.

advertisments

Related Posts

Investasi Di Lelang Rumah Sitaan Bank
4/ 5
Oleh